Lompat ke isi utama
Kelompok Usaha Bersama (Kube) Ngesti Rejeki, Sukoharjo

Kube Ngesti Rejeki, Representasi dari Self Help Group Difabel Sukoharjo

Solider.or.id, Sukoharjo- Kelompok Usaha Bersama (Kube) Ngesti Rejeki merupakan salah satu dari 24 kube difabel yang dimiliki oleh kabupaten Sukoharjo. Ke-24 tersebar di 12 kecamatan, ada yang memiliki dua atau hanya satu kube. Kucuran dana Kube diperoleh dari Bupati Sukoharjo melalui APBD Kabupaten. Besaran dana pada awalnya adalah 30 juta per-kube. Namun, pada 8 kube di peluncuran terakhir, dana yang didapat adalah 20 juta per-kube.

Kube Ngesti Rejeki yang telah berusia tiga tahun dengan anggota 20 orang, kebanyakan difabel netra, pada awalnya memiliki usaha ternak kambing namun gagal karena tidak berkembang-biak. Ismi, salah satu anggota kube mengatakan bahwa saat ini dana bergulir kepada anggota untuk meningkatkan derajat ekonomi. "Sayangnya, kambing-kambing kami banyak yang mati. Maka sekarang usaha kube adalah simpan pinjam,"tutur Ismi yang sehari-hari memiliki usaha rumah jahit-menjahit.

Sementara itu Edy Supriiyanto ketua RBM Sehati Sukoharjo yang menjadi pendamping kube Ngesti Rejeki mengatakan bahwa kube Ngesti Rejeki bukan satu-satunya yang mengalami kegagalan dalam pengusahaan. "Tapi secara kemandirian organisasi, kube ini sangat mandiri. Terbukti bahwa tanpa campur tangan dari pihak pemerintah, mereka bisa menyelenggarakan pertemuan dengan rutin dan berpindah-pindah rumah antar anggota. Pertemuan berfungsi kepanjangan tangan untuk berbagi informasi,"pungkas Edy Supriyanto kepada Solider, Minggu (21/2).

The subscriber's email address.