Lompat ke isi utama
LifeStyle

Musisi Difabel Dorong Industri Musik Inklusif di Malang

Solider.or.id, Malang - Kelompok musik yang digawangi para difabel netra, Kreasi Netra Swara sepakat bekerjasama dengan Avatar Manajemen merintis industri musik inklusif di Malang. Pendiri Lingkar Sosial, Kertaning Tyas yang memediasi kerjasama ini berharap langkah yang disepakati kedua belah pihak mampu mendorong upaya membumikan karya musik difabel tanah air khususnya di Bhumi Arema.

Budi Tongkat “Butong”: Bermonolog, Mengeksplor Kemampuan Seni Sel, 07/11/2017 - 12:56

“Perempuan-perempuan... Susah benar mengerti tentang perempuan. Apalagi perempuan pintar kayak begini. Orang pinter itu kadang keblinger, sudah jelas kok dibikin rumit. Apa-apa di teorikan, entah biar dibilang pintar, atau gimana?Ngomongnya saja sok-sokan Bahasa Inggris.. “I dont understain... I know... I see...sikilmu... haha...generasi now..generasi now gitoooh...hehe.”

LifeStyle
LifeStyle

Puser Bumi, dari Macam Genre Musik ke Tradisional

Solider.or.id, Yogyakarta. Pada mulanya, Abdullah Fikri tidak mengira jika ia akan berlatih menggunakan alat musik tradisional macam bonang ataupun siter. Ia merasa kaku dan gugup karena sebelumnya hanya terbiasa memetik senar gitar, memegang stik dan menginjak pedal drum. Rasa kaku dan gugup yang juga sama dialami oleh hampir semua dari enam personil Puser Bumi ketika pertamakali berlatih.

Aku Bangga Menjadi Tuli, Sebuah Pameran Perupa Tuli Yogyakarta Sen, 25/09/2017 - 11:00

Solider.or.id.Yogyakarta. Lima remaja tuli yang bergabung dalam Komunitas Deaf Art Community (DAC) Yogyakarta, menyelenggarakan pameran karya seni rupa (lukis) dengan tema “Aku Bangga Menjadi Tuli”. Pameran yang disupport oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta itu, diselenggarakan di Sekolah Semangat Tuli (SST), Langenarjan Lor No. 16 A, Yogyakarta. Pameran dibuka pada Sabtu (23/9/2017), akan berlangsung selama satu minggu, 23 – 29 September 2017.

Difabelitik
Seniman Visual Penyintas Bipolar Disorder Menyikapi Covid-19 Sab, 16/05/2020 - 18:57

Solider.id, Surakarta- Pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai kegiatan manusia. Terlebih ketika kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai diterapkan. Segala agenda, kegiatan dan aktivitas berkumpul mesti ditunda sampai corona benar-benar mereda.

Hal itu dirasakan Hana Madness, seniman visual dan seorang aktivis isu kesehatan mental. Ia mengaku ada banyak susunan agenda yang sudah dicatatnya seperti pameran dan seminar, berubah saat pandemi covid-19 merebak sampai ke Indonesia.

Berita
LifeStyle

Meneroka Batas, Melampaui Kemampuan

Solider.id, Solo- Kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta mengadakan festival Bebas Batas. Festival yang dimulai pada 12-15 November tersebut bertajuk Meneroka Batas.

Meneroka dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti membuka daerah atau tanah baru untuk sawah, ladang, merintis, menjelajahi. Sebagai ekpresi karya seni rupa difabel dengan pameran lukisan bertajuk Merupa Ingatan di Atrium Solo Square, 21-23 Oktober.

Berlangganan seniman difabel
The subscriber's email address.