Temukan Manfaat Tanah Subur yang Luar Biasa

jurnal


Temukan Manfaat Tanah Subur yang Luar Biasa

Manfaat tanah subur adalah kondisi tanah yang memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang tinggi, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan tanaman. Tanah subur biasanya memiliki tekstur yang gembur, berwarna gelap, dan kaya akan bahan organik. Beberapa contoh tanah subur adalah tanah vulkanik, tanah aluvial, dan tanah humus.

Tanah subur sangat penting bagi pertanian karena dapat meningkatkan hasil panen dan kualitas tanaman. Tanaman yang tumbuh di tanah subur biasanya lebih sehat, lebih kuat, dan lebih tahan terhadap hama dan penyakit. Selain itu, tanah subur juga dapat membantu mengurangi erosi tanah dan meningkatkan kualitas air.

Manfaat tanah subur juga telah diakui sejak zaman dahulu. Dalam sejarah pertanian, masyarakat telah mengembangkan berbagai teknik untuk meningkatkan kesuburan tanah, seperti rotasi tanaman, penggunaan pupuk organik, dan irigasi. Di era modern, teknologi semakin berkembang dan banyak metode baru yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan tanah, seperti penggunaan pupuk kimia dan biofertilizer.

Manfaat Tanah Subur

Tanah subur sangat penting bagi pertanian karena dapat meningkatkan hasil panen dan kualitas tanaman. Berikut adalah 9 aspek penting manfaat tanah subur:

  • Pertumbuhan tanaman optimal
  • Kesehatan tanaman meningkat
  • Ketahanan tanaman terhadap hama dan penyakit
  • Pengurangan erosi tanah
  • Peningkatan kualitas air
  • Peningkatan hasil panen
  • Kualitas tanaman yang lebih baik
  • Peningkatan pendapatan petani
  • Ketahanan pangan

Tanah subur memiliki tekstur yang gembur, berwarna gelap, dan kaya akan bahan organik. Kondisi ini memungkinkan tanaman untuk tumbuh dengan baik dan menyerap nutrisi yang dibutuhkan. Tanah subur juga dapat membantu mengurangi erosi tanah dan meningkatkan kualitas air karena dapat menyerap air dengan baik dan mencegah limpasan air. Selain itu, tanah subur juga dapat meningkatkan pendapatan petani karena dapat meningkatkan hasil panen dan kualitas tanaman.

Pertumbuhan tanaman optimal

Pertumbuhan tanaman optimal merupakan salah satu manfaat utama tanah subur. Tanah subur menyediakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman dapat tumbuh dengan sehat dan kuat. Berikut adalah beberapa aspek penting pertumbuhan tanaman optimal:

  • Akar yang kuat dan sehat

    Tanah subur memiliki tekstur yang gembur dan kaya akan bahan organik, sehingga akar tanaman dapat tumbuh dengan mudah dan menyerap nutrisi yang dibutuhkan.

  • Daun yang rimbun dan hijau

    Tanah subur mengandung banyak nutrisi, seperti nitrogen, fosfor, dan kalium, yang penting untuk pertumbuhan daun yang sehat dan rimbun.

  • Batang yang kokoh

    Tanah subur menyediakan dukungan yang baik untuk batang tanaman, sehingga tanaman dapat tumbuh tegak dan kokoh.

  • Bunga dan buah yang lebat

    Tanah subur mengandung nutrisi yang cukup untuk mendukung pembungaan dan pembuahan, sehingga tanaman dapat menghasilkan bunga dan buah yang lebat.

Dengan demikian, pertumbuhan tanaman optimal merupakan salah satu manfaat utama tanah subur. Tanah subur menyediakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman dapat tumbuh dengan sehat dan kuat, serta menghasilkan hasil panen yang melimpah.

Kesehatan tanaman meningkat

Kesehatan tanaman yang meningkat merupakan manfaat penting dari tanah subur. Tanah subur menyediakan lingkungan yang optimal untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman, sehingga tanaman dapat tumbuh dengan sehat dan kuat, serta lebih tahan terhadap hama dan penyakit.

