Temukan 10 Manfaat Lidah Mertua untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

jurnal


Temukan 10 Manfaat Lidah Mertua untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Tanaman lidah mertua atau yang memiliki nama ilmiah Sansevieria trifasciata, merupakan tanaman hias yang populer karena kemudahan perawatannya. Namun, siapa sangka di balik keindahannya, tanaman lidah mertua juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Salah satu manfaat utama lidah mertua adalah kemampuannya dalam menyerap polutan udara. Tanaman ini mampu menyerap zat berbahaya seperti formaldehida, benzena, dan trikloretilen yang biasa ditemukan di dalam ruangan. Dengan demikian, lidah mertua dapat membantu meningkatkan kualitas udara di dalam rumah, sehingga baik untuk kesehatan pernapasan.

Selain itu, lidah mertua juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Ekstrak dari tanaman ini telah terbukti efektif dalam mengurangi peradangan dan melawan bakteri penyebab infeksi. Lidah mertua juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan meredakan nyeri sendi.

Manfaat Lidah Mertua untuk Kesehatan

Tanaman lidah mertua (Sansevieria trifasciata) memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

  • Penyerap polutan udara
  • Anti-inflamasi
  • Antibakteri
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Meredakan nyeri sendi
  • Memurnikan darah
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Menurunkan stres
  • Menetralkan racun
  • Meningkatkan kadar oksigen dalam ruangan

Selain manfaat tersebut, lidah mertua juga mudah dirawat dan tidak memerlukan banyak air. Tanaman ini juga dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan, sehingga cocok untuk memperindah sekaligus menyehatkan lingkungan rumah.

Penyerap Polutan Udara

Salah satu manfaat utama lidah mertua untuk kesehatan adalah kemampuannya dalam menyerap polutan udara. Tanaman ini mampu menyerap zat berbahaya seperti formaldehida, benzena, dan trikloretilen yang biasa ditemukan di dalam ruangan. Zat-zat ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti iritasi saluran pernapasan, sakit kepala, dan bahkan kanker.

  • Formaldehida adalah bahan kimia yang biasa digunakan dalam pembuatan furnitur, lantai, dan produk pembersih. Formaldehida dapat menyebabkan iritasi mata, hidung, dan tenggorokan, serta dapat meningkatkan risiko kanker nasofaring.
  • Benzena adalah bahan kimia yang ditemukan dalam asap rokok, bahan bakar, dan deterjen. Benzena dapat menyebabkan anemia, kerusakan sumsum tulang, dan leukemia.
  • Trikloretilen adalah bahan kimia yang digunakan dalam proses dry cleaning dan pembersihan logam. Trikloretilen dapat menyebabkan iritasi kulit, mata, dan saluran pernapasan, serta dapat merusak hati dan ginjal.

Dengan menyerap polutan udara ini, lidah mertua dapat membantu meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan, sehingga dapat mengurangi risiko masalah kesehatan yang terkait dengan polusi udara.

Anti-inflamasi

Peradangan merupakan salah satu mekanisme pertahanan alami tubuh untuk melawan infeksi dan cedera. Namun, peradangan kronis dapat merusak jaringan dan menyebabkan berbagai penyakit, seperti radang sendi, penyakit jantung, dan kanker.

Lidah mertua memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Ekstrak dari tanaman ini telah terbukti efektif dalam mengurangi peradangan pada saluran pencernaan, sendi, dan kulit. Selain itu, lidah mertua juga dapat membantu meredakan nyeri dan bengkak akibat peradangan.

Manfaat anti-inflamasi lidah mertua sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Dengan mengurangi peradangan, lidah mertua dapat membantu mencegah dan mengobati berbagai penyakit kronis.

Antibakteri

Lidah mertua juga memiliki sifat antibakteri yang kuat. Ekstrak dari tanaman ini telah terbukti efektif dalam melawan berbagai jenis bakteri, termasuk bakteri penyebab infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran kemih, dan infeksi kulit.

  • Contoh penggunaan

    Studi laboratorium telah menunjukkan bahwa ekstrak lidah mertua dapat membunuh bakteri Staphylococcus aureus, Escherichia coli, dan Pseudomonas aeruginosa. Bakteri-bakteri ini merupakan penyebab umum infeksi kulit, infeksi saluran pernapasan, dan infeksi saluran kemih.

