Lompat ke isi utama
Miss Deaf Suarakan Kota Batu Inklusif Sel, 07/11/2017 - 13:29

Solider.or.id, Batu - Peraih Runner-up 2 pada ajang internasional Miss Deaf World 2011,

Dian Inggrawati Soebangil berkunjung ke Kota Batu, selain urusan pekerjaan sebagai staff Kemensos, kesempatan ini ia gunakan bertemu walikota dan komunitas tuli untuk menyuarakan inklusivitas.

Berita
Berita

Forum Masyarakat Peduli Kesehatan Dukung Advokasi Kesehatan Difabel

Solider.or.id, Malang - Forum Masyarakat Peduli Kesehatan (FMPK) mendukung upaya advokasi kesehatan difabel di Malang Raya. Disampaikan Koordinator FMPK, iwan usai rapat koordinasi di Kota Batu (8/10). Rapat selain dihadiri internal FMPK juga dihadiri elemen Forum Malang Inklusi (FOMI) dan Malang Corruption Watch (MCW). Mereka bersinergi untuk mengawal kebijakan Pemerintah dalam pemenuhan hak-hak kesehatan masyarakat.

Berita

Peringati Hari Tuli Internasional, Suarakan Inklusi Penuh dengan Bahasa Isyarat

Solider.or.id, Malang - Aksi Arek Tuli (Akar Tuli) dan Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Malang menyuarakan inklusi penuh dengan bahasa isyarat pada peringatan Hari Tuli Internasional di lokasi Car Free Day (CFD) Jalan Ijen, Malang (24/9). Mereka berharap masyarakat sadar bahwa tuli sebagai identitas adalah bagian dari keragaman Indonesia dengan bahasa isyarat sebagai pintu aksesibilitas menuju kesetaraan.

Artikel

Fasilitas Umum Kota Malang Belum Aksesibel, Keterlibatan Difabel dalam Pembangunan Mutlak Diperlukan

Solider.id, Malang - Setiap ada kabar fasilitas umum ramah difabel di Kota Malang yang kerap kali disebarkan melalui media online maupun cetak, menarik saya ingin mengunjunginya. Selain untuk mengapresiasi upaya Pemkot juga untuk memastikan kebenaran informasi tersebut. Jika belum sempat mengunjunginya beberapa teman difabel yang hobi jalan-jalan yang akan segera mengabarkannya.

Artikel

Pentingnya Unit Layanan Disabilitas per Kecamatan di Kota Malang

Solider.or.id, Malang - Forum Malang Inklusi (FOMI) meminta Pemerintah Kota Malang mendirikan unit-unit layanan disabilitas (ULD) per kecamatan untuk memastikan terakomodasinya aspirasi masyarakat berkebutuhan khusus. Unit ini akan berfungsi sebagai pusat data dan informasi pengaduan serta kontrol aksesibilitas yang dapat dijangkau secara mudah oleh difabel.

Difabelitik

Fiqih Difabel dan Aksesibilitas Menuju Pintu Surga

Solider.or.id, Malang – Persoalan aksesibilitas tempat ibadah adalah problem serius bagi difabel. Indonesia dengan mayoritas muslim terbesar di dunia, Belum cukup memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap difabel, terutama dalam aspek pemenuhan hak terhadap aksesibilitas tempat ibadah

Artikel

Jalan Ijen di Malang Belum Ramah Difabel

Solider.or.id, Malang - Warga Malang siapa yang tak kenal Jalan Ijen? Setiap tahun tempat yang asri dengan deretan pohon palem ini menjadi lokasi acara Malang Tempo Doeloe. Tempat ini juga setiap Minggu menjadi lokasi Car Free Day (CFD) yang ramai dikunjungi masyarakat untuk berbagai kegiatan seperti jalan-jalan, jogging, senam, bermain sepeda serta ajang pamer kegiatan komunitas. Kawasan jalan Ijen merupakan wisata sejarah Kota Malang yang menyuguhkan pemandangan bangunan-bangunan kuno peninggalan Belanda.

Artikel

Peran Orangtua dan Masyarakat serta Hak Anak Difabel dalam Advokasi Pendidikan

Solider.or.id, Malang - Pendidikan adalah salah satu hak anak difabel. Hal itu termuat dalam pasal 5 UU No. 8 Tahun 2016 yang dalam realitas di masyarakat masih banyak terabaikan. Lintas organisasi yang tergabung dalam Forum Malang Inklusi (FOMI) menyuarakan pentingnya peran orangtua dan lingkungan serta hak anak untuk terlibat dalam pemenuhan hak pendidikan.

LifeStyle

Bahasa Isyarat, Manfaat Serta Sosialisasi di Malang

Solider.or.id, Malang - Sosialisasi bahasa isyarat Indonesia (Bisindo) belakangan makin berkembang dan meluas di kota Malang. tak hanya warga tuli yang mempelajari melainkan juga warga nontuli dengan berbagai ragam latar belakang seperti pegawai negeri sipil hingga komunitas punk (anak jalanan). Masyarakat belajar melalui pelatihan umum oleh komunitas tuli dan program kerjasama lintas komunitas Forum Malang Inklusi (FOMI). Hal itu adalah indikasi makin meningkatnya atensi masyarakat pada bahasa isyarat dan kepedulian pada persoalan difabel.

Berlangganan malang
The subscriber's email address.