  • Ketahanan terhadap hama dan penyakit

    Tanah subur mengandung nutrisi yang cukup, seperti nitrogen, fosfor, dan kalium, yang penting untuk meningkatkan ketahanan tanaman terhadap hama dan penyakit. Tanaman yang sehat memiliki sistem kekebalan yang kuat, sehingga dapat melawan infeksi dan serangan hama dengan lebih baik.

  • Pertumbuhan tanaman yang seragam

    Tanah subur menyediakan nutrisi yang merata bagi semua tanaman, sehingga tanaman dapat tumbuh dengan seragam dan optimal. Pertumbuhan tanaman yang seragam memudahkan petani dalam mengelola tanaman dan meningkatkan hasil panen.

  • Kualitas hasil panen yang lebih baik

    Tanaman yang tumbuh di tanah subur menghasilkan buah dan sayuran yang lebih berkualitas. Buah dan sayuran tersebut memiliki ukuran yang lebih besar, rasa yang lebih enak, dan kandungan nutrisi yang lebih tinggi.

  • Peningkatan produktivitas tanaman

    Tanah subur meningkatkan produktivitas tanaman, karena tanaman dapat tumbuh dengan lebih cepat dan menghasilkan lebih banyak hasil panen. Hal ini dapat meningkatkan pendapatan petani dan berkontribusi pada ketahanan pangan.

Dengan demikian, kesehatan tanaman meningkat merupakan salah satu manfaat utama tanah subur. Tanah subur menyediakan lingkungan yang optimal untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman, sehingga tanaman dapat tumbuh dengan sehat dan kuat, serta menghasilkan hasil panen yang melimpah dan berkualitas tinggi.

Ketahanan Tanaman Terhadap Hama dan Penyakit

Ketahanan tanaman terhadap hama dan penyakit merupakan salah satu manfaat penting dari tanah subur. Tanah subur menyediakan lingkungan yang optimal untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman, sehingga tanaman dapat tumbuh dengan sehat dan kuat, serta lebih tahan terhadap hama dan penyakit.

Tanah subur mengandung nutrisi yang cukup, seperti nitrogen, fosfor, dan kalium, yang penting untuk meningkatkan ketahanan tanaman terhadap hama dan penyakit. Tanaman yang sehat memiliki sistem kekebalan yang kuat, sehingga dapat melawan infeksi dan serangan hama dengan lebih baik. Selain itu, tanah subur juga memiliki tekstur yang gembur dan drainase yang baik, sehingga dapat mencegah genangan air yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya hama dan penyakit.

Contoh nyata manfaat tanah subur bagi ketahanan tanaman terhadap hama dan penyakit dapat dilihat pada tanaman padi. Tanaman padi yang ditanam di tanah subur umumnya lebih tahan terhadap serangan hama wereng dan penyakit blas. Hal ini karena tanaman padi yang tumbuh di tanah subur memiliki sistem perakaran yang kuat dan daun yang sehat, sehingga dapat melawan serangan hama dan penyakit dengan lebih baik.

Memahami hubungan antara ketahanan tanaman terhadap hama dan penyakit dengan manfaat tanah subur sangat penting bagi petani. Dengan menyediakan tanah yang subur bagi tanaman, petani dapat meningkatkan ketahanan tanaman terhadap hama dan penyakit, sehingga dapat mengurangi penggunaan pestisida dan meningkatkan hasil panen. Hal ini dapat berkontribusi pada pertanian yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Pengurangan Erosi Tanah

Pengurangan erosi tanah merupakan salah satu manfaat penting dari tanah subur. Tanah subur memiliki struktur yang kuat dan kemampuan menahan air yang baik, sehingga dapat mencegah terjadinya erosi tanah.

  • Peran Struktur Tanah

    Tanah subur biasanya memiliki struktur yang berpori dan gembur, sehingga dapat menyerap air hujan dengan baik. Struktur tanah yang baik juga memungkinkan akar tanaman untuk tumbuh kuat dan dalam, sehingga dapat menahan tanah dan mencegah erosi.

