Lompat ke isi utama
Figur

Memaknai Bulan dan Kata ABILITY di Asian Para Games 2018

Solider.id, Jakarta- Di pembukaan Asian Para Games 2018, Bulan Kurnia Rudianti, seorang gadis kecil difabel pengguna kursi roda berhasil menunaikan misinya yang terakhir. Yakni, menyampaikan sebuah rangkaian huruf yang ia simpan di dalam sebuah kotak kayu kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Figur

Cerita tentang Lala dari Maluku Barat Daya

Kehidupan difabel anak di indnesia masih jauh dari setara. Banyak anak difabel di penjuru tanah air yang belum memperoleh hak pendidikan. Salah satunya Lala, anak difabel netra yang tinggal di Maluku Barat Daya ini belum peroleh haknya untuk mengakses pendidikan.

Cak Fu Mengolah Stigma Menjadi Kekuatan Sen, 06/11/2017 - 15:42

Solider.or.id.Yogyakarta. Stigma atau dengan kata lain persepsi negatif. Persepsi atau pemikiran seseorang atau kelompok tentang individu atau kelompok lain terkait suatu keadaan, kehidupan maupun kegiatan. Hampir setiap hari kita menerima stigma. Bisa dari teman, tetangga, orang lewat atau bahkan dari keluarga dan orang tua kita sendiri. Stigma kerap kali mendiskreditkan sesorang atau kelompok, sehingga menghambat kehidupan, memenjarakan dan merampas kemerdekaan. Jarang yang mampu mengolah stigma menjadi sebuah kekuatan.

Figur
Cak Fu, Memaknai Kegagalan Sen, 06/11/2017 - 14:12

Solider.or.id.Yogyakarta. Hampir semua jiwa pasti pernah berjumpa dengan yang namanya gagal. Ada sisi menyakitkan pada tiap-tiap kegagalan. Namun, dalam setiap kegagalan selalu ada kisah yang harus dimaknai. Mengantar pembelajar menjadi lebih pintar. Gagal atau jatuh, hanyalah sebuah sesi instropeksi, harus menyiasati diri agar bisa bangkit lagi. Bahkan ada yang berkeyakinan bahwa sesungguhnya kegagalan itu bagian dari modal menuju sukses (cost of success).

Figur
Adrian Yunan Sang Penyintas Sejati Min, 01/10/2017 - 10:32

 

Solider.or.id, Agaknya tidak berlebihan jika menyebut Adrian Yunan sebagai penyintas sejati (Pejuang untuk terus bertahan atau berjuang). Bagaimana tidak, tahun 2010 ia menjadi difabel karena kehilangan seluruh penglihatan disaat bandnya, Efek Rumah Kaca, sedang berada di puncak popularitas dengan menyabet berbagai penghargaan dari MTV dan Rolling Stone Indonesia. Seperti yang banyak diketahui, ia adalah bassis salah satu band indie pop terbesar di Indonesia itu.

Figur
Figur

Ari Irawan: Tekun Berproses dengan Seni Digital

Solider.or.id. Banjarnegara. Di ruangan berukuran 4 x 6 meter dengan pintu dan jendela kaca yang lebar, Ari Irawan (24) terlihat mengetik tanpa kesulitan. Di depannya ada dua monitor komputer dengan satu speaker di sisi kanannya. Di sudut ruangan nampak beberapa lukisan dan beberapa kanvas kosong. Sisi jendela kaca penuh dengan spidol warna dan pelbagai alat menggambar. Ruangan ini adalah studio desain miliknya yang berada di Purwonegoro, Banjarnegara.

Figur

Gema, Difabel Netra Pertama Raih Gelar Sarjana Di Tuban

Solider.or.id, Tuban – Setiawan Gema Budi atau yang akrab  disapa Gema, Pemuda kelahiran Tuban,12 Februari 1993 ini adalah seorang difabel netra (Total Blind) putra pertama dari pasangan  Wigyohadi,SE dan  Sri Handayani. Ia   tergolong difabel yang cerdas karena dari jenjang TK-Perguruan Tinggi   selalu bersekolah di sekolah regular. 

Figur

Nesty Ayu Prady : Meski Tidak Dipercaya Mengajar, Saya Tetap Bercita-cita Jadi Guru TPA

Solider.or.id, Karanganyar- “Saya ingin menjadi guru TPA di masjid dekat rumah saya, tetapi tidak ada yang percaya kalau saya bisa mengaji Alquran dan mengajar. Meski begitu, saya tetap bercita-cita ingin jadi guru TPA,” ungkap Nesty. Nesty Ayu Prady nama lengkap yang dia utarakan saat Solider menemui di sela-sela kegiatannya menjaga stan produk kelompok difabel “Rukun Makmur” pada acara evaluasi pelaksanaan 10 program pokok PKK di Balai Desa Suruh, Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar, Jumat (25/8). Nesty duduk sebagai wakil ketua kelompok.

Figur

Setia Adi Purwanta : Difabel Korban Pembangunan

Solider.or.id, Yogyakarta - Sebagai tindak lanjut pasca Konferensi Habitat III di Ekuador tahun 2016, Huairou Commission dan YAKKUM Emergency Unit didukung World Urban Campaign menyelenggarakan seminar dan pameran Urban Thinkers Campus di Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta. (22/8)

Berlangganan Figur
The subscriber's email address.