Lompat ke isi utama
Artikel

Asrama dan Pendidikan Khusus bagi Difabel, Penyumbang Eksklusi Terbesar

Solider.id,  Yogyakarta- Dua pekan terakhir, dunia pergerakan difabel dihebohkan dengan peristiwa yang terjadi di sebuah asrama difabel netra di Bandung karena berbagai kepentingan dan alasan tertentu. Pengelola asrama melakukan pembatasan masa tinggal di asrama hingga waktu tertentu. Bahkan menurut beberapa pemberitaan yang dilansir dari berbagai media, direncanakan ada pemindahan tempat tinggal kawan-kawan netra yang bernaung di asrama. Hal ini tentu menuai reaksi yang beragam dari berbagai pihak.

Difabelitik

Sebuah Upaya Mengikis Stigma “Lulusan Sekolah Luar Biasa”

Oleh Nabila May Sweetha

“Bagiku, Sekolah Luar Biasa bukanlah pilihan terbaik dari yang terburuk.”

Solider.id, Makassar- Ada getar di bibir dan tanganku usai menjawab dua pertanyaan yang menyentil tentang pengalamanku menembus stigma di sekolah. Meski kemudian satu kalimat Kak Ishak menenangkanku.

"Semua orang adalah guru dan semua tempat adalah sekolah," tutur Kak Ishak.

Berita

Menulis Jadi Tuntutan Para Guru SLBN Pembina Yogyakarta

Solider.id,Yogyakarta- Menulis artikel tidak semudah menulis persiapan mengajar dan berbagai administrasi. Misalnya menulis rencana persiapan pembelajaran (RPP) atau menulis materi ajar hingga menulis laporan hasil belajar. Padahal, profesi guru identik dengan dunia tulis menulis. Itulah yang dialami sebagian guru SLB Negeri Pembina Yogyakarta, saat mengikuti lokakarya literasi dan jurnalistik dasar, Jumat (8/11) lalu.

Difabelitik

Siapkan Siswa SLB Mandiri dengan Program Magang

Solider.id,Yogyakarta- “Tujuan utama pendidikan di SLB (SMALB) tentu agak berbeda dengan tujuan pendidikan yang ada di sekolah reguler (SMA/SMK). Kalau di SMA reguler, supaya anak bisa melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Sementara untuk SMK diarahkan ke dunia kerja atau berwirausaha.”

Hal tersebut mengemuka dari Kepala Disdikpora DIY, Kadarmanta Baskara Aji, Jumat (18/10/2019). Menurutnya ada dua tujuan dari SMALB. Pertama dibekali dengan kompetensi. Kedua, bagaimana anak-anak ini nanti bisa menjadi lebih mandiri saat sudah lulus.

Difabelitik

SLB Widya Mulya, Antara Harapan dan Kenyataan

Solider.id, Yogyakarta - Sekolah Luar Biasa (SLB) sampai dengan saat ini masih menjadi tumpuan harapan para orang tua dengan anak difabel. Ada yang berharap SLB menjadi jembatan bagi anak-anak mereka untuk dapat mengikuti program pendidikan inklusi. Menyiapkan 'bekal' cukup (sosialisasi, bahasa, kepercayaan diri, juga pengetahuan) sebelum anak memutuskan masuk sekolah inklusi.

Berita

Wisuda SLB YPAC Mustang Bandung

Solider.id, Bandung– Masa berakhirnya tahun belajar periode 2019 di setiap sekolah diakhiri dengan gelaran acara wisudaan bagi para peserta didiknya yang dinyatakan lulus. Baik yang naik ke tingkat selanjutnya maupun yang lulus untuk meninggalkan bangku sekolahnya.

Artikel

Sistem Zonasi dan Akses Pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Oleh M. Syafi’ie

 

BEBERAPA MINGGU YANG LALU TERJADI KEGADUHAN di masyarakat ihwal sistem zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Sistem ini merupakan realisasi dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Figur

Asna Hatima Hetty dan Mimpi untuk Teman Tuli

Solider.id, Semarang- Ia adalah sosok perempuan yang memiliki kemampuan mengubah barang bekas menjadi sesuatu yag memiliki nilai berkelas. Ia merupakan seorang guru yang mengajar bidang ketrampilan dan staff  tata usaha SLB B Swadaya, Semarang.

Ibu dua putra ini mendapat kemampuannya selepas menempuh pendidikan di Sekolah Luar Biasa (SLB) pada 1981. Ia bernama Asna Hatima Hetty yang kini dipercaya Yayasan Swadaya untuk menjadi salah satu tenaga pengajarnya.

Berita

SLB B Swadaya, Berbagi Potensi Bersama UPGRIS

Solider.id, Semarang- (17/05) Sore tanpa hujan, Semarang tetap dengan hawa yang garang. Halaman SLB B Swadaya di Jalan Seteran Utara II/2 nampak para siswa hilir mudik berdatangan. Sekira 34 orang mahasiswa Universitas PGRI Semarang, prodi Bimbingan dan Konseling mata kuliah Anak Berkebutuhan Khusus, tengah mengadakan kunjungan.

Berlangganan slb
The subscriber's email address.