Lompat ke isi utama
Berita

Perangkat Desa se-Kecamatan Tasikmadu Karanganyar Ikuti Training DID

Solider.or.id, Surakarta - PPRBM (Pusat Pengembangan dan Pelatihan Rehabilitasi Bersumber daya Masyarakat) Solo kembali mengadakan Training DID (Disability Inclusive Development) bagi stakeholder di tingkat desa/ kelurahan. Training yang diadakan selama tiga hari, 15 – 17 September 2017, di Hotel Loji Surakarta ini merupakan salah satu agenda PPRBM Solo pada 14 kecamatan dari 7 kabupaten/ kota di Jawa Tengah yang menjadi target program.

Bisnis

Bintek Kemitraan dan Jaringan Usaha Bagi UMKM dan Industri Rumahan Difabel

Solider.or.id, Surakarta- 30 difabel anggota Koperasi Sehati mengikuti bintek kemitraan dan jaringan usaha yang difasilitasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret dan Dinas Koperasi dan UMKM Sukoharjo di RM Mbak Mul, Begajah Sukoharjo, Selasa (27/10). Edy Supriyanto dalam paparannya menyampaikan matrik RBM dan bagaimana perjalanan koperasi Sehati sejak dibentuk hingga saat ini.

Berita

Jelang Asean Para Games, Olahraga Tembak Akui Siap 50 Persen

Solider.or.id, Surakarta “Baru 50 persen untuk kemampuan mereka. Belum full,” terang Saridi, pelatih cabang olahraga tembak kepada solider di tengah jadwal scoring di Stadion Manahan, Solo (29/5). “Jadi seminggu latihan, hasilnya apa di sini,” tambah Saridi yang juga merupakan atletik cabor tembak pada Pekan Olahraga Nasional (PON)  mendatang mengenai kegiatan scoring.

Berita

Orangtua dan Terapis YPAC Bikin Wadah Ikatan ABK Surakarta

Solider.or.id, Surakarta-Sekitar  40 orang terdiri dari orangtua, terapis, siswa, mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Surakarta dan pegiat Anak Bekebutuhan Khusus (ABK) mengadakan sarasehan untuk membentuk tali silaturahmi di aula Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC),Rabu (5/11).

 “Solo merupakan pusat rehabilitasi tetapi kita belum punya forum orang tua ABK,” tutur Nugraheni, penggagas acara sekaligus pendidik di YPAC.

Figur

Avida Zulia Mega, Difabel Netra Mahasiswa Baru UNS Sebelas Maret

Solider.or.id, Surakarta- Avida Zulia Mega, difabel netra mahasiswa baru jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (PLB FKIP UNS) Surakarta menyatakan kesiapan diri untuk menjalankan komitmen sebagai mahasiswa.  Ditemui di sela-sela Orientasi Studi Mahasiswa Baru (Osmaru) di Auditorium UNS Sebelas Maret baru-baru ini, Mega yang berprestasi di seni vokal saat masih bersekolah di SMK N 8 Surakarta menyampaikan pendapatnya.

Berita

Diperlukan Banyak Lagi Jalur Pejalan Kaki yang Aksesibel di Kota Solo

Solider.or.id, Surakarta-Satu lagi City Walk atau pedestrian yang aksesibel dibangun di atas jalan raya di kota Solo yakni Jl. Kepatihan atau tepatnya di depan gedung kejaksaan negeri. Pembangunan pedestrian yang tampaknya belum selesai digarap tersebut dilengkapi dengan guiding block atau jalur pemandu bagi difabel netra. Sepanjang kanan dan kiri bahu jalan juga dipenuhi dengan pot-pot bunga sebagai hiasan. Namun ada sedikit kesalahan letak pada sisi timur yakni beberapa pot bunga memakan jalur pemandu.

Edukasi

Semua Sekolah Harus Inklusi

Saat ini konsep pendidikan inklusi sedang booming. Keberadaannya terutama diwujudkan untuk mendukung Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) bersekolah di sekolah umum. Keberadaan mereka yang selama ini eksklusif bersekolah di sekolah khusus coba dihilangkan dengan sekolah inklusi.

Beberapa daerah sudah mendeklarasikan diri sebagai kota/kabupaten inklusi dengan membuka sebanyak-banyaknya sekolah inklusi di wilayah masing-masing.

Pelaksanaan pendidikan inklusi belum sesuai harapan

Berlangganan Solo
The subscriber's email address.