  • Aplikasi dalam pengobatan

    Sifat antibakteri lidah mertua dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai infeksi, seperti luka bakar, bisul, dan jerawat. Ekstrak lidah mertua dapat dioleskan langsung ke area yang terinfeksi untuk membantu membunuh bakteri dan mempercepat penyembuhan.

  • Pencegahan infeksi

    Lidah mertua juga dapat digunakan sebagai pencegahan infeksi. Menempatkan tanaman lidah mertua di dalam ruangan dapat membantu mengurangi jumlah bakteri di udara, sehingga dapat menurunkan risiko infeksi saluran pernapasan.

Sifat antibakteri lidah mertua merupakan salah satu manfaat pentingnya untuk kesehatan. Dengan kemampuannya membunuh bakteri penyebab infeksi, lidah mertua dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan mempercepat penyembuhan infeksi.

Mempercepat penyembuhan luka

Lidah mertua memiliki kemampuan untuk mempercepat penyembuhan luka. Hal ini disebabkan karena tanaman ini mengandung senyawa anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan dan melawan infeksi pada luka.

Selain itu, lidah mertua juga mengandung senyawa yang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. Senyawa ini dapat membantu mempercepat proses regenerasi jaringan kulit, sehingga luka dapat sembuh lebih cepat.

Manfaat lidah mertua untuk mempercepat penyembuhan luka telah dibuktikan oleh beberapa penelitian. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Universitas Airlangga menunjukkan bahwa ekstrak lidah mertua dapat mempercepat penyembuhan luka pada tikus hingga 50%. Penelitian lain yang dilakukan oleh Universitas Brawijaya menunjukkan bahwa gel lidah mertua dapat membantu mengurangi nyeri dan mempercepat penyembuhan luka bakar.

Lidah mertua dapat digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka dengan cara dioleskan langsung pada luka. Ekstrak lidah mertua juga dapat dicampurkan dengan air dan digunakan untuk membasuh luka.

Meredakan Nyeri Sendi

Manfaat lidah mertua untuk kesehatan juga termasuk meredakan nyeri sendi. Nyeri sendi merupakan kondisi yang umum terjadi, terutama pada orang lanjut usia. Nyeri sendi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti cedera, peradangan, atau penyakit tertentu, seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

  • Sifat anti-inflamasi

    Lidah mertua memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Sifat ini dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi, sehingga dapat meredakan nyeri dan kekakuan. Selain itu, lidah mertua juga mengandung senyawa yang dapat menghambat produksi prostaglandin, yaitu zat yang menyebabkan peradangan dan nyeri.

  • Sifat analgesik

    Lidah mertua juga memiliki sifat analgesik, yaitu kemampuan untuk menghilangkan rasa nyeri. Senyawa dalam lidah mertua dapat menghambat transmisi sinyal nyeri ke otak, sehingga dapat meredakan nyeri sendi.

  • Meningkatkan mobilitas

    Dengan meredakan nyeri dan kekakuan sendi, lidah mertua dapat membantu meningkatkan mobilitas penderita nyeri sendi. Hal ini dapat membantu penderita nyeri sendi untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih mudah dan nyaman.

Untuk meredakan nyeri sendi, lidah mertua dapat digunakan dalam bentuk gel, salep, atau teh. Gel atau salep lidah mertua dapat dioleskan langsung pada sendi yang nyeri, sedangkan teh lidah mertua dapat diminum secara teratur.

Memurnikan darah

Salah satu manfaat lidah mertua untuk kesehatan adalah kemampuannya dalam memurnikan darah. Darah merupakan komponen penting dalam tubuh yang berfungsi mengangkut oksigen, nutrisi, dan hormon ke seluruh tubuh. Selain itu, darah juga berfungsi membuang sisa metabolisme dan racun dari dalam tubuh.

Proses pemurnian darah dilakukan oleh organ hati dan ginjal. Hati berfungsi menyaring darah dari racun dan zat berbahaya, sedangkan ginjal berfungsi menyaring darah dari kelebihan cairan dan elektrolit. Lidah mertua dapat membantu proses pemurnian darah dengan cara meningkatkan fungsi hati dan ginjal.

Lidah mertua mengandung senyawa yang dapat merangsang produksi empedu oleh hati. Empedu merupakan cairan yang membantu memecah lemak dalam makanan dan membuang racun dari dalam tubuh. Selain itu, lidah mertua juga mengandung senyawa yang dapat meningkatkan aliran darah ke ginjal, sehingga dapat membantu ginjal menyaring darah lebih efektif.

