Lompat ke isi utama
Artikel

Kekerasan terhadap Perempuan Penyandang Disabilitas

Oleh: Titiana Adinda, salah satu peserta lomba menulis SOLIDER 2012

 

Kekerasan menjadi hal yang menakutkan bagi kaum perempuan. Kekerasan amat rentan terjadi pada perempuan karena sudah terkontruksi oleh budaya patriarki dan keterbatasan akses, terutama akses ekonomi. Hal tersebut menjadikan perempuan tidak memiliki posisi tawar sehingga rentan menjadi korban kekerasan.

Berita

Ada Hakim Lecehkan Difabel dan Perempuan di Sidang

TEMPO.CO, Yogyakarta - Sejumlah lembaga swadaya masyarakat yang mendampingi perempuan dan penyandang cacat (difabel) di Daerah Istimewa Yogyakarta menyesalkan pelecehan yang dilakukan hakim. Pelecehan tersebut berupa perkataan yang dinilai tidak sopan di persidangan terhadap perempuan dan difabel yang menjadi korban.

Artikel

Mengurai Benang Kusut Keadilan Bagi Perempuan Difabel

Kekerasan fisik, psikis, seksual maupun penelantaran merupakan bentuk kekerasan yang sering dialami oleh perempuan. Namun kasus kekerasan yang juga dialami oleh perempuan difabel belum banyak ditangani oleh lembaga-lembaga penyedia layanan bagi korban kekerasan. Sehingga belum ada data yang pasti tentang berapa banyak perempuan difabel yang mengalami kekerasan di dalam rumah tangga, keluarga, lingkungan maupun masyarakat.

Berlangganan kekerasan perempuan difabel
The subscriber's email address.