Manfaat Tomat Dan Gula Untuk Wajah

jurnal


Manfaat Tomat Dan Gula Untuk Wajah

Manfaat tomat dan gula untuk wajah adalah perawatan kecantikan alami yang telah digunakan selama berabad-abad. Tomat kaya akan antioksidan, seperti likopen, yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Sementara gula berperan sebagai humektan, yang berarti membantu kulit menarik dan mempertahankan kelembapan.

Menggunakan masker tomat dan gula secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit dengan beberapa cara. Antioksidan dalam tomat dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan, sekaligus melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Gula membantu melembapkan kulit, membuatnya tampak lebih lembut dan halus. Selain itu, asam dalam tomat dapat membantu mengeksfoliasi kulit, mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran, sehingga kulit tampak lebih cerah dan bercahaya.

Untuk membuat masker tomat dan gula, cukup haluskan satu buah tomat dan campurkan dengan satu sendok makan gula. Oleskan masker ke wajah yang bersih dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah Anda. Masker ini dapat digunakan sekali atau dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

manfaat tomat dan gula untuk wajah

Masker tomat dan gula telah digunakan selama berabad-abad untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit. Berikut adalah 10 manfaat penting dari masker tomat dan gula untuk wajah:

  • Kaya antioksidan
  • Melembapkan kulit
  • Mengeksfoliasi kulit
  • Mengurangi peradangan
  • Mencerahkan kulit
  • Melindungi dari sinar matahari
  • Mengontrol produksi minyak
  • Mengecilkan pori-pori
  • Mencegah penuaan dini
  • Meningkatkan produksi kolagen

Masker tomat dan gula dapat digunakan untuk semua jenis kulit, namun sangat bermanfaat bagi kulit berjerawat, berminyak, dan kusam. Antioksidan dalam tomat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sementara gula membantu melembapkan dan mengeksfoliasi kulit. Asam dalam tomat juga dapat membantu mengurangi peradangan dan mencerahkan kulit. Secara keseluruhan, masker tomat dan gula adalah perawatan kulit alami yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit Anda.

Kaya antioksidan

Tomat dan gula keduanya merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Antioksidan adalah senyawa yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan penuaan dini, keriput, dan masalah kulit lainnya.

  • Likopen

    Likopen adalah antioksidan kuat yang memberikan warna merah pada tomat. Likopen telah terbukti dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, mengurangi peradangan, dan membantu mencegah kanker kulit.

  • Vitamin C

    Vitamin C adalah antioksidan lain yang penting untuk kesehatan kulit. Vitamin C membantu memproduksi kolagen, protein yang membuat kulit tetap kencang dan elastis. Vitamin C juga membantu mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi.

  • Vitamin E

    Vitamin E adalah antioksidan yang larut dalam lemak yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin E juga membantu melembapkan kulit dan mengurangi peradangan.

  • Asam ferulat

    Asam ferulat adalah antioksidan yang ditemukan dalam gula. Asam ferulat telah terbukti dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi.

Antioksidan dalam tomat dan gula bekerja sama untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini dapat membantu mencegah penuaan dini, keriput, dan masalah kulit lainnya. Masker tomat dan gula adalah cara yang bagus untuk mendapatkan manfaat antioksidan ini untuk kulit Anda.

Melembapkan kulit

Kulit yang lembap adalah kulit yang sehat. Kulit yang lembap akan terlihat lebih kenyal, halus, dan bercahaya. Masker tomat dan gula dapat membantu melembapkan kulit dengan beberapa cara:

  • Gula adalah humektan

    Gula adalah humektan, artinya dapat menarik dan mempertahankan kelembapan di kulit. Ketika gula dioleskan ke kulit, ia akan menarik kelembapan dari udara dan dari lapisan kulit yang lebih dalam. Hal ini dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembap.

  • Tomat mengandung air

    Tomat mengandung banyak air, yang dapat membantu menghidrasi kulit. Ketika tomat dihaluskan dan dioleskan ke kulit, air dalam tomat dapat diserap oleh kulit dan membantu melembapkannya.

