Lompat ke isi utama
Berita

216 Difabel Mental Intelektual Masuk DPT Pemilu 2019 KPU Surakarta

Solider.id, Surakarta- 216 difabel mental intelektual tercatat sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surakarta.

Jumlah tersebut tersebar di lima wilayah kecamatan, yakni kecamatan Laweyan 43 orang, Serengan 34 orang, Pasar Kliwon 4 orang, Jebres 79 orang dan Banjarsari 79 orang. Secara keseluruhan, calon pemilih difabel dari berbagai ragam difabilitas yang tercatat sekira 1043 difabel.

Berita

Bimbingan Teknis KPPS Bahas Akses Bagi Pemilih Difabel

Solider.id, Cimahi– Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) membahas aksesibilitas bagi pemilih difabel di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kota Cimahi. KPPS dari empat TPS menyelenggarakan bimbingan teknis dalam rangka pemilihan Gubernur Jawa Barat pekan depan. Pelatihan dilaksanakan di Aula Gedung Kelurahan Cimahi, Rabu sore (20/6).

Menurut tim petugas pemilu baik Tatang maupun Asep menyampaikan, di beberapa tempat pemungutan suara khususnya wilayah tinggal kelurahan Cimahi, telah terdata pemilih difabel yang beragam.

Berita

HWDI Kota Bandung Sosialisasikan Pilwakot

Solider.id, Bandung– Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung mensosialisasikan Pemilihan Walikota (Pilwakot) kepada warga difabel. Sosialisasi diselenggarakan di Gedung Indonesia Menggugat – GIM, jalan Perintis Kemerdekaan No 5 Bandung, Sabtu sore (26/5).

“Ada dua materi utama yang akan disampaikan pada sosialisasi sekarang, yaitu pemutaran video dan sosialisasi langsung tatap muka,” kata Ratna Ketua HWDI Kota Bandung saat menyampaikan sambutannya.

Berita

KPUD Banyumas Upayakan Pemilu Akses bagi Pemilih Difabel

Solider.id, Banyumas- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Banyumas mengadakan Sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyumas 2018 dan Simulasi Pemilihan Bagi Para Difabel pada tahapan kedua di Warung Cablak Purwokerto.

Sosialisasi tersebut bagian dari upaya mengimplementasikan Pemilu Akses, sebagaimana tertuang dalam PKPU No. 08 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Perhitungan Suara di Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada).

Berita

Jemput-bola bagi Pemilih Difabel Terkait e-KTP

Solider.id, Yogyakarta- “Pelaksanaan pemilu serentak 2019, mengundang tantangan baru baik bagi penyelenggara maupun pemilih, utamanya pemilih difabel,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY, Hamdan Kurniawan saat dihubungi Solider, Minggu (29/4).

Tantangan yang perlu diperhatikan bagi penyelenggara pemilu menurut Hamdan, ialah bagaimana merawat hak pilih difabel. Hal itu terkait dengan kewajiban penggunaan elektronik KTP (e-KTP) dalam pendataan pemilih.

Difabelitik

Menyiapkan Pemilu 2019 bagi Pemilih Difabel

Solider.id, Yogyakarta- Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 akan menjadi tahun politik pertama penggabungan pemilu presiden dan pemilu legislatif atau dikenal dengan “Pemilu Serentak”.  Pemilu legislatif yakni untuk memilih wakil masyarakat yang akan duduk di kursi DPR, DPD, DPRD Propinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Sedangkan pemilu presiden, untuk memilih presiden dan wakil presiden.

Berlangganan pemilih difabel
The subscriber's email address.