Lompat ke isi utama
Artikel

Angin Segar Pengesahan UU TPKS

Solider.id,- Kelegaan menyelimuti banyak pihak setelah Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) disetujui oleh DPR dalam sidang paripurna 12 April 2022 lalu. Setelah 10 tahun mengalami tarik ulur tanpa alasan yang jelas, akhirnya UU yang menjadi salah satu langganan tuntutan dalam demo di beberapa tahun terakhir bisa terwujud. UU yang rancangan awalnya diusulkan Komnas Perempuan di tahun 2012 ini memang bisa menjadi payung hukum yang mampu mewadahi kelompok rentan dalam masyarakat seperti perempuan, anak, dan difabel.

 

JLPAK2S, Jejaring dalam Penanganan Kasus Kekerasan terhadap Perempuan, Anak dan Difabel di Sukoharjo Sen, 14/03/2022 - 10:09

Pembentukan jejaring organisasi masyarakat sipil dengan organisasi difabel dan organisasi profesi serta individu pemerhati urgen dilakukan untuk mengusung advokasi kebijakan.

Berita
Antara Minimnya Pengetahuan Masyarakat dan Tingginya Angka Kekerasa Seksual Jum, 04/03/2022 - 18:20

Tingginya angka kekerasan seksual belum sebanding dengan pengetahuan masyarakat yang masih rendah terkait isu tersebut

Difabelitik
Artikel

Meninjau PP No 78 Tahun 2021 dan Realita Perlindungan Bagi Anak

Solider.id,- Menonton polah mantan terpidana tindak pencabulan anak diarak bak pahlawan memang sudah sewajarnya mengusik perasaan. Bukan berarti kita tidak mau mengakui kalau artis berinisial SJ tersebut telah menjalani hukuman sesuai ketentuan. Namun, kalungan bunga dan sorotan kamera televisi yang menyambutnya seolah menjadi pengingat bahwa persoalan belum selesai. Karena sepertinya kepedulian publik terkait kejahatan terhadap anak memang belum bisa diandalkan.

 

Langkah UKM Peduli Difabel dalam Mengantisipasi Kekerasan Seksual Sel, 14/09/2021 - 16:52

Kekerasan Seksual sangat mungkin dialami oleh mahasiswa difabel di lingkungan perguruan tinggi.

Difabelitik
Berlangganan kekerasan seksual
The subscriber's email address.