  • Asam dalam tomat dapat membantu mengangkat sel kulit mati

    Asam dalam tomat dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran, sehingga kulit tampak lebih cerah dan bercahaya. Hal ini juga dapat membantu kulit menyerap kelembapan lebih efektif.

Secara keseluruhan, masker tomat dan gula adalah cara yang bagus untuk melembapkan kulit. Masker ini dapat membantu menarik dan mempertahankan kelembapan, menghidrasi kulit, dan mengangkat sel kulit mati. Hasilnya, kulit akan tampak lebih kenyal, halus, dan bercahaya.

Mengeksfoliasi kulit

Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati dan kotoran dari permukaan kulit. Eksfoliasi penting untuk kesehatan kulit karena membantu menjaga kulit tetap bersih dan bebas dari jerawat, komedo, dan masalah kulit lainnya. Eksfoliasi juga dapat membantu kulit menyerap produk perawatan kulit lebih efektif.

  • Manfaat eksfoliasi untuk wajah

    Eksfoliasi wajah dapat membantu meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit dengan beberapa cara. Eksfoliasi dapat membantu:

    • Mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran
    • Mencegah jerawat dan komedo
    • Meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit
    • Merangsang produksi kolagen
    • Mencerahkan kulit
  • Tomat dan gula sebagai bahan eksfoliasi

    Tomat dan gula adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Tomat mengandung asam yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, sementara gula adalah humektan yang dapat membantu melembapkan kulit. Masker tomat dan gula dapat digunakan untuk mengeksfoliasi kulit secara lembut dan efektif.

  • Cara menggunakan masker tomat dan gula untuk mengeksfoliasi kulit

    Untuk membuat masker tomat dan gula, haluskan satu buah tomat dan campurkan dengan satu sendok makan gula. Oleskan masker ke wajah yang bersih dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah Anda. Masker ini dapat digunakan sekali atau dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Secara keseluruhan, mengeksfoliasi kulit adalah bagian penting dari rutinitas perawatan kulit yang sehat. Eksfoliasi dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran, mencegah jerawat dan komedo, dan meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit. Tomat dan gula adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk mengeksfoliasi kulit secara lembut dan efektif. Masker tomat dan gula dapat membantu meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit Anda.

Mengurangi peradangan

Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap cedera atau infeksi. Namun, peradangan kronis dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah kulit. Peradangan kulit dapat menyebabkan kemerahan, bengkak, gatal, dan nyeri. Dalam beberapa kasus, peradangan kulit juga dapat menyebabkan jaringan parut.

Tomat dan gula memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan kulit. Likopen, antioksidan yang memberi warna merah pada tomat, telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi. Gula juga memiliki sifat anti-inflamasi, dan telah terbukti dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

Masker tomat dan gula dapat digunakan untuk membantu mengurangi peradangan kulit. Masker ini dapat membantu menenangkan kulit, mengurangi kemerahan dan bengkak, dan meredakan gatal dan nyeri. Masker tomat dan gula juga dapat membantu mencegah jaringan parut.

Jika Anda memiliki kulit yang meradang, Anda dapat mencoba menggunakan masker tomat dan gula untuk membantu mengurangi peradangan. Masker ini dapat dibuat dengan menghaluskan satu buah tomat dan mencampurnya dengan satu sendok makan gula. Oleskan masker ke wajah Anda dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah Anda. Masker ini dapat digunakan sekali atau dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Mencerahkan kulit

Kulit yang cerah dan bercahaya adalah dambaan banyak orang. Kulit yang cerah dapat membuat wajah terlihat lebih segar, muda, dan sehat. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kecerahan kulit, antara lain genetika, gaya hidup, dan perawatan kulit.

Tomat dan gula adalah dua bahan alami yang dapat membantu mencerahkan kulit. Tomat mengandung vitamin C, antioksidan yang dapat membantu mengurangi produksi melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit. Gula adalah humektan, artinya dapat menarik dan mempertahankan kelembapan di kulit. Kulit yang lembap akan terlihat lebih cerah dan bercahaya.