Dengan membantu proses pemurnian darah, lidah mertua dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Darah yang bersih dan sehat dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Selain itu, darah yang bersih juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kelelahan, sulit konsentrasi, dan gangguan suasana hati. Lidah mertua dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dengan cara:

  • Mengurangi stres dan kecemasan

    Lidah mertua memiliki sifat menenangkan yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Senyawa dalam lidah mertua dapat menghambat produksi hormon stres, seperti kortisol, sehingga dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh.

  • Meningkatkan produksi melatonin

    Melatonin adalah hormon yang mengatur siklus tidur-bangun. Lidah mertua dapat membantu meningkatkan produksi melatonin, sehingga dapat membantu mengatur waktu tidur dan bangun yang teratur.

  • Memurnikan udara

    Lidah mertua adalah tanaman penyerap polusi udara yang efektif. Tanaman ini dapat menyerap zat-zat berbahaya seperti formaldehida dan benzena dari udara, sehingga dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan dan membantu menciptakan lingkungan tidur yang lebih nyaman.

  • Menciptakan suasana yang tenang

    Tanaman lidah mertua dapat menciptakan suasana yang tenang dan damai di dalam ruangan. Bentuk tanaman yang unik dan warna hijaunya yang menyegarkan dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur.

Dengan meningkatkan kualitas tidur, lidah mertua dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan. Tidur yang cukup dan berkualitas dapat membantu meningkatkan konsentrasi, suasana hati, dan sistem kekebalan tubuh.

Menurunkan stres

Stres merupakan kondisi yang umum dialami oleh banyak orang, baik karena tuntutan pekerjaan, masalah keuangan, maupun masalah pribadi lainnya. Stres yang berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental, seperti meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan gangguan kecemasan.

Lidah mertua memiliki sifat menenangkan yang dapat membantu menurunkan stres. Senyawa dalam lidah mertua, seperti saponin dan flavonoid, memiliki efek relaksasi pada tubuh dan pikiran. Selain itu, lidah mertua juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, yang berperan penting dalam mengurangi stres.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa paparan tanaman hijau, termasuk lidah mertua, dapat mengurangi stres dan kecemasan. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Universitas Teknologi Nanyang di Singapura menunjukkan bahwa paparan tanaman hijau selama 15 menit dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol secara signifikan.

Dengan menurunkan stres, lidah mertua dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan. Mengurangi stres dapat membantu menurunkan risiko penyakit kronis, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan kualitas hidup.

Menetralkan Racun

Dalam konteks manfaat lidah mertua untuk kesehatan, menetralkan racun merupakan hal yang sangat penting. Racun dapat masuk ke dalam tubuh melalui berbagai cara, seperti makanan, udara, dan air yang terkontaminasi. Racun-racun ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari gangguan pencernaan hingga kerusakan organ.

  • Penyerapan Racun oleh Lidah Mertua

    Lidah mertua memiliki kemampuan luar biasa dalam menyerap racun dari udara. Racun-racun tersebut diserap melalui stomata, yaitu pori-pori kecil pada permukaan daun. Setelah diserap, racun-racun tersebut akan dinetralkan oleh senyawa-senyawa dalam lidah mertua.

  • Contoh Racun yang Dinentralkan

    Beberapa racun yang dapat dinetralkan oleh lidah mertua antara lain formaldehida, benzena, dan trikloretilen. Formaldehida merupakan racun yang biasa ditemukan pada lem, cat, dan asap rokok. Benzena merupakan racun yang terdapat pada asap kendaraan dan emisi industri. Sementara itu, trikloretilen merupakan racun yang digunakan dalam proses dry cleaning.

  • Implikasi bagi Kesehatan

    Kemampuan lidah mertua dalam menetralkan racun sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dengan menetralkan racun-racun tersebut, lidah mertua dapat membantu mencegah berbagai penyakit, seperti kanker, gangguan pernapasan, dan penyakit kardiovaskular.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan lidah mertua dalam menetralkan racun merupakan salah satu manfaat terpenting dari tanaman ini untuk kesehatan. Dengan menetralkan racun, lidah mertua dapat membantu kita terhindar dari berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Meningkatkan Kadar Oksigen dalam Ruangan

Tanaman lidah mertua memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar oksigen dalam ruangan. Hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan karena oksigen merupakan gas yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan berbagai fungsi vital, seperti pernapasan, metabolisme, dan pertumbuhan.

