Lompat ke isi utama
Berita

Hambatan Penanganan Kasus Kekerasan terhadap Perempuan Difabel di Masa Pandemi

Solider.id, Yogyakarta– “Di satu sisi perempuan dan anak korban kekerasan tetap harus mendapatkan bantuan pelayanaan. Di pihak lain petugas yang menangani juga harus cermat agar tidak tertular Covid-19,” ujar Catur Udi Handayani dalam diskusi Penanganan Kasus Kekerasan Perempuan Disabilitas di Masa Pandemi yang diselenggarakan Sentra Advokasi Perempuan, Difabel dan Anak (SAPDA) secara daring pada Jumat, (30/10).

 

Difabelitik

Berpergian Ala Difabel Netra Secara Mandiri di Tengah Pandemi

Solider.id- Kemandirian dalam bermobilitas, menjadi bagian tak terpisahkan bagi setiap manusia. Kemandirian menunjang kebutuhan yang sangat erat kaitannya bagi kehidupan manusia. Misal, seseorang pekerja kantoran, dia membutuhkan akses untuk menuju kantor, jalan aspal, kendaraan, dan layanan publik yang tentunya akses.

Difabelitik

Memetakan Penanganan Difabel Pasca Pandemi Covid-19

Solider.id, Boyolali- Asesmen dampak Covid-19, sudah dipaparkan ke publik. Dari asesmen, dihasilkan 8 rekomendasi yang memerlukan tindak lanjut agar bisa diimplementasikan sebagai bahan referensial bagi pemerintah dalam merespon kebutuhan masyarakat difabel yang terdampak pandemi Covid-19.

Berita

Memproteksi Anak Berkebutuhan Khusus dari Covid-19 di Desa

Solider, Kulon Progo- Tiga anak berkebutuhan khusus di Kulonprogo mendapapakan satu paket Alat Pelindung Diri (APD). APD diberikan oleh Kuni Fatonah, asisten koordinator Desa Inklusi yang telah digagas Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel (SIGAB) Indonesia. Kegiatan yang didukung Program Peduli dan Australia Government tersebut, sekaligus memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang diperingati setiap tanggal 23 Juli.

Difabelitik

Mengelola Faktor Risiko Kambuh Difabel Mental Psikososial Saat Pandemi

Solider.id, Surakarta- Oktavi (bukan nama sebenarnya) remaja 19 tahun penyintas difabel skizofrenia. Ia tinggal bersama ibu dan adik kandungnya di sebuah rumah kecil dengan luas tak lebih dari 30 meter. Rumah itu terletak di pinggir jalan utama Kampung Joyotakan, Kecamatan Serengan.

Oktavi mengalami gangguan kejiwaan saat duduk di bangku SMK sekira tiga tahun lalu dengan gejala awal didiagnosis penyakit epilepsi. Waktu itu, ia dirawat di sebuah rumah sakit umum, sebelum mendapat rujukan ke RSJD Surakarta dan menjalani rawat jalan hingga sekarang.

Difabel di NTB Mengikuti Pelatihan Membuat Pembalut Ramah Lingkungan Sen, 15/06/2020 - 19:19

Solider.id- Yayasan Plan Internasional Indonesia melaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan pembalut ramah lingkungan untuk masyarakat difabel di Kec. Ampenan, Kota Mataram, Provinsi NTB, pada Minggu, 14 Juni 2020. Ada 7 peserta yang terdiri dari 2 laki-laki dan 5 perempuan dengan disabilitas fisik.

Berita
Difabelitik

Panti-panti yang Terlupakan di Masa Pandemi #2

Solider.id, Surakarta- Selain Asrama SLB Anugerah dan Panti Bhakti Candrasa, Solider meneruskan penelusuran ke beberapa panti-panti yang juga luput dari perhatian pemerintah dalam penanganan selama masa Pandemi Covid-19.

Namanya Sri. Ia sudah berumur lebih dari 70 tahun dan tinggal di Panti Jati Adulam Ministry yang letaknya menyempil di antara bangunan gudang dan hanya berjarak 200 meter dari Jalan Raya Solo-Wonogiri.

Difabelitik

Menelisik Panti-panti Saat Pandemi #1

Solider.id, Surakarta- Penelusuran ini dilakukan Solider, sebagai tindak lanjut dari informasi yang didapat masyarakat terkait ditemukannya tiga anak dan pendamping di Panti Ganda Rawinala Jakarta sebagai positif COVID-19. Solider memastikan kondisi panti dan asrama Sekolah Luar Biasa (SLB) yang ada di Kabupaten Karanganyar dan Sukoharjo.

Berita

Mendorong Peran Difabel Menghadapi Normal Baru

Solider.id, Yogyakarta- Kementerian PPN/Bappenas bersama dengan Pemerintah Australia (DFAT) mengadakan Webinar Nasional dengan tema Mengikutsertakan Penyandang Disabilitas dalam Era Tradisi Baru. Webinar ini diadakan secara daring melalui platform Zoom, Kamis siang (11/6).

Berita

Mengupas Kerentanan Perempuan Difabel Selama Masa Pandemi

Solider.id– Pandemi Covid-19 telah membuka kondisi kerentanan yang dihadapi oleh Difabel, utamanya perempuan Difabel. Sejumlah fakta terkini menunjukkan peningkatan kasus kekerasan, ketimpangan akses layanan kesehatan, ketidakamanan persediaan pangan dan ketidaktersediaan layanan pendukung bagi perempuan Difabel.

Hal ini yang mendasari Learning 4 Impact bersama dengan USAID dan SMRC India menyelenggarakan diskusi daring bertajuk Reducing Risk for Women with Disabilities: Forward for the Covid-19 Response pada Selasa (9/6).

Berlangganan pandemi
The subscriber's email address.