  • Peran Bahan Organik

    Tanah subur mengandung banyak bahan organik, seperti humus dan kompos. Bahan organik membantu meningkatkan struktur tanah dan kemampuan menahan air. Selain itu, bahan organik juga menyediakan makanan bagi mikroorganisme tanah yang berperan dalam menjaga kesehatan tanah.

  • Peran Vegetasi

    Tanaman yang tumbuh di tanah subur memiliki sistem perakaran yang kuat dan daun yang lebat. Akar tanaman membantu menahan tanah, sementara daun tanaman membantu mengurangi kecepatan aliran air hujan. Kombinasi ini efektif dalam mencegah erosi tanah.

  • Peran Drainase

    Tanah subur memiliki drainase yang baik, sehingga air hujan dapat meresap dengan cepat dan tidak menggenang di permukaan tanah. Drainase yang baik mencegah terjadinya erosi tanah yang disebabkan oleh aliran air hujan yang deras.

Dengan demikian, tanah subur dapat mengurangi erosi tanah melalui struktur tanah yang kuat, kandungan bahan organik yang tinggi, vegetasi yang lebat, dan drainase yang baik. Pengurangan erosi tanah sangat penting untuk menjaga kesuburan tanah dan produktivitas pertanian.

Peningkatan Kualitas Air

Peningkatan kualitas air merupakan salah satu manfaat penting dari tanah subur. Tanah subur berperan sebagai filter alami yang dapat menyaring dan membersihkan air. Ketika air hujan meresap melalui tanah subur, partikel-partikel polutan, seperti bakteri, virus, dan bahan kimia, terperangkap dan diserap oleh tanah.

Tanah subur memiliki kemampuan ini karena memiliki struktur yang berpori dan kaya akan bahan organik. Struktur tanah yang berpori memungkinkan air meresap dengan mudah, sementara bahan organik membantu mengikat partikel-partikel polutan. Selain itu, tanah subur juga mengandung mikroorganisme yang membantu mengurai bahan-bahan organik dan polutan.

Peningkatan kualitas air sangat penting bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Air yang bersih dan sehat dapat mengurangi penyebaran penyakit, meningkatkan kualitas hidup, dan mendukung ekosistem yang sehat. Tanah subur berperan penting dalam menyediakan air bersih bagi masyarakat, terutama di daerah yang tidak memiliki akses ke air bersih.

Peningkatan Hasil Panen

Peningkatan hasil panen merupakan salah satu manfaat utama tanah subur. Tanah subur menyediakan lingkungan yang optimal bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman, sehingga tanaman dapat tumbuh dengan sehat dan produktif, serta menghasilkan hasil panen yang melimpah.

Tanah subur mengandung nutrisi yang cukup, seperti nitrogen, fosfor, dan kalium, yang penting untuk pertumbuhan tanaman. Selain itu, tanah subur juga memiliki tekstur yang gembur dan drainase yang baik, sehingga akar tanaman dapat tumbuh dengan mudah dan menyerap nutrisi secara optimal. Kondisi ini memungkinkan tanaman untuk tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah atau biji dalam jumlah yang banyak.

Contoh nyata manfaat tanah subur bagi peningkatan hasil panen dapat dilihat pada tanaman padi. Di daerah-daerah dengan tanah yang subur, petani dapat menghasilkan panen padi hingga 10 ton per hektar. Hal ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan hasil panen di daerah-daerah dengan tanah yang kurang subur, yang hanya dapat mencapai sekitar 5 ton per hektar.

Memahami hubungan antara peningkatan hasil panen dan manfaat tanah subur sangat penting bagi petani. Dengan menyediakan tanah yang subur bagi tanaman, petani dapat meningkatkan hasil panen mereka, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan berkontribusi pada ketahanan pangan.

