Lompat ke isi utama
Sukseskan Pilgub 2018, KPU Kota Cimahi Buka Kesempatan Difabel untuk Terlibat jadi Panitia Jum, 13/10/2017 - 15:30

solider.or.id, Cimahi –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Cimahi membuka pendaftaran calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS). Difabel domisili Cimahi memiliki peluang untuk mendaftarkan diri dalam pencalonan kepanitiaan.

Berita
KPU Pusat Luncurkan Data Pemilih Difabel Rab, 16/09/2015 - 10:54

Solider.or.id, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat meluncurkan data pemilih sementara (DPS) secara online. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini KPU mendata semua jenis difabel DPS online tersebut.

Langkah ini diapresiasi oleh Jaringan Pendidikan Pemilihan Rakyat (JPPR). Masykurudin Hafizt selaku ketua JPPR mengatakan langkah KPU ini harus diapresiasi. Setelah bertahun difabel mencoba mengadvokasi tentang hak pemilu yang aksesibel, kini difabel di seluruh Indonesia bisa mendapat kesempatan memilih pada Pilkada Serentak Desember esok.

Berita
Kesiapan KPU Kota Yogyakarta dan Akomodasi yang Layak bagi Pemilih Difabel Sen, 18/03/2019 - 14:19

Menuju penyelenggaraan Pemilu serentak 2019 yang sudah tak lama lagi, KPU Kota Yogyakarta menggelar sosialisasi kebijakan KPU Kota Yogyakarta yang melibatkan beberapa universitas dan organisasi masyarakat sipil.

Difabelitik
Artikel

Ketika Pengetahuan Difabel Tersisih Dalam Praktik Demokrasi

Oleh Ishak Salim

Solider.id- Pemilu Inklusi bukan sekadar pelibatan pencoblosan pemilih dengan beragam latar sosial. Tetapi juga menjadikan pengetahuan dari sejumlah kalangan menjadi pertimbangan dalam mendesain sistem pemilu.

Salah satu pengetahuan yang mengalami eksklusi adalah pengetahuan difabel netra. Bayangkan saja, sejak pemilu 2004 lalu, Pemilih Difabel sudah menawarkan cara pandang dalam mendesain teknik pencoblosan akses bagi pemilih dengan kemampuan dan pengetahuan berbeda.

Kekeliruan Media dan Politisi Memahami Hak Pilih Difabel Mental Sab, 12/01/2019 - 21:19

Oleh Ken Kerta*

Solider.id, Malang- Pro kontra tentang hak pilih difabel mental yang kemudian viral disebut sebagai “orang gila” layak menjadi perhatian semua pihak karena merendahkan harkat dan martabat difabel. Mereka mengeneralisir pengertian “orang gila” dengan difabel mental, padahal keduanya adalah hal yang berbeda. Ironinya penyebutan istilah gila ini dilakukan oleh banyak pihak yang notabenenya terpelajar seperti pejabat, politisi, bahkan awak media.

Artikel
Berita

Evaluasi Pilgub 2018: KPU Masih Menerima Pemutakhiran Data

Solider.id, Surakarta-Bagi warga Solo yang telah memiliki KTP elektronik, namun tidak tercantum di Daftar Pemilih Tetap (DPT), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surakarta masih menerima pemutakhiran data.

“Data tersebut bisa masuk dalam Data Pemilih Khusus (DPK) untuk Pemilu 2019,” kata Kajad Pamuji Joko Waskito, Ketua KPU Surakarta kepada Solider yang menemuinya usai acara Evaluasi Penyelenggaraan Pilgub 2018 di Hotel Pose In, Sabtu (1/9).

Berlangganan KPU
The subscriber's email address.