Lompat ke isi utama
Terapi Air pada anak cerebral palsy

Manfaat Hidroterapi terhadap Anak Cerebral Palsy

Solider.or.id, Yogyakarta-r Hidroterapi atau terapi dengan air, merupakan sebuah langkah penanganan untuk mengurangi tingkat kekakuan pada anak Cerebral palsy (CP). Anak CP biasanya mengalami kesulitan bergerak karena kekakuan pada otot-ototnya. Ketika di air, umumnya otot-otot yang kaku akan lebih mudah digerakkan.

Hal tersebut dipaparkan oleh Dr. Bambang Trisnowiyanto, S.Pd., SKM.,Mor, ahli terapi air dari kota Solo, pada pertemuan bulanan Wahana Keluarga Cerebral Palsy, yang berlangsung di Lobby Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Yogyakarta, Jalan Timoho, Minggu (14/2/2016).

Terapi dengan air berguna bagi anak-anak yang mengalami gangguan, terutama gangguan gerak akibat spastisitas, misal pada anak CP, bisa juga bagi anak dengan Down Syndrome (DS) maupun anak dengan Attention Deficit Hiperactive Disorder (ADHD).

Pada anak yang mengalami kesulitan bergerak karena kekakuan, ketika di air, umumnya dia akan lebih mudah bergerak. Dengan demikian diharapkan spastisitas anak akan berkurang mengingat adanya bantuan berupa dorongan air yang sifatnya bisa melenturkan gerak tubuh. Meskipun tidak semua anak dengan gangguan tersebut dapat diberikan terapi air, tapi terapi ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif.

“Dorongan air memiliki sifat dapat melenturkan gerak tubuh. Meskipun tidak semua anak dengan CP dapat diberikan hidroterapi, tapi terapi ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif,” ujar Bambang.

Pada kesempatan tersebut, setiap anak anggota WKCP akan dinilai kebutuhannya (asesment) untuk ditentukan memungkinkan atau tidaknya dilakukan hidroterapi. Selanjutnya, hidroterapi dijadwalkan akan dilaksanakan pada Minggu, 28 Februari 2016, di kolam renang Yakkum (Yayasan Kristen Untuk Kesejahteraan Umum), Jalan Kaliurang Yogyakarta.

The subscriber's email address.