Lompat ke isi utama
Berita

PerDIK Buka Donasi Melawan Covid-19

Solider.id- Pandemi Covid19 yang terjadi saat ini sudah terasa dampaknya di Sulawesi Selatan, khususnya Kota Makassar. Banyak pihak sibuk mengatasinya, terutama para tenaga kesehatan di suma fasilitas kesehatan dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sampai Rumah Sakit. Tetapi, fasilitas dan tenaga kesehatan serta alat kerja dalam menangani wabah virus Korona ini tidak memadai.

Difabelitik

Sebuah Upaya Mengikis Stigma “Lulusan Sekolah Luar Biasa”

Oleh Nabila May Sweetha

“Bagiku, Sekolah Luar Biasa bukanlah pilihan terbaik dari yang terburuk.”

Solider.id, Makassar- Ada getar di bibir dan tanganku usai menjawab dua pertanyaan yang menyentil tentang pengalamanku menembus stigma di sekolah. Meski kemudian satu kalimat Kak Ishak menenangkanku.

"Semua orang adalah guru dan semua tempat adalah sekolah," tutur Kak Ishak.

Difabelitik

Buku dan Kegelapan yang Nyata

Ini adalah cerita para pemuda membangun literasi pengetahuan difabilitas di Makassar.

Solider.id, Makassar- “Kalau kata orang, buku adalah jendela dunia. Bagi saya, Kak, buku itu kegelapan yang nyata.”

30 menit sebelum mengucapkan kalimat itu, Yusuf buru-buru memesan jasa ojek daring melalui aplikasi yang ada di telepon genggamnya, setelah mendapati pesan singkat dari Luthfi, tentang tiga orang tamu rahasia dari Yogyakarta.

Difabelitik

Hari Braille dan Kedaulatan Aksara Kaum Buta

Oleh Ishak Salim*

Solider.id, Pada suatu masa, berabad-abad lampau, saat Louis Braille belum menyempurnakan temuan 'the night writing' Barbier de la serre, orang-orang buta tidak bisa menulis dan membaca.

Pun jauh saat Guttenburg menemukan mesin cetak, hanya sebagian saja orang buta bisa membaca buku hasil cetakan dengan huruf timbul menyerupai aksara latin. Orang buta dari kaum kaya saja yang bisa memperoleh buku-buku agama, mempelajarinya dan menjadi pintar. Orang buta nan miskin tak bisa menjangkaunya.

Berita

Jalur Landai di Gedung Pengadilan Agama Kabupaten Gowa belum Akses

Solider.id, Makassar- Pada selasa, 08 Mei 2018, Zakia salah seorang relawan Pergerakan Difabel untuk Kesetaraan (PerDIK) Makassar mengunggah pada akun Facebooknya, sebuah jalur khusus atau ram yang diperuntukkan bagi pengguna kursi roda di kantor pengadilan agama kabupaten Gowa.

“Waktu itu ada saya mau urus di Pengadilan Agama, tapi tiba-tiba ada saya lihat ram (Red: jalur landai) yang ada gambar pengguna kursi roda di tengah-tengahnya, dan ada anak-anak lagi main prosotan disitu,” terang Zakia melalui pesan WhatsApp, sabtu (12/05).

Berita

PerDIk Makassar Imbau Terkait Sosialisasi Pilkada 2018

Solider.id, Makassar- Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Makassar bekerjasama dengan Pergerakan Difabel Indonesia untuk Kesetaraan (PerDIK) mengadakan sosialisasi terkait Pilkada serentak 2018 di Anjungan Pantai Losari, Minggu (28/1). Acara ini dihadiri beberapa pengurus PerDIK, Gerakan Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Sulawesi Selatan, Komisioner beserta staf KPU.

Mengukur Kemampuan Jasmani dan Rohani Calon Kandidat Pemilu Dan Pilkada: Sebuah Perspektif Disabilitas Kam, 18/01/2018 - 18:50

*Oleh: Ishak Salim

 

Mengapa Difabel Protes?

Surat Keputusan (SK) Komisi Pemilihan Umum (KPU)RI No. 231/PL.03.1-Kpt/06/KPU/XII/2017 menuai protes dari komunitas difabel di seluruh Indonesia. Keputusan ini terkait Petunjuk Teknis Standar Kemampuan Jasmani dan Rohani serta Standar Pemeriksaan Kesehatan Jasmani, Rohani, dan Bebas Penyalahgunaan Narkotika dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Artikel
Berita

PERDIK Makassar: Peraturan KPU Masih Membatasi Hak Politik Difabel

Solider.or.id, Mamuju- Pernyataan kontroversial anggota Komisioner Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan, Misna Attas yang menyebut istilah “Disabiltas Medic” saat diwawancarai sejumlah jurnalis di Private Care Center (PCC) RSUP Wahidin Sudiro Husodo Makassar, pada Sabtu, (13/1).

Statemen tersebut dilontarkan Misna usai pemeriksaan kesehatan para bakal calon kepala daerah yang menjadi kontestan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dan Pilkada Gubernur (PilGub) Sul-Sel.

Berlangganan Perdik Makassar
The subscriber's email address.