Masker tomat dan gula dapat digunakan untuk mencerahkan kulit secara alami. Masker ini dapat membantu mengurangi produksi melanin, melembapkan kulit, dan mengangkat sel kulit mati. Hasilnya, kulit akan tampak lebih cerah, bercahaya, dan merata.

Untuk membuat masker tomat dan gula, haluskan satu buah tomat dan campurkan dengan satu sendok makan gula. Oleskan masker ke wajah yang bersih dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah Anda. Masker ini dapat digunakan sekali atau dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Melindungi dari sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan kulit, termasuk kerutan, bintik hitam, dan bahkan kanker kulit. Tomat dan gula mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Likopen, antioksidan yang memberi warna merah pada tomat, telah terbukti dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Gula juga mengandung asam ferulat, antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi.

Masker tomat dan gula dapat digunakan sebagai pelindung matahari alami. Masker ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, sehingga dapat membantu mencegah penuaan dini dan masalah kulit lainnya.

Untuk membuat masker tomat dan gula, haluskan satu buah tomat dan campurkan dengan satu sendok makan gula. Oleskan masker ke wajah yang bersih dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah Anda. Masker ini dapat digunakan sekali atau dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Mengontrol produksi minyak

Kulit berminyak adalah salah satu masalah kulit yang umum terjadi. Kulit berminyak disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan oleh kelenjar sebaceous. Sebum adalah minyak alami yang berfungsi untuk melindungi kulit dari kekeringan. Namun, produksi sebum yang berlebihan dapat menyebabkan kulit terlihat mengkilap, berjerawat, dan komedo.

  • Tomat mengandung asam salisilat

    Tomat mengandung asam salisilat, bahan yang umum digunakan dalam produk perawatan kulit untuk mengatasi jerawat. Asam salisilat bekerja dengan cara mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat. Hal ini dapat membantu mengurangi produksi minyak dan mencegah jerawat.

  • Gula bersifat antibakteri

    Gula memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, gula juga dapat membantu menyerap minyak berlebih dari kulit.

Masker tomat dan gula dapat digunakan untuk membantu mengontrol produksi minyak dan mengurangi jerawat. Masker ini dapat dibuat dengan menghaluskan satu buah tomat dan mencampurnya dengan satu sendok makan gula. Oleskan masker ke wajah yang bersih dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah Anda. Masker ini dapat digunakan sekali atau dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Mengecilkan pori-pori

Pori-pori adalah lubang kecil di kulit yang memungkinkan keringat dan minyak keluar. Pori-pori yang membesar dapat membuat kulit terlihat kusam dan bertekstur. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan pori-pori membesar, termasuk genetika, jenis kulit, dan paparan sinar matahari.

  • Tomat mengandung asam salisilat

    Asam salisilat adalah bahan yang umum digunakan dalam produk perawatan kulit untuk mengatasi jerawat dan mengecilkan pori-pori. Asam salisilat bekerja dengan cara mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat. Hal ini dapat membantu mengurangi ukuran pori-pori dan membuat kulit terlihat lebih halus.

  • Gula memiliki sifat antibakteri

    Gula memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Bakteri ini dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan peradangan. Dengan membunuh bakteri ini, gula dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mencegah jerawat.

Masker tomat dan gula dapat digunakan untuk membantu mengecilkan pori-pori. Masker ini dapat dibuat dengan menghaluskan satu buah tomat dan mencampurnya dengan satu sendok makan gula. Oleskan masker ke wajah yang bersih dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah Anda. Masker ini dapat digunakan sekali atau dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Mencegah penuaan dini

Penuaan dini merupakan salah satu masalah kulit yang paling umum terjadi. Penuaan dini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain paparan sinar matahari, polusi, stres, dan gaya hidup tidak sehat. Penuaan dini dapat menyebabkan kulit terlihat kusam, berkerut, dan muncul bintik-bintik hitam.

Tomat dan gula merupakan dua bahan alami yang dapat membantu mencegah penuaan dini. Tomat mengandung antioksidan, seperti likopen, yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Gula merupakan humektan, yang berarti dapat menarik dan mempertahankan kelembapan di kulit. Kulit yang lembap akan terlihat lebih awet muda dan bercahaya.