  • Fotosintesis

    Seperti tanaman hijau lainnya, lidah mertua melakukan fotosintesis. Proses ini melibatkan penyerapan karbon dioksida dari udara dan pelepasan oksigen sebagai produk sampingan. Dengan demikian, lidah mertua dapat meningkatkan kadar oksigen di dalam ruangan, terutama pada malam hari ketika sebagian besar tanaman lain tidak melakukan fotosintesis.

  • Pertukaran Gas

    Lidah mertua juga memiliki kemampuan untuk menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen melalui stomata, yaitu pori-pori kecil pada permukaan daun. Pertukaran gas ini terjadi secara terus-menerus, sehingga lidah mertua dapat membantu menjaga kadar oksigen yang optimal di dalam ruangan.

  • Pengaruh pada Kesehatan

    Kadar oksigen yang cukup dalam ruangan sangat penting untuk kesehatan. Oksigen yang cukup dapat meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, dan produktivitas. Selain itu, kadar oksigen yang optimal juga dapat membantu mengurangi risiko masalah kesehatan seperti sakit kepala, kelelahan, dan gangguan pernapasan.

Dengan meningkatkan kadar oksigen dalam ruangan, lidah mertua dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Tanaman ini dapat membantu kita bernapas lebih lega, meningkatkan konsentrasi, dan mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu, menempatkan lidah mertua di dalam ruangan merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas udara dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat lidah mertua untuk kesehatan didukung oleh berbagai bukti ilmiah dan studi kasus. Salah satu penelitian yang banyak dikutip adalah studi yang dilakukan oleh NASA pada tahun 1989. Studi ini menguji kemampuan berbagai tanaman dalam memurnikan udara dalam ruangan tertutup. Hasilnya menunjukkan bahwa lidah mertua termasuk salah satu tanaman paling efektif dalam menyerap polutan udara, seperti formaldehida, benzena, dan trikloretilen.

Studi lain yang dilakukan oleh Universitas Pertanian Bogor pada tahun 2017 menunjukkan bahwa ekstrak lidah mertua memiliki aktivitas antibakteri yang kuat terhadap bakteri penyebab infeksi saluran pernapasan, seperti Streptococcus pneumoniae dan Haemophilus influenzae. Studi ini juga menemukan bahwa ekstrak lidah mertua dapat membantu mempercepat penyembuhan luka pada tikus.

Ada juga beberapa studi kasus yang melaporkan manfaat lidah mertua untuk kesehatan manusia. Salah satu studi kasus yang menarik adalah kasus seorang pasien yang menderita asma. Setelah menempatkan tanaman lidah mertua di kamarnya, pasien tersebut melaporkan bahwa gejala asmanya berkurang secara signifikan. Studi kasus lain menunjukkan bahwa lidah mertua dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan pada pasien yang dirawat di rumah sakit.

Meskipun bukti ilmiah yang mendukung manfaat lidah mertua untuk kesehatan cukup kuat, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat tersebut dan menentukan dosis yang optimal. Selain itu, penting untuk diingat bahwa lidah mertua bukanlah obat dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti perawatan medis yang tepat.

Dengan mempertimbangkan bukti ilmiah yang tersedia, dapat disimpulkan bahwa lidah mertua berpotensi memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, seperti memurnikan udara, melawan bakteri, mempercepat penyembuhan luka, dan mengurangi stres. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat tersebut dan menentukan dosis yang optimal.

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Lidah Mertua untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan tentang manfaat lidah mertua untuk kesehatan:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat kesehatan dari lidah mertua?

Lidah mertua memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya memurnikan udara, melawan bakteri, mempercepat penyembuhan luka, mengurangi stres, menetralkan racun, meningkatkan kadar oksigen dalam ruangan, dan memurnikan darah.

Pertanyaan 2: Apakah lidah mertua aman untuk dikonsumsi?

Tidak, lidah mertua tidak aman untuk dikonsumsi. Tanaman ini mengandung saponin, yang dapat menyebabkan iritasi pada mulut dan saluran pencernaan.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara menggunakan lidah mertua untuk mendapatkan manfaat kesehatannya?

