Lompat ke isi utama
Artikel

Harapan Warga Malang, Semua Sekolah Harus Inklusif

Solider.or.id, Malang – pendidikan inklusif adalah harapan setiap orang, tak terkecuali warga Malang. Namun, sampai saat ini masih terdapat sejumlah persoalan yang merupakan tantangan untuk mewujudkan pendidikan yang inklusif di Malang. Berbagai temuan tersebut akan dibahas dalam tulisan ini.

Artikel

Tantangan dan Harapan Gerakan Sosial Inklusif di Malang

Solider.orl.id, Malang - Menengok pergerakan difabel di Malang rasanya tak satupun diantara mereka yang begerak sendiri dalam organisasi yang bersifat ekslusif melainkan bergerak bersama secara inklusif. Mereka menjalin ikatan yang berdampak positif pada segenap masyarakat difabel karena terbukanya kesempatan lebih luas melalui berbagai program lintas organisasi.

LifeStyle

Tuli Malang Ingin Bebaskan Stigma dengan Kreatifitas Seni

Solider.or.id, Malang - Setidaknya ada dua kelompok tuli di Kabupaten Malang yang hidup rukun berdampingan yaitu Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu (Gerkatin) dan Komunitas Tuli Kabupaten Malang. Kedua organisasi ini bekerja sama membina anak-anak tuli dan menoreh berbagai prestasi tingkat provinsi utamanya di bidang seni.

"Kami melatih anak-anak tuli membuat seni kerajinan tangan dari bahan dasar sampah untuk pakaian karnaval," tutur Ketua Komunitas Tuli, Dewi Ratna Sari didampingi Ketua Gerkatin Kabupaten Malang, Sudarmaji di Kepanjen, Minggu (28/10).

Artikel

Masjid Tidak Akses, Difabel Malang Lakukan Advokasi ke MUI

Solider.or.id, Malang - Hari santri telah berlalu beberapa hari lewat, namun nampaknya semangat santri khususnya difabel tidak akan pernah berlalu begitu saja. Ditengah kondisi belum aksesnya masjid di hampir seluruh tempat, beberapa difabel masih semangat ke tempat ibadah dan menyuarakan hak aksesibilitas.

Demikian pun di Malang, berdasarkan survey Forum Malang Inklusi (FOMI) wilayah yang bepredikat kota pendidikan ini masih minim terdapat masjid yang memenuhi standar aksesibilitas.

Berita

FGD Untuk Aksesibilitas dan Peningkatan Layanan Kesehatan di Kota Malang

Solider.or.id, Malang - Forum Masyarakat Peduli Kesehatan (FMPK) bekerja sama dengan Malang Corruption Wacth mengadakan Focus Group Discussion (FGD) untuk membahas dan memberikan rekomendasi bagi  pelaksanaan penyelenggaraan kesehatan di Kota Malang.  Kegiatan ini merupakan  tindak lanjut berbagai aduan masyarakat yang mereka terima.

Forum Masyarakat Peduli Kesehatan Dukung Advokasi Kesehatan Difabel Sel, 10/10/2017 - 10:27

Solider.or.id, Malang - Forum Masyarakat Peduli Kesehatan (FMPK) mendukung upaya advokasi kesehatan difabel di Malang Raya. Disampaikan Koordinator FMPK, iwan usai rapat koordinasi di Kota Batu (8/10). Rapat selain dihadiri internal FMPK juga dihadiri elemen Forum Malang Inklusi (FOMI) dan Malang Corruption Watch (MCW). Mereka bersinergi untuk mengawal kebijakan Pemerintah dalam pemenuhan hak-hak kesehatan masyarakat.

Berita
Forum Malang Inklusi Desak Pemkab Malang Realisasi Perda Disabilitas Sel, 03/10/2017 - 13:10

Solider.or.id, Malang - Lintas organisasi yang tergabung dalam Forum Malang Inklusi (FOMI) sepakat mewujudkan Malang Raya inklusif. Mereka berharap dalam waktu dekat bisa audensi dengan Bupati Malang agar usulan Perda Disabilitas segera terealisasi. Demikian antara lain hasil rapat tahunan FOMI, Minggu (1/10) di Pakisaji Malang. Rapat dihadiri oleh 23 orang mewaliki 25 organisasi yang bergabung.

Berita
Jalan Ijen di Malang Belum Ramah Difabel Min, 01/10/2017 - 17:53

Solider.or.id, Malang - Warga Malang siapa yang tak kenal Jalan Ijen? Setiap tahun tempat yang asri dengan deretan pohon palem ini menjadi lokasi acara Malang Tempo Doeloe. Tempat ini juga setiap Minggu menjadi lokasi Car Free Day (CFD) yang ramai dikunjungi masyarakat untuk berbagai kegiatan seperti jalan-jalan, jogging, senam, bermain sepeda serta ajang pamer kegiatan komunitas. Kawasan jalan Ijen merupakan wisata sejarah Kota Malang yang menyuguhkan pemandangan bangunan-bangunan kuno peninggalan Belanda.

Artikel
Berlangganan Forum Malang Inklusi
The subscriber's email address.