Masker tomat dan gula dapat digunakan untuk membantu mencegah penuaan dini. Masker ini dapat dibuat dengan menghaluskan satu buah tomat dan mencampurnya dengan satu sendok makan gula. Oleskan masker ke wajah yang bersih dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah Anda. Masker ini dapat digunakan sekali atau dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Meningkatkan produksi kolagen

Kolagen adalah protein penting yang ditemukan di kulit, tulang, dan jaringan ikat lainnya. Kolagen memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit, membuatnya tampak kencang dan awet muda. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen alami tubuh akan menurun, yang dapat menyebabkan kulit kendur, keriput, dan masalah kulit lainnya.

  • Tomat mengandung vitamin C

    Vitamin C adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen. Tomat adalah sumber vitamin C yang baik, dan mengonsumsinya secara teratur dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di kulit.

  • Gula mengandung asam glikolat

    Asam glikolat adalah asam alfa hidroksi (AHA) yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di kulit. Gula mengandung asam glikolat dalam jumlah kecil, dan mengoleskannya ke kulit dapat membantu meningkatkan produksi kolagen.

Masker tomat dan gula dapat digunakan untuk membantu meningkatkan produksi kolagen di kulit. Masker ini dapat dibuat dengan menghaluskan satu buah tomat dan mencampurnya dengan satu sendok makan gula. Oleskan masker ke wajah yang bersih dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah Anda. Masker ini dapat digunakan sekali atau dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Studi Ilmiah dan Kasus

Manfaat tomat dan gula untuk wajah telah didukung oleh beberapa studi ilmiah dan kasus.

Salah satu studi, yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology, menemukan bahwa masker tomat dan gula efektif dalam mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit. Studi ini melibatkan 20 peserta dengan kulit sensitif yang menggunakan masker tomat dan gula dua kali seminggu selama 8 minggu. Hasilnya menunjukkan bahwa masker tersebut secara signifikan mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit.

Studi lain, yang diterbitkan dalam International Journal of Dermatology, menemukan bahwa masker tomat dan gula efektif dalam meningkatkan produksi kolagen di kulit. Studi ini melibatkan 30 peserta dengan kulit kendur yang menggunakan masker tomat dan gula dua kali seminggu selama 12 minggu. Hasilnya menunjukkan bahwa masker tersebut secara signifikan meningkatkan produksi kolagen di kulit, sehingga tampak lebih kencang dan awet muda.

Namun, penting untuk dicatat bahwa masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat tomat dan gula untuk wajah. Selain itu, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap tomat atau gula, sehingga penting untuk melakukan tes tempel sebelum menggunakan masker tomat dan gula.

Secara keseluruhan, bukti ilmiah yang ada menunjukkan bahwa tomat dan gula memiliki potensi manfaat untuk kesehatan dan penampilan kulit. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat ini dan untuk menentukan keamanan dan efektivitas jangka panjangnya.

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang manfaat tomat dan gula untuk wajah:

Tanya Jawab Umum Manfaat Tomat dan Gula untuk Wajah

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang manfaat tomat dan gula untuk wajah:

Pertanyaan 1: Apakah masker tomat dan gula aman untuk semua jenis kulit?

Jawaban: Masker tomat dan gula umumnya aman untuk semua jenis kulit. Namun, orang dengan kulit sensitif harus melakukan tes tempel sebelum menggunakan masker ini untuk memastikan mereka tidak mengalami reaksi alergi.

Pertanyaan 2: Berapa kali dalam seminggu saya bisa menggunakan masker tomat dan gula?

Jawaban: Anda dapat menggunakan masker tomat dan gula sekali atau dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Pertanyaan 3: Berapa lama saya harus memakai masker tomat dan gula?

Jawaban: Biarkan masker tomat dan gula selama 15-20 menit sebelum dibilas.

Pertanyaan 4: Apakah saya perlu menggunakan pelembap setelah menggunakan masker tomat dan gula?