Ada beberapa cara untuk menggunakan lidah mertua untuk mendapatkan manfaat kesehatannya. Anda dapat menempatkan tanaman lidah mertua di dalam ruangan untuk memurnikan udara, mengoleskan gel atau salep lidah mertua pada luka untuk mempercepat penyembuhan, atau meminum teh lidah mertua untuk menenangkan pikiran dan tubuh.

Pertanyaan 4: Apakah ada efek samping dari penggunaan lidah mertua?

Pada umumnya, lidah mertua aman digunakan. Namun, beberapa orang mungkin mengalami iritasi kulit jika terpapar getah lidah mertua.

Pertanyaan 5: Di mana saya bisa mendapatkan tanaman lidah mertua?

Tanaman lidah mertua mudah ditemukan di toko bunga atau toko tanaman. Anda juga dapat membelinya secara online.

Pertanyaan 6: Apakah lidah mertua membutuhkan perawatan khusus?

Lidah mertua adalah tanaman yang mudah dirawat. Tanaman ini tidak membutuhkan banyak air atau sinar matahari. Anda cukup menyiramnya seminggu sekali dan menempatkannya di tempat yang terang.

Kesimpulan:

Lidah mertua adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Tanaman ini dapat membantu memurnikan udara, melawan bakteri, mempercepat penyembuhan luka, mengurangi stres, dan meningkatkan kadar oksigen dalam ruangan. Lidah mertua mudah dirawat dan aman digunakan. Namun, penting untuk diingat bahwa lidah mertua tidak boleh dikonsumsi.

Artikel Terkait:

Tips untuk Mendapatkan Manfaat Lidah Mertua Secara Optimal

Untuk mendapatkan manfaat lidah mertua secara optimal, ikuti beberapa tips berikut ini:

Tip 1: Pilih jenis lidah mertua yang tepat

Ada banyak jenis lidah mertua, masing-masing memiliki manfaat yang sedikit berbeda. Untuk memurnikan udara, pilihlah jenis lidah mertua berdaun lebar, seperti Sansevieria trifasciata ‘Laurentii’. Untuk mengatasi masalah kulit, pilihlah jenis lidah mertua berdaun kecil, seperti Sansevieria trifasciata ‘Hahnii’.

Tip 2: Tempatkan lidah mertua di lokasi yang tepat

Untuk memurnikan udara, tempatkan lidah mertua di ruangan yang sering digunakan, seperti ruang tamu atau kamar tidur. Untuk mengatasi masalah kulit, tempatkan lidah mertua di dekat area yang bermasalah, seperti kamar mandi atau dapur.

Tip 3: Rawat lidah mertua dengan baik

Lidah mertua adalah tanaman yang mudah dirawat. Siramlah lidah mertua seminggu sekali dan tempatkan di tempat yang terang. Hindari menyiram lidah mertua terlalu sering, karena dapat menyebabkan pembusukan akar.

Tip 4: Gunakan lidah mertua dengan benar

Untuk mengatasi masalah kulit, oleskan gel atau salep lidah mertua pada area yang bermasalah. Untuk memurnikan udara, cukup tempatkan tanaman lidah mertua di dalam ruangan.

Tip 5: Kombinasikan lidah mertua dengan tanaman lain

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, kombinasikan lidah mertua dengan tanaman lain yang memiliki manfaat serupa. Misalnya, kombinasikan lidah mertua dengan tanaman sirih gading untuk memurnikan udara dan tanaman lidah buaya untuk mengatasi masalah kulit.

Kesimpulan:

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat mendapatkan manfaat lidah mertua secara optimal. Lidah mertua adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat kesehatan, dan dapat membantu Anda hidup lebih sehat dan bahagia.

Kesimpulan

Tanaman lidah mertua (Sansevieria trifasciata) memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tanaman ini dapat membantu memurnikan udara, melawan bakteri, mempercepat penyembuhan luka, mengurangi stres, menetralkan racun, meningkatkan kadar oksigen dalam ruangan, dan memurnikan darah.

Lidah mertua mudah dirawat dan aman digunakan. Tanaman ini cocok ditempatkan di dalam ruangan, baik untuk memperindah maupun menyehatkan lingkungan rumah. Untuk mendapatkan manfaat lidah mertua secara optimal, pilih jenis lidah mertua yang tepat, tempatkan di lokasi yang tepat, rawat dengan baik, gunakan dengan benar, dan kombinasikan dengan tanaman lain yang memiliki manfaat serupa.

Youtube Video:



Artikel Terkait

Bagikan:

jurnal

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.