Kualitas tanaman yang lebih baik

Kualitas tanaman yang lebih baik merupakan salah satu manfaat penting dari tanah subur. Tanah subur menyediakan lingkungan yang optimal untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman, sehingga tanaman dapat menghasilkan produk yang berkualitas tinggi, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Tanah subur mengandung nutrisi yang cukup, seperti nitrogen, fosfor, dan kalium, yang penting untuk pertumbuhan tanaman. Selain itu, tanah subur juga memiliki tekstur yang gembur dan drainase yang baik, sehingga akar tanaman dapat tumbuh dengan mudah dan menyerap nutrisi secara optimal. Kondisi ini memungkinkan tanaman untuk tumbuh dengan sehat dan menghasilkan produk yang berkualitas tinggi, seperti buah-buahan yang lebih besar, sayuran yang lebih renyah, dan biji-bijian yang lebih bernutrisi.

Meningkatkan kualitas tanaman sangat penting bagi petani dan konsumen. Petani dapat menjual produk berkualitas tinggi dengan harga yang lebih baik, sehingga dapat meningkatkan pendapatan mereka. Konsumen dapat menikmati produk berkualitas tinggi yang lebih sehat dan lezat. Selain itu, peningkatan kualitas tanaman juga dapat berkontribusi pada ketahanan pangan, karena tanaman berkualitas tinggi dapat menghasilkan lebih banyak makanan untuk memenuhi kebutuhan populasi yang terus bertambah.

Peningkatan Pendapatan Petani Melalui Manfaat Tanah Subur

Manfaat tanah subur tidak hanya berdampak positif pada kualitas dan kuantitas hasil panen, tetapi juga memiliki peran penting dalam meningkatkan pendapatan petani. Berikut adalah beberapa faktor utama yang menghubungkan peningkatan pendapatan petani dengan manfaat tanah subur:

  • Hasil Panen yang Melimpah

    Tanah subur menyediakan lingkungan yang optimal untuk pertumbuhan tanaman, sehingga menghasilkan panen yang lebih melimpah. Dengan hasil panen yang lebih banyak, petani dapat menjual lebih banyak produk dan memperoleh pendapatan yang lebih tinggi.

  • Kualitas Produk yang Lebih Baik

    Tanaman yang tumbuh di tanah subur menghasilkan produk yang berkualitas lebih baik, seperti buah-buahan yang lebih besar, sayuran yang lebih renyah, dan biji-bijian yang lebih bernutrisi. Produk berkualitas tinggi dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi, sehingga meningkatkan pendapatan petani.

  • Pengurangan Biaya Produksi

    Tanah subur membutuhkan lebih sedikit pupuk dan pestisida karena sudah kaya akan nutrisi dan memiliki ketahanan alami terhadap hama dan penyakit. Hal ini dapat mengurangi biaya produksi bagi petani dan meningkatkan keuntungan mereka.

  • Diversifikasi Pertanian

    Tanah subur memungkinkan petani untuk menanam berbagai jenis tanaman, termasuk tanaman bernilai tinggi dan tanaman ekspor. Diversifikasi pertanian dapat mengurangi risiko gagal panen dan meningkatkan pendapatan petani secara keseluruhan.

Dengan demikian, tanah subur merupakan aset berharga bagi petani karena dapat meningkatkan pendapatan mereka melalui berbagai cara. Dengan menyediakan lingkungan yang optimal untuk pertumbuhan tanaman, tanah subur membantu petani menghasilkan panen yang lebih melimpah, berkualitas lebih baik, dan lebih efisien, sehingga meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mereka.

Ketahanan Pangan

Ketahanan pangan merupakan kondisi ketika semua orang, setiap saat, memiliki akses fisik, sosial, dan ekonomi terhadap pangan yang cukup, aman, dan bergizi untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka dan menjalani kehidupan yang aktif dan sehat.

Manfaat tanah subur memiliki peran penting dalam ketahanan pangan. Tanah subur menyediakan lingkungan yang optimal untuk pertumbuhan tanaman, sehingga dapat menghasilkan panen yang melimpah dan berkualitas tinggi. Dengan demikian, tanah subur membantu meningkatkan produksi pangan dan ketersediaannya bagi masyarakat.

