Lompat ke isi utama
CATAHU 2019 SPEK-HAM: Butuh Berjejaring untuk Upaya Promotif dan Preventif dalam Penanganan Kasus Kekerasan Seksual Sen, 13/01/2020 - 09:55

Saat ini dibutuhkan upaya-upaya yang lebih komprehensif terkait penanganan kasus-kasus kekerasan yang harus menyentuh tak hanya kuratif namun upaya promoif dan preventif.

Berita
Artikel

Jalan Mundur Pengesahan RUU PKS

Oleh Ahmad Jamaludin

Solider.id- Kita mungkin tak bisa berharap banyak pada Ketua DPR yang baru periode 2019-2024 terkait pengesahan Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS). Puan Maharani, perempuan pertama di Indonesia yang menjadi Ketua DPR, tidak punya sikap tegas atas RUU yang membela kaum perempuan tersebut.

Nilai Keislaman dalam Rancangan UU Penghapusan Kekerasan Seksual Jum, 01/03/2019 - 15:08

Solider.id, Yogyakarta- Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) sedang hangat dibicarakan. RUU tersebut menuai berbagai respon. Salah satunya berupa penolakan karena dianggap melegitimasi perzinahan.

Pernyataan tersebut dibantah oleh Maria Ulfah Anshor, Pengurus Alimat Jakarta dalam diskusi bertajuk Meneguhkan Nilai Keislaman dan Kemanusiaan Dalam Penghapusan Kekerasan Seksual di Teatrikal Perpustaaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jumat (1/3).

Berita
Berita

Berbagai Tanggapan Aktifis Difabel Tentang Kontroversi RUU PKS

Solider.id, Makassar- Koalisi Masyarakat Penyandang Disabilitas, melalui siaran persnya yang dirilis pada 29 Januari, menunjukkan sikap. Sikap tersebut yakni, menolak Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) yang saat ini masuk sebagai prioritas dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2018.

Kontroversi tersebut berakar pada Pasal 104 Draft RUU PKS per tanggal 23 Oktober 2017 versi DPR yang tertulis bahwa:

Berita

WDCC: Upaya Memberikan Pelayanan Pendampingan bagi Perempuan Difabel Korban Tindak Kekerasan Seksual

Solider.or.id, Yogyakarta. Bertambahnya kasus kekerasan terhadap perempuan difabel setiap tahunnya, membuat beberapa lembaga menginisiasi adanya sebuah ruang bagi masyarakat dalam upaya menekan bertambahnya jumlah kasus kekerasan pada perempuan difabel.

Salah satunya SAPDA yang melakukan berbagai kegiatan dalam wadah bernama Women Disability Crisis Center (WDCC). Sebuah wadah yang memberikan layanan pendampingan, penanganan kasus, dan pemulihan dampak psikologis perempuan difabel korban tindak kekerasan.

Pustaka & Hukum

Sarasehan Ciqal tentang Hak Perempuan Difabel

Solider.or.id- Sleman. Center for Improving Qualified Activity in Live People with Disability (Ciqal), mengadakan sarasehan untuk mensosialisasikan hak-hak perempuan penyandang disabilitas yang selama ini mendapat berbagai bentuk diskriminasi. Sarasehan yang diselenggarakan di kantor Ciqal, Jambon, Trihanggo,Gamping, Sleman, Selasa (10/12/2013) ini, sekaligus memperingati Hari internasional penyandang difabilitas, hari hak asasi manusia (HAM), serta 16 hari tanpa kekerasan terhadap perempuan.

Berita

Teganya! Guru Perkosa Siswi Difabel

SUKOHARJO - Salah satu siswi SLB di Gatak, VI (22) menjadi korban perkosaan dan pencabulan oleh gurunya sendiri Budiawan (38). Aksi bejat tersebut dilakukan enam kali sejak Juli 2012.

Pelaku sendiri kabarnya sudah menjalani proses hukum dan ditahan Polres Sukoharjo. Keluarga korban didampingi lembaga advokasi difabel Yogyakarta, Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel (SIGAB) meminta pelaku dihukum.

Guna menggalang dukungan agar pelaku dapat diproses adil, mereka bersama korban dan keluarganya datang ke rumah dinas Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya.

Berita

Anak dan Difabel Sasaran Empuk Kekerasan Seksual

Catatan dari Spek-Ham ini membuat miris. Bahwa dari 57 Kasus Kekerasan dalam rumah Tangga, prosentase terbesar adalah adalah kasus kekerasan seksual yaitu 16 kasus. Hal ini dilansir di harian Solo Pos pada 6 Desember 2012. Selengkapnya seperti di bawah ini.

Tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di Solo tak lagi didominasi kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Jumlah korban kekerasan seksual kini mulai mendekati angka korban KDRT. Mirisnya, mayoritas korban kekerasan seksual adalah anak dan penyandang difabel.

Berlangganan kekerasan seksual
The subscriber's email address.