Lompat ke isi utama
Artikel

Menilik Praktik Baik Organisasi Difabel di Desa dalam Pencegahan Depresi dan Bunuh Diri

SIGAB Indonesia mencatat, difabel di Desa, besar kemungkinan mengalami depresi, bahkan sampai taraf percobaan bunuh diri. Organisasi ataupun komunitas difabel di Desa menjadi solusi dengan memberi pendampingan bagi difabel dalam melewati fase penerimaan diri dan keluarga.

Solider.id- “Satu hal yang saya percaya untuk tidak lagi melakukan bunuh diri adalah saya bisa mengubah kondisi terburuk menjadi lebih baik bersama organisasi.”

Berita

KMD Jogja: Libatkanlah Berbagai Elemen Masyarakat di HDI

Solider.id, Yogyakarta- Banyak cara untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI), salah satunya Komunitas Motor Difabel (KMD) Jogja. KMD Jogja mengadakan acara kumpul bersama komunitas motor roda tiga untuk merayakan Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang diperingati setiap 3 Desember. Acara diselenggarakan di Taman wisata Banyu Kencono, desa Karet, kecamatan Pleret, Bantul, pada 8 Desember 2019.

Artikel

Hari Disabilitas Internasional dan Ideologi Perusaknya

Oleh M. Syafi’ie*

 

Solider.id, Sejak 1992, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan 3 Desember sebagai Hari Disabilitas Internasional (HDI). Setiap tanggal ini, komunitas dan pegiat isu difabel ikut merayakan dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan. Salah satu pesannya, memberi ingatan kepada elemen masyarakat dan para pemangku kebijakan tentang hak-hak difabel, potensi difabel, serta diskriminasi yang terus menerus terjadi.

Desa Inklusi

Praktik Inklusi Melalui Kirab Budaya di Desa Wedomartani

Solider.id, Sleman- Pemerintah Desa Wedomartani, Negmplak, Sleman, mengadakan kirab budaya yang diikuti kelompok difabel pada Minggu, (10/11). Gelaran tersebut bertujuan untuk membangun budaya inklusi kepada masyarakat desa.

Sekira 20 sepeda motor roda tiga dengan 40 peserta yang diwajibkan menggunakan pakaian adat setempat dan kebaya bagi perempuan, berboncengan, berkeliling desa. Beberapa dari pengendara sembari melakukan beberapa atraksi.

Artikel

Organisasi Difabel di Desa dan Kehendak Mengubah Nasib

Solider.id- Pandangan masyarakat bahwa difabel tidak pantas untuk belajar sampai perguruan tinggi masih dominan. Pendidikan bagi difabel di masyarakat identik dengan Sekolah Luar Biasa. Bahkan masih banyak pula, di sektor ketenagakerjaan semisal, beranggapan difabel tidak mempunyai kemampuan atau skill. Difabel netra yang identik dengan tukang pijat dan lain sebagainya.

Berita

Masa Orientasi, Belajar Mandiri bagi Difabel

Solider.id, Semarang- Roemah Difabel menggelar kegiatan orientasi dan kemnadirian bagi anggota baru yang bergabung. Orientasi dilakukan sebagai pembelajaran dan memahami aturan dan tata tertib. Selain itu, orientasi juga memberikan kesempatatan bagi peserta untuk mengasah bakat dan kemanpuan masing-masing, (22/06).

Figur

Sartono dan Pergulatannya dengan Isu Difabilitas

Solider.id, Karanganyar- Sartono, difabel daksa tanpa alat bantu ini tidak pernah absen di setiap kegiatan difabilitas, baik tingkat Kecamatan Mojogedang dan Kabupaten Karanganyar.

Ia penduduk Desa Gentungan Kecamatan Mojogedang. Bapak dari dua anak ini, bekerja di bidang jasa perbaikan elektronik dan komputer. Ia adalah salah seorang inisiator dari berdirinya Forum Difabel Mojogedang Bersatu (FDMB). Forum ini adalah cikal bakal berdirinya kelompok-kelompok difabel di 13 desa di Kecamatan Mojogedang.

Berlangganan Organisasi Difabel
The subscriber's email address.