Selain itu, tanah subur juga dapat meningkatkan ketahanan pangan dengan mengurangi kerentanan terhadap guncangan dan tekanan. Tanah subur memiliki kapasitas menahan air yang baik, sehingga dapat mengurangi risiko kekeringan. Tanah subur juga dapat mengurangi erosi tanah, sehingga dapat mencegah degradasi lahan dan menjaga produktivitas pertanian dalam jangka panjang.

Secara praktis, memahami hubungan antara manfaat tanah subur dan ketahanan pangan sangat penting bagi pengambil kebijakan dan pemangku kepentingan lainnya. Dengan menginvestasikan dalam pengelolaan tanah yang berkelanjutan dan menjaga kesuburan tanah, pemerintah dan organisasi dapat berkontribusi pada ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat tanah subur telah didukung oleh banyak penelitian ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang terkenal dilakukan oleh Institut Penelitian Pertanian Internasional (IRRI) di Filipina. Studi ini membandingkan hasil panen padi di tanah subur dan tanah yang kurang subur. Hasilnya menunjukkan bahwa tanah subur menghasilkan hasil panen padi 30% lebih tinggi dibandingkan dengan tanah yang kurang subur.

Studi kasus lain yang menarik dilakukan di Kenya. Pemerintah Kenya bekerja sama dengan organisasi non-profit untuk menerapkan teknik pertanian berkelanjutan di lahan pertanian kecil. Teknik-teknik ini mencakup penggunaan pupuk organik, penanaman tanaman penutup, dan pengelolaan air yang baik. Hasilnya, produktivitas pertanian meningkat secara signifikan, dan pendapatan petani meningkat hingga 50%.

Namun, penting untuk dicatat bahwa manfaat tanah subur dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti iklim, jenis tanaman, dan praktik pengelolaan tanah. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi praktik terbaik untuk mengoptimalkan manfaat tanah subur di berbagai kondisi.

Meskipun demikian, bukti ilmiah dan studi kasus yang ada memberikan dukungan kuat untuk manfaat tanah subur dalam meningkatkan produktivitas pertanian dan ketahanan pangan.

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum (FAQ) yang terkait dengan manfaat tanah subur:

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Tanah Subur

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum (FAQ) yang terkait dengan manfaat tanah subur:

Pertanyaan 1: Apa saja faktor yang memengaruhi manfaat tanah subur?

Jawaban: Manfaat tanah subur dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti iklim, jenis tanaman, dan praktik pengelolaan tanah.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara meningkatkan kesuburan tanah?

Jawaban: Kesuburan tanah dapat ditingkatkan dengan menggunakan pupuk organik, menanam tanaman penutup, dan menerapkan praktik pengelolaan air yang baik.

Pertanyaan 3: Apa manfaat tanah subur bagi petani?

Jawaban: Tanah subur dapat meningkatkan pendapatan petani dengan menghasilkan panen yang lebih melimpah, berkualitas lebih baik, dan lebih efisien.

Pertanyaan 4: Bagaimana tanah subur berkontribusi pada ketahanan pangan?

Jawaban: Tanah subur membantu meningkatkan produksi pangan dan ketersediaannya bagi masyarakat, serta mengurangi kerentanan terhadap guncangan dan tekanan.

Pertanyaan 5: Apakah ada studi ilmiah yang mendukung manfaat tanah subur?

Jawaban: Ya, terdapat banyak penelitian ilmiah dan studi kasus yang mendukung manfaat tanah subur, seperti penelitian yang dilakukan oleh IRRI di Filipina dan studi kasus di Kenya.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara memanfaatkan manfaat tanah subur secara optimal?

Jawaban: Untuk memanfaatkan manfaat tanah subur secara optimal, perlu dilakukan identifikasi praktik terbaik untuk mengoptimalkan kesuburan tanah di berbagai kondisi, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti iklim, jenis tanaman, dan praktik pengelolaan tanah.

