Lompat ke isi utama
Berita

Peringati Hari Tuli Internasional, Suarakan Inklusi Penuh dengan Bahasa Isyarat

Solider.or.id, Malang - Aksi Arek Tuli (Akar Tuli) dan Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Malang menyuarakan inklusi penuh dengan bahasa isyarat pada peringatan Hari Tuli Internasional di lokasi Car Free Day (CFD) Jalan Ijen, Malang (24/9). Mereka berharap masyarakat sadar bahwa tuli sebagai identitas adalah bagian dari keragaman Indonesia dengan bahasa isyarat sebagai pintu aksesibilitas menuju kesetaraan.

LifeStyle

Forum Keluarga Difabel Tawangsari Belajar Tentang Hak Anak

Solider.or.id, Sukoharjo- Forum Keluarga Difabel Kecamatan Tawangsari yang sudah terbentuk dua bulan lalu mengadakan pelatihan tentang hak anak yang bertempat di Aula Kecamatan Tawangsari pada, Rabu (23/8). Dari 20 anggota yang ada, 12 orangtua hadir disertai anak-anak mereka. Pelatihan yang difasilitasi oleh Sehati berjalan dengan interaksi dua arah. “Kami lebih suka mendengar apa yang dialami oleh teman-teman ketika mengasuh anak-anak mereka,”terang Edy Supriyanto, Ketua Sehati Sukoharjo.

Pentingnya Keterlibatan Difabel Dalam Perencanaa Program Pemerintah Jum, 19/04/2019 - 17:27

Mewujudkan masyarakat inklusi sudah menjadi tanggung jawab bersama antara warga dengan pemerintahnya.

Difabelitik
Berita

Wisuda Peserta dan Deklarasi Poros Belajar Inklusi

Solider.id, Yogyakarta- Setelah melalui proses belajar, presentasi dan evaluasi terkait isu disabilitas selama 14 hari, akhirnya 24 kader Poros Belajar Inklusi Disabilitas, dinyatakan tuntas dan diwisuda. Penyerahan sertifikat kepada seluruh peserta oleh para mentor, menjadi simbol agenda wisuda pagi itu.

Difabelitik

Warisan Asian Para Games 2018

Penyelenggaraan Asian Para Games 2018 yang digelar di Indonesia dari 6 hingga 13 Oktober 2018 lalu menjadi momentum untuk mengubah paradigma melihat difabel dari sisi keterbatasan yang rentan memicu stigma dan diskriminasi.

Figur

Sarjiyo: Kampanye Inklusi dan Kritik Sosial Melalui Kesenian

Solider.id, Yogyakarta- Banyak altenatif bagi siapapun dalam menyuarakan inklusifitas kepada masyarakat. Mulai dari lokakarya, diskusi kecil-kecilan, pengajian, ceramah, dan lainnya, termasuk kesenian. Sebagian banyak difabel tentu memiliki potensi itu semua, salah satunya kampanye inklusi melalui berkesenian.

Kesenian bukan hanya sebagai hiburan ataupun media berekspresi bagi seseorang. Lebih luas, kesenian merupakan strategi bagi seseorang untuk menjalankan misi atau tujuannya. Seperti salah satu aktor difabel asla Kulon Progo, bernama Sarjiyo.

Berlangganan inklusi
The subscriber's email address.