Lompat ke isi utama
Difabelitik

Mengelola Faktor Risiko Kambuh Difabel Mental Psikososial Saat Pandemi

Solider.id, Surakarta- Oktavi (bukan nama sebenarnya) remaja 19 tahun penyintas difabel skizofrenia. Ia tinggal bersama ibu dan adik kandungnya di sebuah rumah kecil dengan luas tak lebih dari 30 meter. Rumah itu terletak di pinggir jalan utama Kampung Joyotakan, Kecamatan Serengan.

Oktavi mengalami gangguan kejiwaan saat duduk di bangku SMK sekira tiga tahun lalu dengan gejala awal didiagnosis penyakit epilepsi. Waktu itu, ia dirawat di sebuah rumah sakit umum, sebelum mendapat rujukan ke RSJD Surakarta dan menjalani rawat jalan hingga sekarang.

Posyandu Waluyo Jiwo dan Para Penyintas Kesehatan Jiwa yang Bergiat Kam, 09/01/2020 - 09:25

Gambar dua potong kepala dengan rambut tegak, lalu satu setel kursi kayu dan sebiji mata adalah karya Ukir (58).

Difabelitik
Kikis Stigma ODGJ melalui Art Terapy Sab, 16/11/2019 - 20:27

Solider.id, Surakarta- Bentuk-bentuk rehabilitasi melalui terapi seni untuk Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) ada bermacam, salah satunya melukis. Terapi seni atau Art Therapy merupakan disiplin berbeda yang menggabungkan metode kreatif ekpresi dengan media seni visual. Hal tersebut diungkapkan Yogi seniman dari Rumah Banjarsari.

Berita
Peran Masyarakat dalam Mengurangi Angka Bunuh Diri Sel, 15/10/2019 - 17:03

Solider.id, Denpasar- Bunuh diri bisa dialami oleh siapa saja, remaja, para lanjut usia, difabel, penderita penyakit kronis dan pada ibu menyusui. Hal ini bisa terjadi karena kondisi sosial turut mempengaruhi perkembangan jiwa pada seseorang.

Berita
40 Detik Aksi Mencegah Depresi Sel, 15/10/2019 - 16:36

Solider.id, Yogyakarta- Setiap 10 Oktober diperingati Hari Kesehatan Jiwa Dunia atau World Mental Health Day. Peringatan yang digagas Badan Kesehatan PBB, World Health Organization (WHO). Namun, isu kesehatan jiwa masih kurang menjadi perhatian. Sehingga, tak terdengar jelas gaungnya. Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), bahkan tidak ada komunitas yang merayakannya.

Difabelitik
Upaya Desa Pulosari Bentuk Posyandu Kesehatan Jiwa Sel, 20/08/2019 - 21:17

Solider.id, Karanganyar- Suparno (52) semula bekerja sebagai penjahit. Bahkan menurut istri yang mendampinginya konsultasi, Suparno tak hanya pandai menjahit karena bisa bekerja sebagai tukang dan pekerjaan lainnya.

Berita
Berita

Pentingnya Memahami Deteksi Dini ODGJ bagi Masyarakat

Solider.id, Situbondo- Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) seringkali diabaikan lingkungan sosial, utamanya di lingkungan keluarga. Hal tersebut karena minimnya pemahaman deteksi dini untuk bagaimana memperlakukan ODGJ dengan layak.

Hal tersebut disampaikan Franciscus Adi Prasetyo, dosen Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial Universitas Jember dalam sosialisasi bertajuk Deteksi Dini Kesehatan Jiwa dan Desa Siaga Sehat Jiwa yang dilaksanakan Puskesmas Kecamatan Situbondo (16/7) .

Pekan Peduli Skizofrenia, Upaya Kikis Stigma Orang Dengan Gangguan Jiwa Sen, 27/05/2019 - 13:36

Susana tampak tekun mencuci telur yang hendak dibuat menjadi telur asin.

Berita
Menjaring Ide Pemberdayaan untuk ODGJ Rab, 30/01/2019 - 19:02

Solider.id, Gunungkidul- Difabel psikososial atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) jarang disentuh di dalam berbagai model pemberdayaan bagi masyarakat rentan. Selain persoalan di lapangan yang sulit dipecahkan, model-model pemberdayaan belum memberikan ruang khusus dalam proses pelibatan difabel psikososial.

Hal tersbeut menjadi latarbelakang panti rehabilitas Yakkum mengadaka lokakarya bertema Peran Organisasi Masyarakat Sipil Dalam Sistem Layanan Kesehatan Mental yang diadakan di rumah warga, Sumiyati, Desa Papringan, Playen, Gunungkidul.

Berita
Berlangganan ODGJ
The subscriber's email address.