Lompat ke isi utama
Artikel

Mendesak Keadilan untuk Perempuan Difabel Korban Kekerasan

Solider.id,- Perempuan, difabel, dan korban kekerasan adalah kombinasi yang memprihatinkan. Dari tahun ke tahun jumlah difabel perempuan yang menjadi korban tak kunjung berkurang.

 

Dalam Catatan Tahunan Komnas Perempuan tahun 2019 disebutkan 79 persen perempuan difabel mengalami kekerasan seksual. Presentase itu bergerak naik dari angka 69 di tahun sebelumnya.

 

Berita

Peran Media dan Organisasi Difabel dalam Mengikis Stigma

Solider.id– Kerja jurnalisme menjadi sebuah elemen penting dalam membangun perspektif mengenai difabel. Hal ini diungkapkan Jonna Damanik dalam diskusi online Relasi Disabilitas dan Media Mengeliminir Dampak Covid-19 di NTT pada Selasa (16/6).

Mainstreaming difabel itu penting bagi difabel dalam membangun perspektif masyarakat dan perpektif ini penting untuk membongkar stigma,” papar Direktur Institut Inklusif Indonesia (I3) ini.

Difabelitik

Membedah Stigma dan Diskriminasi Media Terhadap Difabel

Oleh Rifai Asyhari

Solider.id- Salah satu hasil terpenting demokratisasi di Indonesia pada 1998 adalah kebebasan pers. Paska reformasi, pers memiliki kebebasan untuk menyampaikan beragam isu dan kritiktan tanpa perlu khawatir dibredel seperti halnya di masa Orde Baru.

Keterlibatan publik dalam media juga dijamin secara legal melalui Undang-Undang nomor 32 tahun 2002 tentang penyiaran. Dengan ini, masyarakat sipil bisa ikut mengawasi jalannya pemberitaan dan kerja-kerja media.

Berlangganan media
The subscriber's email address.