Lompat ke isi utama
Teknologi

Kecanggihan Teknologi Mampu atasi Hambatan Komunikasi Difabel

Solider.or.id, Cimahi – Pemaparan singkat dari pertanyaan masyarakat tentang bagaimana kemampuan difabel dalam berkomunikasi dan menggunakan alat komunikasi berbasis teknologi.  

Masyarakat luas pada umumnya masih menyimpan banyak pertanyaan tentang sosok difabel. Segala hal yang berhubungan dengan keberhasilan menjalani hidup secara utuh layaknya nondifabel, kemampuan secara individu dalam mengatasi hambatan yang ada, bahkan prestasi yang mampu diraih difabel masih minim dari publikasi.

Teknologi

IDBC Inovasi Sistem Komunikasi Antara Difabel Netra dan Tuli

Solider.or.id, Bandung - Dini Handayani, mahasiswi Magister Pendidikan Khusus Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (SPs UPI) Bandung, menciptakan IDBC (Indonesia Deaf and Blind Communication) System. Sebuah inovasi dalam sistem komunikasi alternatif dan augmentatif antara difabel netra dan Tuli.

Sistem komunikasi ini bermula dari keprihatinan Dini ketika melihat dua orang siswa difabel netra dan Tuli di SLBN Cinta Asih, Kab. Bandung yang mengalami hambatan untuk berkomunikasi satu sama lain.

Teknologi

PiCirclet, Inovasi Baru Desain Alat Bantu Baca Bagi Difabel Netra

Solider.or.id, Bandung -Tim Mahasiswa Institut Teknologi Bandung yang terdiri atas Muhammad Hilmi Asyrofi (Teknik Informatika 2015), Evan Febrianto (Teknik Elektro 2014), dan Gunanda Tiara Maharany (Desain Produk 2014) berhasil memenangkan lomba desain alat bantu difabel netra se-pulau Jawa dengan produk bernama PiCirclet yang diselenggarakan oleh Syamsi Dhuha Foundation (SDF) dalam memperingati World Sight Day 2017 (14/10).

Teknologi

Aplikasi AMR Pada Smartphone Permudah Difabel Netra Kenali Uang

Solider.or.id, Yogyakarta - Mengenali nominal uang dahulu adalah salah satu hambatan yang dialami oleh difabel netra. Namun saat ini seiring dengan kemajuan teknologi, mengenali nominal uang bukan lagi hambatan bagi seorang difabel netra. Aplikasi yang bernama AMR (Android Money Recognation) lah yang mempermudah  difabel netra untuk mengetahui nominal uang yang dimilikinya.

Aplikasi AMR ini adalah aplikasi yang berbasis pada sistem operasi android. Aplikasi tersebut dapat di download dengan mudah di Play Store.

Teknologi

PANTAU, Aplikasi Android guna Memantau Proses Peradilan

Solider.or.id.Yogyakarta. Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia (MaPPI) Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) bekerja sama dengan Indonesian Court Monitoring (ICM) Yogyakarta, menyelenggarakan pelatihan pemantauan berbasis aplikasi “PANTAU”, terkait korupsi biaya perkara di Peradilan Negeri.”

Teknologi

Perangkat Teknologi Jaws Baru Terjangkau Di Palu

Solider.or.id, Semarang – Perangkat teknologi yang membantu difabel netra mengakses informasi baru terjangkau di Palu. Hairunnisa (16) salah satu siswa yang mengikuti Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang digelar di Hotel Patra Jasa Semarang mengaku baru belajar program Jaws.

Hairrunnisa merupakan siswa dari tim Sulawesi Tengah yang masuk final lomba menyanyi Sekolah Menengah Luar Biasa (SMPLB). Dia merupakan penyandang low vision.

Teknologi

Difabel dan Keterbatasan Akses Teknologi

Menurut survei kependudukan yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), populasi penduduk difabel mencapai 0,7% dari total penduduk Indonesia, yakni sebesar 1,48 juta jiwa. Sebagian besar difabel mengalami kesulitan beraktivitas karena sarana  dan prasarana yang ada di lingkungan sekitar tidak aksesibel. Hal ini menyebabkan difabel tidak maksimal untuk memanfaatkan potensi yang dimiliki.

Difabel Netra Jadi Youtubers? Siapa Takut Sel, 08/05/2018 - 08:19

memiliki hambatan visual tak menyurutkan difabel netra untukk menjadi youtubers

Teknologi
Berlangganan Teknologi
The subscriber's email address.