Lompat ke isi utama
Muhammad Hafid Akbar, Pendidikan Inklusif dan Ketakutan Orangtua Atas Stigma Kam, 30/11/2017 - 11:40

Solider.or.id, Surakarta- Anak kecil berseragam celana merah hati dan kemeja putih itu duduk di samping sang ayah, bersama ketiga kawan lainnya disertai pendamping mereka. Ada Siti Rahayu,Tuli dari Ngandong Boyolali yang bersekolah di Madrasah Ibtidaiyah desa setempat. Lalu Fery dan Galang dua anak penghuni asrama SLB Anugerah Karanganyar bersama pendamping.

LifeStyle
LifeStyle

Sinta Al Qirul Wati, Dukungan Keluarga Membuatnya Peroleh Hak Pendidikan

Solider.or.id, Yogyakarta – perjuangan seorang difabel untuk menempuh pendidikan memang unik. Lain orang pasti akan lain ceritanya. Sistem pendidikan serta belum banyaknya ketersediaan tenaga pendidik yang mampu dan faham menangani anak difabel membuatnya menarik untuk disimak. Salah satunya Sinta Al Qirul Wati, ia adalah difabel lambat belajar yang tak lelah berjuang menempuh jalur pendidikan formal.

LifeStyle

Istilah Difabel Lebih Berpihak dan Egaliter

Solider.or.id, Malang - Menarik ketika berdiskusi dengan salah satu pendiri Difabel Motorcycle Indonesia (DMI) Malang. Slamet Riyadi beberapa hari lalu di kediamannya. Ia berpendapat bahwa istilah difabel lebih menempatkan orang dengan kebutuhan khusus kedalam harkat dan martabat yang setara dengan masyarakat lainnya.

Dari Services Kursi Roda sampai Modifikasi Motor Roda Tiga Sen, 13/11/2017 - 15:52

FPDB merupakan salah satu organisasi difabel di Bantul yang masih eksis hingga kini. Selain terus memperjuangkan hak-hak difabel, mereka punya cara unik untuk terus-menerus membuat organiisasi mereka punya dana operasional. Bengkel kursi roda dan modifikasi motor roda tiga adalah jalannya.

LifeStyle
Mengenal Ragam Model Modifikasi Sepeda Motor Roda Tiga di Bengkel FPDB Sen, 13/11/2017 - 13:21

Sepeda motor roda tiga adalah salah satu akseesibilitas bagi difabel agar dapat bermobilitas. Sepeda motor roda tiga memiliki beragam jenis. FPDB merupakan salah satu bengkel yang ahli membuat beragam motor roda tiga

LifeStyle
Nasiyem: Difabel Netra yang Diabaikan Hak Politiknya Sab, 11/11/2017 - 09:36

Solider.or.id.Yogyakarta.Meski sudah ada regulasi yang mengatur tentang pemenuhan hak dan partisipasi kelompok masyarakat difabel dalam politik pemilihan umum (pemilu), namun dalam pelaksanaannya hak mereka masih saja terabaikan.

Ngopo ming wong kaya ngono wae, kok arep melu pemilu. [Untuk apa orang begitu saja kok mau ikut dalam pemilu-red].” Nasiyem, difabel netra dari Gunung Kidul menyampaikan pengalamannya saat dirinya ditolak mengikuti pemilu oleh perangkat di desanya.

LifeStyle
LifeStyle

Kapan Saja Nondifabel Bisa Menjadi Difabel

Solider.or.id. Banjarnegara. Pada sesi pertama Lokakarya Perencanaan-Penganggaran Pembangunan Inklusi yang diadakan SIGAB (24-26/10), Marthella Rivera Roidatua, Staf Perlindungan dan Kesejahteraan Masyarakat BAPPENAS, menutup sesi itu dengan sebuah pertanyaan jitu. Saat itu Marthella sedang mencoba menyimpulkan betapa pentingnya pengarusutamaan isu difabel kepada para perwakilan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dari Kabupaten Sleman dan Kulon Progo.

Musisi Difabel Dorong Industri Musik Inklusif di Malang Kam, 09/11/2017 - 18:02

Solider.or.id, Malang - Kelompok musik yang digawangi para difabel netra, Kreasi Netra Swara sepakat bekerjasama dengan Avatar Manajemen merintis industri musik inklusif di Malang. Pendiri Lingkar Sosial, Kertaning Tyas yang memediasi kerjasama ini berharap langkah yang disepakati kedua belah pihak mampu mendorong upaya membumikan karya musik difabel tanah air khususnya di Bhumi Arema.

LifeStyle
LifeStyle

Studi Tour: Sebuah alternatif Memahamkan Difabilitas Kepada Siswa

Solider.or.id, Yogyakarta. Studi Tour bagi siswa-siswi, khsususnya dari luar wilayah Jogja tentu sudah menjadi agenda  di yang diselenggarakan setiap tahunnya. Namun hal berbeda yang dilakukan oleh sekelompok siswa-siswi dari SMP 1 Irsyaadul’ibaad, Lampung Timur.

Selain studi tour pada umumnya, berwisata ke tempat bersejarah macam candi Borobudur, ataupun Taman Pintar, siswa-siswi tersebut juga berkunjung ke Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga. Lantas apa yang dilakukan siswa-siswi tersebut bersama PLD?

Berlangganan LifeStyle
The subscriber's email address.