Lompat ke isi utama
Artikel

Memperjelas Akomodasi Pendampingan bagi ABK saat Ujian

Solider.or.id, Yogyakarta. “Loh, kok nilainya berbeda jauh” kata Poniyem dengan nada keheranan kepada Solider saat ditemui di rumahnya. Poniyem, ibu dari Ernanto Widyanto salah satu siswa difabel di SDN Ngemplak 4, Sleman. Ia mengaku terkejut ketika memeriksa nilai Ujian Nasional (UN) anaknya, Ernanto Widyanto ternyata di luar dugaan. “Nilainya anjlok,” lanjutnya.

Mengecek Aksesibilitas Lembaga Pendidikan Inklusif

Solider.or.id, Yogyakarta – Aksebilitas menjadi hal yang penting sebagai sarana difabel melakukukan berbagai aktivitasnya.  Undang-Undang Disabilitas No 8 Tahun 2016 menyebutkan bahwa Hak Aksebilitas untuk Penyandang Disabilitas meliputi hak : mendapatkan Aksebilitas untuk memanfaatkan fasilitas publik dan mendapatkan Akomodasi yang Layak sebagai bentuk aksebilitas bagi individu. 

Gerkatin Solo Gelar Seminar Pekan Tuli Internasional

Solider.or.id, Surakarta- Gerakan Kesejahteraan untuk Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Solo baru saja menggelar Seminar PekanTuli Internasional pada Sabtu (24/9). Seminar tersebut menjadi bagian dari perayaan hari tuli internasional. Bertempat di Gedung F Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surakarta, kegiatan ini membahas bahasa isyarat yang dapat membantu perkembangan otak.

Modifikasi Kurikulum Untuk Pendidikan Difabel

Solider.or.id, Yogyakarta- Perubahan kurikulum juga berpengaruh terhadap penyesuaian difabel dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.  Ahmad Mutaqin, siswa Madrasah Tsanawiyah Yaketunis A mengaku nyaman dengan Kurikulum 2013 daripada daripada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Rencanakan Anggaran Aksesibilitas Mahasiswa Difabel

Solider.or.id, Yogyakarta-Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta telah memberikan kesempatan kepada semua anak bangsa dengan berbagai perbedaan latar belakang, karakteristik, kemampuan, status, etnik, budaya tanpa kecuali difabel

“UST Yogyakarta terbuka bagi siapa saja, tanpa kecuali bagi mereka mahasiswa difabel.” ungkap Dr. H. Pardimin, M.Pd., Rektor UST Yogyakarta yang berkesempatan ditemui Solider, Selasa (30/8).

Edukasi

Difabel Netra Masih Awam dengan Pendidikan Kesehatan Reproduksi pada Anak

Solider.or.id, Yogyakarta – Remaja dan orangtua difabel masih awam pengetahuan tentang kesehatan reproduksi yang benar dan tepat. Menurut riset dari Sentra Advokasi Difabel, Perempuan, dan Anak (SAPDA), dari 200 difabel sebagai subjek riset, 80 persen di antaranya belum paham tentang pubertas dan menstruasi pada perempuan. Fika, salah satu pengurus DPD Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) mengaku masih bingung untuk memberi pengetahuan kesehatan reproduksi kepada putrinya yang tahun ini masih SD.

Difabelitik

Gagasan pendidikan inovatif bagi difabel

saat mengikuti salah satu sesi pada Indonesia Development Forum yang berlangsung di Jakarta Convention Center awal pekan lalu, terdapat ide yang cukup menarik yang dapat direplikasi dan diterapkan terkait inovasi dan pengembangan pendidikan kejar paket bagi difabel.

Berlangganan pendidikan
The subscriber's email address.