Lompat ke isi utama
Teknologi

Sakidi dan Radio Streaming bagi Difabel Netra

Solider.id, Bandung– Kemampuan difabel kini sudah dapat mengimbangi masyarakat pada umumnya. Geliat ragam prestasi unjuk kompetensi hingga pemberdayaan diri sudah banyak terbukti. Bidang profesi pun kian merambah, dari seni hingga infomasi teknologi. Sebagian banyak individu difabel yang pada akhirnya mampu eksis dan berkembang secara pribadi.

Salah satunya Sakidi, sosoknya tepat disebut sebagai visioner di bidang Informasi Teknologi (IT).

Teknologi

Kecanggihan Teknologi Mampu atasi Hambatan Komunikasi Difabel

Solider.or.id, Cimahi – Pemaparan singkat dari pertanyaan masyarakat tentang bagaimana kemampuan difabel dalam berkomunikasi dan menggunakan alat komunikasi berbasis teknologi.  

Masyarakat luas pada umumnya masih menyimpan banyak pertanyaan tentang sosok difabel. Segala hal yang berhubungan dengan keberhasilan menjalani hidup secara utuh layaknya nondifabel, kemampuan secara individu dalam mengatasi hambatan yang ada, bahkan prestasi yang mampu diraih difabel masih minim dari publikasi.

Teknologi

IDBC Inovasi Sistem Komunikasi Antara Difabel Netra dan Tuli

Solider.or.id, Bandung - Dini Handayani, mahasiswi Magister Pendidikan Khusus Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (SPs UPI) Bandung, menciptakan IDBC (Indonesia Deaf and Blind Communication) System. Sebuah inovasi dalam sistem komunikasi alternatif dan augmentatif antara difabel netra dan Tuli.

Sistem komunikasi ini bermula dari keprihatinan Dini ketika melihat dua orang siswa difabel netra dan Tuli di SLBN Cinta Asih, Kab. Bandung yang mengalami hambatan untuk berkomunikasi satu sama lain.

Teknologi

PiCirclet, Inovasi Baru Desain Alat Bantu Baca Bagi Difabel Netra

Solider.or.id, Bandung -Tim Mahasiswa Institut Teknologi Bandung yang terdiri atas Muhammad Hilmi Asyrofi (Teknik Informatika 2015), Evan Febrianto (Teknik Elektro 2014), dan Gunanda Tiara Maharany (Desain Produk 2014) berhasil memenangkan lomba desain alat bantu difabel netra se-pulau Jawa dengan produk bernama PiCirclet yang diselenggarakan oleh Syamsi Dhuha Foundation (SDF) dalam memperingati World Sight Day 2017 (14/10).

Berlangganan Teknologi
The subscriber's email address.