Lompat ke isi utama
Berita

Menakar Inklusi Sosial bagi Difabel

Solider, Yogyakarta- Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (BEM KM UGM) menggelar diskusi bertajuk Pemenuhan Hak Difabel, Sudah Adilkah Kita?.

 

Elga Andriana salah satu pembicara, dosen dosen Fakultas Psikologi UGM menyampaikan, seringkali masyarakat salah paham dalam memahami inklusi sosial difabel. Difabel seringkali hanya dipahami sebagai orang yang memiliki keterbatasan fisik atau orang-orang yang memiliki kemampuan di bawah rata-rata. Padahal, jika merujuk pada terminologi difabel, persepsi ini tidak jelas.

Jangan Lagi Panggil Aku Edan, Kenthir Jum, 25/09/2020 - 09:54

Tanpa disadari sebutan atau label yang diberikan seseorang terhadap orang lain berdampak secara psikologis

Difabelitik
Berita

Indonesia Inklusi 2030 relevan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Solider.id, Yogyakarta – Ide Indonesia Inklusi 2030 muncul karena sesuai dengan SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs. Hal ini diungkapkan oleh Suharto, direktur Sasana Gerekan Advokasi Difabel (Sigab) Indonesia di sela Semiloka Pembentukan Jaringan untuk Pengawalan Inklusi 2030 di Prime Plaza Hotel Yogyakarta (4/5).

Difabelitik

Modal Sosial Difabel: Modal penting untuk Inklusi dari Desa

Solider.id, Yogyakarta - Hampir dalam setiap pembahasan makna dan gerakan inklusi, akan ada banyak hal dan faktor yang mempengaruhi gerakan ini. Faktor bisa berasal dari sisi difabel sendiri atau bisa juga berasal dari pihak luar difabel. Ada juga faktor yang berasal dari kondisi sosial maupun historis yang mempengaruhi gerakan inklusi difabel di Indonesia. Dari sekian banyak hal itu, ada satu hal yang ada di sekitar difabel dan menjadi faktor penentu dari gerakan inklusi difabel. Hal tersebut adalah modal sosial atau social capital.

LifeStyle

Kesenian untuk Media Kampanye Inklusi dan Kritik Sosial

Solider.id, Yogyakarta - Sarjiyo, Ketua KDD (Kelompok Difabel Desa) Sidorejo, Lendah, Kulon Progo sangat getol dalam menyuarakan inklusi sosial dari lingkungan terkecilnya di desa Sidorejo sampai cakupan yang lebih luas, yaitu lingkup Daerah Istimewa Yogyakarta. Sarjiyo berangkat dari pengalaman bangkit ketika menjadi difabel di usia muda. Pemahamannya akan hak difabel mengantarkannya menjadi narasumber isu difabel dari desa di beberapa kesempatan. Tapi ada metode menarik yang sering dilakukan Sarjiyo dalam mengkampanyekan isu difabel dan isu kritik sosial lainnya: media kesenian.

Berlangganan inklusi sosial
The subscriber's email address.