Lompat ke isi utama
Difabel ikuti promosikan produk di Panggungharjo Mini Expo

Pengusaha Difabel Promosikan Produk di Panggungharjo Mini Expo

Solider.or.id,Yogyakarta/ Difabel ikut semarakkan Panggungharjo Mini Expo di Balaidesa Panggungharjo, Sewon, Bantul (21/6). Budi Dharma yang akrab disapa Butong (Budi Tongkat) mempresentasikan hasil produksi usaha kecil menengahnya yaitu bakpia kedaton, bersama lima puluh pelaku usaha lain.

Butong, difabel pengguna tongkat (kruk) mengutarakan bahwa berbagai cara dilakukannya untuk memasarkan produknya kepada masyarakat luas. Cara-cara yang telah ditempuhnya seperti mengikuti pameran, memasarkannya di dua tokonya, serta melayani pembelian dengan bebas bea kirim. Ia mengaku, nanyaknya persaingan membuatnya harus kreatif dan inovatif, baik dalam produksi maupun pemasaran.

Menurutnya, Panggungharjo Mini Expo tersebut merupakan salah satu strategi pemasaran yang efektif dalam memasarkan produk dan jasa dari berbagai pelaku usaha kecil menengah, sebagaimana yang dikelolanya.

“Mini Expo ini sangat menarik, selain menjadi ajang pemasaran, juga langkah menuju penjualan yang lebih baik. Apalagi Bakpia Kedaton lolos seleksi, maka Bakpia Kedaton dapat hadir di rak Swalayan Desa (Swadesa),” ujarnya optimis.

Adapun Manajer Swadesa, Ari Aji mengatakan bahwa terdapat dua sistem market di Swadesa, yaitu penjualan on-line (daring) maupun off-line (luring). Sehingga produk dapat dijangkau oleh siapapun di manapun. Penjulan on-line di www.usahadesa.com adapun penjulaan off-line di Swalayan Desa (Swadesa), yang resmi akan beroperasi pada 1 Juli 2016, di Jalan Parangtritis, km. Area Pom Bensin.

Ari Aji,mengatakan, seperti slogannya yaitu “Cinta Indonesia Beli Produk Desa” maka di Swadesa maupun usaha desa hanya akan dijual produk-produk anak bangsa, tidak akan pernah ditemukan produk dari luar negeri.

“Di Swadesa dan www.usahadesa.com hanya akan memasarkan produk lokal dan nasional. Tidak akan ada produk impor,” ujar Ari Aji.

Mengundang Difabel Pelaku Usaha

Pada kesempatan tersebut, Aan Alfan Sofyan salah seorang Tim Pengelola Swadesa menegaskan bahwa masih terbuka kesempatan bagi para pelaku usaha, tidak terkecuali difabel untuk bergabung dan memasarkan hasil produksinya di Swadesa.

Harapannya dengan terwujudnya swadesa maupun usaha desa, maka akan terbangun jaringan bisnis yang kuat di Indonesia, untuk memasarkan produk-produk lokal dan nasional untuk meningkatkan penjualan.

Informasi selengkapnya tentang Swadesa maupun usaha desa dapat menghubungi WhatsApp (WA), pada nomer 0878-3811-8789, atas nama Aan Alfan Sofyan.

The subscriber's email address.