Dengan memahami manfaat tanah subur dan cara mengoptimalkannya, kita dapat meningkatkan produktivitas pertanian, ketahanan pangan, dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Baca Juga: Peran Penting Tanah Subur dalam Pertanian Berkelanjutan

Tips Mengoptimalkan Manfaat Tanah Subur

Untuk mengoptimalkan manfaat tanah subur dalam pertanian, terdapat beberapa tips penting yang dapat diterapkan:

Tip 1: Analisis Kesuburan Tanah
Lakukan analisis kesuburan tanah secara teratur untuk mengetahui kadar nutrisi dan pH tanah. Hasil analisis ini menjadi dasar untuk menentukan jenis dan jumlah pupuk yang dibutuhkan.

Tip 2: Gunakan Pupuk Organik
Gunakan pupuk organik seperti kompos atau pupuk kandang untuk meningkatkan kesuburan tanah secara alami. Pupuk organik memperbaiki struktur tanah, meningkatkan kapasitas menahan air, dan menyediakan nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Tip 3: Praktikkan Rotasi Tanaman
Praktikkan rotasi tanaman untuk mencegah penumpukan hama dan penyakit serta menjaga kesuburan tanah. Menanam jenis tanaman yang berbeda secara bergantian dapat membantu memulihkan nutrisi tanah dan mengurangi risiko erosi.

Tip 4: Tanam Tanaman Penutup
Tanam tanaman penutup seperti kacang-kacangan atau rumput pada lahan yang tidak ditanami. Tanaman penutup dapat mencegah erosi tanah, meningkatkan kesuburan tanah, dan menekan pertumbuhan gulma.

Tip 5: Terapkan Irigasi yang Efisien
Terapkan irigasi yang efisien untuk menghindari genangan air dan erosi tanah. Gunakan sistem irigasi tetes atau mulsa untuk menghemat air dan menjaga kelembapan tanah.

Tip 6: Kelola Hama dan Penyakit Secara Alami
Gunakan metode pengendalian hama dan penyakit secara alami seperti pestisida nabati atau musuh alami. Hindari penggunaan pestisida kimia yang berlebihan untuk menjaga kesehatan tanah dan lingkungan.

Tip 7: Konservasi Tanah
Terapkan teknik konservasi tanah seperti terasering atau penyangga vegetasi untuk mencegah erosi tanah. Erosi tanah dapat mengurangi kesuburan tanah dan produktivitas pertanian.

Tip 8: Pendidikan dan Pelatihan
Lakukan pendidikan dan pelatihan bagi petani tentang praktik pengelolaan tanah yang baik. Dengan memahami prinsip-prinsip kesuburan tanah, petani dapat mengelola lahan pertanian mereka secara berkelanjutan dan mengoptimalkan manfaat tanah subur.

Dengan menerapkan tips-tips ini secara konsisten, petani dapat mengoptimalkan manfaat tanah subur, meningkatkan produktivitas pertanian, dan menjaga kesehatan tanah untuk generasi mendatang.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa manfaat tanah subur sangat penting bagi pertanian dan ketahanan pangan. Tanah subur menyediakan lingkungan yang optimal untuk pertumbuhan tanaman, meningkatkan hasil panen, dan kualitas produk pertanian. Dengan demikian, tanah subur berkontribusi pada kesejahteraan petani dan masyarakat secara keseluruhan.

Untuk mengoptimalkan manfaat tanah subur, diperlukan pengelolaan tanah yang berkelanjutan. Hal ini mencakup praktik-praktik seperti analisis kesuburan tanah, penggunaan pupuk organik, rotasi tanaman, penanaman tanaman penutup, irigasi yang efisien, pengendalian hama dan penyakit secara alami, konservasi tanah, serta pendidikan dan pelatihan bagi petani. Dengan mengelola tanah secara berkelanjutan, kita dapat menjaga kesuburan tanah dan memastikan manfaatnya dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Youtube Video:



Artikel Terkait

Bagikan:

jurnal

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.