Lompat ke isi utama
Peringatan Hari Sindroma Down Dunia di Yogyakarta

Hari Sindroma Down Dunia: Bersosialisasi dengan Komunitas Lain

Solider.or.id, Yogyakarta -Persatuan Orangtua Anak dengan Down Syndrome (POTADS) Daerah Istimewa Yogyakarta memperingati Hari Sindroma Down Dunia di Balaikota Yogyakarta, Minggu (20/3). Ratusan anak difabel dan nondifabel berkumpul bersama menampilkan potensi kesenian yang mereka miliki.

Sri Rejeki Ekasasi, ketua POTADS yang kerap disapa Kiki mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai media sosialisasi tentang down syndrome. “Peringatan yang mengambil tema Friends, Community,Culture and Nature, juga diharapkan dapat melatih ADS mandiri dan kreatif, bersosialisasi dengan komunitas yang lain dan melatih ADS mencintai budaya dan lingkungannya,” ungkap Kiki.

Kegiatan yang sudah berjalan selama empat kali, pada tahun ini mengajak komunitas lintas difabilitas. “ADS selama ini masih mengalami sikap negatif, seperti dikucilkan, didiskriminasi oleh lingkungan. Hal tersebut mengakibatkan ADS beserta keluarganya kehilangan harapan dalam mengoptimalkan kemampuan, sulit berinteraksi dan berintegrasi dengan rekan-rekan mereka yang non ABK.” ujar Kiki.

“ADS maupun ABK lainnya membutuhkan lingkungan yang adil agar memungkinkan mereka bisa hidup mandiri, bekerja dan berpartisipasi sesuai dengan kondisi yang dimiliki,” tambah Kiki.
Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X, dalam sambutannya menyampaikan imbauan bahwa, keluarga Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) teruslah bersemangat menumbuhkan potensi putra-putrinya.

The subscriber's email address.