Lompat ke isi utama
LifeStyle

Tuli Malang Ingin Bebaskan Stigma dengan Kreatifitas Seni

Solider.or.id, Malang - Setidaknya ada dua kelompok tuli di Kabupaten Malang yang hidup rukun berdampingan yaitu Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu (Gerkatin) dan Komunitas Tuli Kabupaten Malang. Kedua organisasi ini bekerja sama membina anak-anak tuli dan menoreh berbagai prestasi tingkat provinsi utamanya di bidang seni.

"Kami melatih anak-anak tuli membuat seni kerajinan tangan dari bahan dasar sampah untuk pakaian karnaval," tutur Ketua Komunitas Tuli, Dewi Ratna Sari didampingi Ketua Gerkatin Kabupaten Malang, Sudarmaji di Kepanjen, Minggu (28/10).

Berita

Peringati Hari Tuli Internasional, Suarakan Inklusi Penuh dengan Bahasa Isyarat

Solider.or.id, Malang - Aksi Arek Tuli (Akar Tuli) dan Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Malang menyuarakan inklusi penuh dengan bahasa isyarat pada peringatan Hari Tuli Internasional di lokasi Car Free Day (CFD) Jalan Ijen, Malang (24/9). Mereka berharap masyarakat sadar bahwa tuli sebagai identitas adalah bagian dari keragaman Indonesia dengan bahasa isyarat sebagai pintu aksesibilitas menuju kesetaraan.

Berita

Gerkatin DIY Upayakan Aksesibilitas Layanan Publik untuk Tuli

Solider.id, Yogyakarta - Menurut Undang-undang No. 25 tahun 2009 yang dimaksud dengan pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa dan atau pelayanan administrasi yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.

Berita

Gratis, Komunitas Tuli Purwokerto Ajarkan Bahasa Isyarat

Description: tuli purwokertoSolider.id, Purwokerto - Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Kabupaten Banyumas kini membuka kelas bahasa isyarat gratis untuk umum setelah 11 tahun organisasi ini vakum tanpa kegiatan. Kelas bahasa isyarat yang dibuka untuk umum ini dilaksanakan pertama kali pada Jum’at, 11 Mei 2018 di alun-alun Purwokerto pada pukul 19.00 - 21.00 WIB.

LifeStyle

Gerkatin Solo, dari Kelas Bisindo, Pantomin dan Teater di Hari Tuli Internasional

Solider.or.id, Surakarta- Ketika berbicara tentang Tuli, maka kita akan membaca tentang kiprah advokasi mereka pada akses dan kampanye bahasa isyarat Indonesia (Bisindo). Bisindo adalah bahasa isyarat yang dibuat oleh komunitas Tuli untuk mendapatkan informasi dan komunikasi secara visual yang dapat diakses secara mudah. Saat ini tengah ada dan terus dikampanyekan yakni Bisindo Solo, Bisindo Yogyakarta, Bisindo Jakarta, Bisindo Makassar dan lain-lainnya.

Berita

Rakernas ke-3 Gerkatin tetapkan Hari Tuli Nasional

Solider, Kediri. Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerkatin yang digelar selama 3 hari (21-23 September 2017) di Hotel Lotus Garden Kediri menghadirkan peserta dari berbagai daerah baik tingkat Propinsi (DPD) dan tingkat Kabupaten /Kota (DPC). Rakernas tahun ini adalah yang ketiga kali mengangkat tema “Konsolidasi Organisasi Gerkatin dalam rangka meningkatkan kapasitas dan memperkuat jaringan organisasi”

Berlangganan Gerkatin
The subscriber's email address.