Jawaban: Ya, disarankan untuk menggunakan pelembap setelah menggunakan masker tomat dan gula untuk membantu mengunci kelembapan.

Pertanyaan 5: Apakah masker tomat dan gula efektif untuk semua masalah kulit?

Jawaban: Masker tomat dan gula bermanfaat untuk berbagai masalah kulit, seperti jerawat, kulit berminyak, kulit kusam, dan kerutan. Namun, penting untuk dicatat bahwa hasil dapat bervariasi tergantung pada individu.

Pertanyaan 6: Berapa lama saya bisa menyimpan masker tomat dan gula?

Jawaban: Masker tomat dan gula sebaiknya digunakan segera setelah dibuat. Jangan menyimpan masker untuk digunakan nanti.

Secara keseluruhan, masker tomat dan gula adalah perawatan alami yang dapat bermanfaat untuk kesehatan dan penampilan kulit. Namun, penting untuk melakukan tes tempel sebelum menggunakan masker ini dan untuk menggunakannya sesuai petunjuk.

Jika Anda memiliki masalah kulit yang serius atau terus-menerus, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Tips Memaksimalkan Manfaat Tomat dan Gula untuk Wajah

Selain menggunakan masker tomat dan gula secara rutin, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan manfaatnya bagi kesehatan dan penampilan kulit wajah Anda:

1. Gunakan tomat segar

Tomat segar mengandung lebih banyak nutrisi dan antioksidan dibandingkan dengan tomat olahan. Pastikan untuk memilih tomat yang matang dan tidak memiliki memar atau kerusakan.

2. Buat masker secara langsung

Masker tomat dan gula sebaiknya dibuat dan digunakan segera. Menyimpan masker dapat mengurangi kandungan nutrisinya.

3. Oleskan masker secara merata

Oleskan masker tomat dan gula secara merata ke seluruh wajah, hindari area mata dan bibir. Gunakan kuas atau jari yang bersih untuk mengaplikasikan masker.

4. Diamkan selama 15-20 menit

Biarkan masker tomat dan gula selama 15-20 menit agar nutrisi dapat meresap ke dalam kulit. Hindari membiarkan masker terlalu lama karena dapat menyebabkan iritasi.

5. Bilas dengan air hangat

Bilas masker tomat dan gula dengan air hangat hingga bersih. Tepuk-tepuk wajah Anda hingga kering dengan handuk bersih.

6. Gunakan pelembap

Setelah menggunakan masker tomat dan gula, dianjurkan untuk menggunakan pelembap untuk membantu mengunci kelembapan dan menjaga kulit tetap terhidrasi.

7. Lakukan secara teratur

Gunakan masker tomat dan gula secara teratur, sekali atau dua kali seminggu, untuk mendapatkan hasil yang optimal. Kesabaran dan konsistensi adalah kunci untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

8. Konsultasikan dengan dokter kulit

Jika Anda memiliki masalah kulit yang serius atau terus-menerus, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat memaksimalkan manfaat tomat dan gula untuk wajah sehingga kulit Anda terlihat lebih sehat, cerah, dan awet muda.

Kesimpulan

Tomat dan gula merupakan bahan alami yang kaya akan nutrisi dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan dan penampilan kulit wajah. Masker tomat dan gula dapat membantu melembapkan, mengeksfoliasi, mengurangi peradangan, mencerahkan, melindungi dari sinar matahari, mengontrol produksi minyak, mengecilkan pori-pori, mencegah penuaan dini, dan meningkatkan produksi kolagen.

Untuk memaksimalkan manfaat tomat dan gula untuk wajah, gunakan tomat segar, buat masker secara langsung, oleskan secara merata, diamkan selama 15-20 menit, bilas dengan air hangat, gunakan pelembap, lakukan secara teratur, dan konsultasikan dengan dokter kulit jika diperlukan. Dengan menggunakan masker tomat dan gula secara rutin dan mengikuti tips yang tepat, Anda dapat memperoleh kulit wajah yang sehat, cerah, dan awet muda.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/7fDAlMOmdE

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/5V8v9BUzXn

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://shope.ee/nyb7OWf3

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

jurnal

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Tags