Lompat ke isi utama
Berita

Lokakarya Perencanaan-Penganggaran Pembangunan Inklusi Selesai Dilaksanakan

Solider.or.id. Yogyakarta. Lokakarya Perencanaan-Penganggaran Pembangunan Inklusi yang digelar oleh SIGAB (Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel) sejak Selasa (24/10) di Hotel Cavinton Yogyakarta resmi berakhir Kamis (26/10). Lokakarya yang merupakan kerjasama antara SIGAB, Pemerintah Kabupaten Sleman, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Program Peduli, YAKKUM dengan dukungan dari The Asia Foundation ini melibatkan dua puluh empat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dari Kabupaten Sleman dan Kulon Progo.

Desa Inklusi

Lokakarya Perencanaan Penganggaran Pembangunan Inklusi Resmi Dibuka

Solider.or.id, Yogyakarta - Perwakilan dari Bappeda DIY, Abu Yazid, membuka Lokakarya Perencanaan Penganggaran Pembangunan yang diselenggarakan oleh SIGAB (Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel), Selasa (24/10), di Hotel Cavinton Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Abu Yazid mengatakan bahwa untuk menciptakan pembangunan inklusif secara holistik perlu adanya pengarusutamaan pembangunan yang inklusif.

“Salah satunya adalah dengan mengupayakan kesetaraan gender dalam pembangunan,” ucap Abu Yazid.

Desa Inklusi

Bertransaksi Informasi Melalui Sistem Informasi Desa

Solider.or.id, Yogyakarta- Sistem Informasi Desa merupakan transaksi informasi. Hal tersebut dikatakan oleh Irman Ariadi dari Combine Rfesource Institute (CRI) dalam salah satu lokakarya tematik di acara Temu Inklusi, Jum’at (26/8) di Balai Desa Jatirejo, Lendah, Kulon Progo.

Desa Inklusi

Surat Edaran Bupati Kulon Progo, Memastikan Replikasi Inklusi

Solider.id. Kulon Progo. Untuk memastikan replikasi inklusi sosial Desa Sidorejo, Kecamatan Lendah, ke seluruh desa dan kecamatan di Kabupaten Kulon Progo, Peraturan Daerah (PERDA) Nomer 3 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Penyandang Disabilitas perlu ditindaklanjuti dengan Instruksi Bupati, dalam hal ini Edaran Bupati.

Berita

Tim Evaluator ODE Australia Belajar Proses Inklusivitas Desa Sidorejo (2)

Solider.id.Yogyakarta. “Penting semua pihak, terutama seluruh kedinasan berkomitmen bersama mendukung inklusi. Mungkin mudah mengajak satu atau dua orang yang memiliki kepedulian. Tetapi bagaimana mengajak semua dinas memiliki komitmen bersama? Sehingga seluruh orang dalam kedinasan, baik dari pemerintah desa, kecamatan, hingga kabupaten, bisa punya komitmen yang sama. Bagaimana caranya?” Sebuah pertanyaan pembelajaran meluncur dari Anna Roche,  Contracs Manager Office of Development Effectiveness (ODE) Pemerintah Australia.

Berita

Desain Template Braille dan Surat Suara Belum Aksesibel

  • Tidak ada simbol atau tanda untuk menunjukkan posisi surat suara antara atas dan bawah
  • Aksesibilitas alat coblos mempengaruhi sikap politik difabel
  • KPU belum memiliki desain universal alat coblos untuk difabel netra
  • Aksesibilitas alat coblos merupakan mandat UU No.8 tahun 2016 tentang penyandang difabel

Ketersediaan template braille dan  kertas suara di Pilkada serentak belum dikatakan akses, jika design template masih membingungkan pemilih difabel netra.

Berlangganan Kulonprogo
The subscriber's email address.