Lompat ke isi utama
Berita

Tuli Malang Ingin Ada Juru Bahasa Isyarat di Rumah Sakit

Isolider.or.id, Malang - Sejumlah aduan tentang layanan kesehatan disampaikan dalam pertemuan Forum Malang Inklusi (FOMI) Sabtu (11/11) di Sekretariat Malang Corruption Wacth (MCW). Selain persoalan aksesibilitas sarana dan prasarana, layanan bagi difabel tuli juga masih jauh dari ramah.

LifeStyle

Menuju Tayangan Berita Aksesibel untuk Tuli, Juru Bahasa Isyarat Masih Minim

Solider.or.id, Jakarta – Juru Bahasa Isyarat (JBI) pada tayangan berita di televisi masih minim. Hal tersebut diungkapkan oleh Rizwan Hermawan, salah satu juru bahasa isyarat asal Bandung. Pengalaman perdana jadi JBI di program berita televisi swasta nasional bukan sebuah tanggung jawab yang mudah. Adanya perbedaan gerakan sebagian huruf menjadi satu penghambat kecepatan dalam menterjemahkan.

Figur

Faqih Annisa: Mengajarkan Iqra kepada Tuli

Solider.id, Gunungkidul- Seorang gadis menjadi relawan di agenda Temu Inklusi 2018 menjadi juru bahasa isyarat bagi pesrta Tuli. Saat ini ia sedang berusaha mengajarkan Iqra kepada kawan-kawan Tuli. Ia memiliki harapan sederhana untuk Tuli, yakni masyarakat bisa berkomiunikasi dnegan bahasa isyarat.

Figur

Meillisa Trisetya Arum: Belajar Bahasa Isyarat Itu Mudah

Solider.id, Tuban- Ia terlihat lincah ketika menggerakkan kedua tangannya di hadapan teman-teman Tuli. Gerakan tangannya membentuk sebuah pola tertentu. Teman-teman Tuli di hadapannya, seolah mengerti dan paham dari gerakan tangannya.

Ia terlihat lincah menggerakkan kedua tangannya menerjemahkan bahasa umum dari seorang pemateri di sebuah lokakarya. Ia menerjemahkannya ke bahasa isyarat atau sering disebut bahasa ibu, bahasa yang biasa digunakan untuk berkomunikasi dengan Tuli.

Berita

Tak Satupun Juru Bahasa Isyarat berasal dari Guru SLB

Solider.id.Yogyakarta. “Saat ini, semua juru bahasa isyarat (JBI) adalah para volunter yang memiliki kepedulian terhadap tuli. Mereka semua bukan orang-orang yang mengajar di Sekolah Luar Biasa (SLB). Mereka bukan guru SLB. Tidak satu pun guru SLB yang menjadi JBI, ke mana para guru SLB selama ini?”

Berita

Temu Relawan Juru Bahasa Isyarat Pertama di Indonesia

Solider.id, Yogyakarta -Temu Relawan Juru Bahasa Isyarat (JBI) merupakan pertemuan tingkat nasional untuk mempertemukan antara Juru Bahasa Isyarat Dengar dengan Juru Bahasa Isyarat Tuli untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman. JBI merupakan media atau fasilitas aksesibilitas bagi Tuli untuk menerima atau memberi informasi. Kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya diadakan oleh perwakilan Juru Bahasa Isyarat se-Indonesia pada tanggal 9-11 Maret 2018 di Omah Jawi Sejahtera Kaliurang, Yogyakarta.

Berlangganan juru bahasa isyarat
The subscriber's email address.