Lompat ke isi utama
Berita

Lokakarya Perencanaan-Penganggaran Pembangunan Inklusi Selesai Dilaksanakan

Solider.or.id. Yogyakarta. Lokakarya Perencanaan-Penganggaran Pembangunan Inklusi yang digelar oleh SIGAB (Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel) sejak Selasa (24/10) di Hotel Cavinton Yogyakarta resmi berakhir Kamis (26/10). Lokakarya yang merupakan kerjasama antara SIGAB, Pemerintah Kabupaten Sleman, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Program Peduli, YAKKUM dengan dukungan dari The Asia Foundation ini melibatkan dua puluh empat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dari Kabupaten Sleman dan Kulon Progo.

Berita

Sesi Pembuka di Hari Pertama Lokakarya Perencanaan-Penganggaran Pembangunan Inklusi

Solider.or.id. Yogyakarta. Marthella Rivera Roidatua, Staf Perlindungan dan Kesejahteraan Masyarakat BAPPENAS, membuka sesi di hari pertama Lokakarya Perencanaan-Penganggaran Pembangunan Inklusi, Selasa (24/10), di Hotel Cavinton Yogyakarta dengan bahasan tentang Hakikat dan Struktur Anggaran serta Proses Perencanaan-Penganggaran Inklusi.

Dalam paparannya, ia menyebutkan bahwa setidaknya ada tiga prinsip dalam rencana pembangunan nasional untuk difabel.

“Ada tiga prinsip, yakni aksesibilitas, partisipasi, dan nondiskriminasi,” terangnya.

Desa Inklusi

Lokakarya Perencanaan Penganggaran Pembangunan Inklusi Resmi Dibuka

Solider.or.id, Yogyakarta - Perwakilan dari Bappeda DIY, Abu Yazid, membuka Lokakarya Perencanaan Penganggaran Pembangunan yang diselenggarakan oleh SIGAB (Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel), Selasa (24/10), di Hotel Cavinton Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Abu Yazid mengatakan bahwa untuk menciptakan pembangunan inklusif secara holistik perlu adanya pengarusutamaan pembangunan yang inklusif.

“Salah satunya adalah dengan mengupayakan kesetaraan gender dalam pembangunan,” ucap Abu Yazid.

Desa Inklusi

Sampaikan Laporan Hasil Capaian Program, SIGAB bersama Tim RINDI Audiensi kepada Bupati Sleman

Solider.or.id.Sleman. Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel (SIGAB) Indonesia  bersama Tim Rintisan Desa Iklusi (RINDI) yang terdiri dari Direktur, Wakil Direktur SIGAB, Koordinator dan Asisten Program RINDI serta Sekretaris Desa Sendangtiro, Berbah, Sleman, melakukan audiensi kepada Bupati Sleman. Audiensi terkait laporan hasil pelaksanaan program RINDI tahap pertama di dua desa Kabupaten Sleman, yakni Desa Sedangadi Kecamatan Mlati, dan Desa Sendangtirto Kecamatan Berbah, yang telah berjalan selama 18 bulan (Juni 2015 - Desember 2016).

Desa Inklusi

Bertransaksi Informasi Melalui Sistem Informasi Desa

Solider.or.id, Yogyakarta- Sistem Informasi Desa merupakan transaksi informasi. Hal tersebut dikatakan oleh Irman Ariadi dari Combine Rfesource Institute (CRI) dalam salah satu lokakarya tematik di acara Temu Inklusi, Jum’at (26/8) di Balai Desa Jatirejo, Lendah, Kulon Progo.

Desa Inklusi

Desa Inklusi dan Peluangnya dalam Implementasi Undang-Undang Desa

Solider.or.id, Yogyakarta- “Desa adalah subyek pembangunan. Undang-Undang Desa memberikan peluang partisipasi dan emansipasi seluruh warga masyarakatnya, termasuk difabel” ungkap Arie Sujito, Minggu (24/4) lalu di Ruang Radio, Jogja National Museum (JNM) dalam rangka diskusi “Peluang Desa Inklusi dalam Implementasi Undang-Undang Desa".

Arie Sudjito menambahkan, desa inklusi akan terwujud apabila masyarakatnya juga menjalani budaya inklusi, yang tidak diskriminatif.

Desa Inklusi

Pemkab Kulon Progo Tandatangani Nota Kesepahaman Rintisan Desa Inklusi

Solider.or.id, Yogyakarta- Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menandatangani nota kesepahaman dengan Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel terkait dengan program Rintisan Desa Inklusi pada Selasa (12/4) di Gedung Kaca, Kompleks Kantor Pemerintahan Kulon Progo.

Program Rintisan Desa Inklusi mendampingi enam desa di kecamatan Lendah, Kulon Progo sejak Juni 2015. Program yang diinisiasi oleh SIGAB dan didukung oleh Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan The Asia Foundation melalui skema Program Peduli.

Desa Inklusi

Menyoal SDGs, Rintisan Desa Inklusi Jadi Contoh

Solider.or.id, Yogyakarta- Program Rintisan Desa Inklusi (RINDI) di bawah Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menjadi salah satu contoh solusi alternatif pembangunan inklusi di wilayah akar rumput. Hal tersebut dikatakan oleh Risnawati Utami, Ketua Konsorsiun Nasional untuk Hak Difabel (Konas Difabel) di Pusat Rehabilitasi Yakkum, Sabtu (13/2) lalu.

Berlangganan Rindi
The subscriber's email address.