Lompat ke isi utama

Forum Penguatan Hak Penyandang Disabilitas DIY Kawal Perda Disabilitas Kota Yogyakarta

Solider.or.id, Yogyakarta- Forum Penguatan Hak-Hak Penyandang Disabilitas (FPHPD) Daerah Istimewa Yogyakarta kembali mendorong advokasi pengesahan Peraturan Daerah (Perda) Perlindungan dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas Kota Yogyakarta.  Perda yang sudah masuk dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) sejak tahun 2016, dan dijanjikan pengesahannya pada akhir tahun 2016 itu tidak juga kunjung disahkan. Tidak sesuainya naskah akademik dengan rancangan menjadi penyebab belum disahkannya Perda Disabilitas Kota Yogyakarta.  

Desa Inklusi

Bertransaksi Informasi Melalui Sistem Informasi Desa

Solider.or.id, Yogyakarta- Sistem Informasi Desa merupakan transaksi informasi. Hal tersebut dikatakan oleh Irman Ariadi dari Combine Rfesource Institute (CRI) dalam salah satu lokakarya tematik di acara Temu Inklusi, Jum’at (26/8) di Balai Desa Jatirejo, Lendah, Kulon Progo.

Desa Inklusi

Pemkab Kulon Progo Tandatangani Nota Kesepahaman Rintisan Desa Inklusi

Solider.or.id, Yogyakarta- Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menandatangani nota kesepahaman dengan Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel terkait dengan program Rintisan Desa Inklusi pada Selasa (12/4) di Gedung Kaca, Kompleks Kantor Pemerintahan Kulon Progo.

Program Rintisan Desa Inklusi mendampingi enam desa di kecamatan Lendah, Kulon Progo sejak Juni 2015. Program yang diinisiasi oleh SIGAB dan didukung oleh Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan The Asia Foundation melalui skema Program Peduli.

LifeStyle

Pemda DIY Biayai Tes TORCH bagi 500 Pasangan Usia Subur

Solider.or.id, Yogyakarta- Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta memutuskan membiayai tes pemeriksaan Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus (CMV, dan Herpes (TORCH) untuk 500 pasangan usia subur yang menghendaki kehamilan. Hal tersebut disampai oleh drg. Revolusiana Diah, MM Kepala Seksi Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Provinsi DIY pada Selasa (16/2).

Artikel

Difabel Mimpikan Bangunan Publik yang Aksesibel

Kebutuhan aksesibilitas bangunan publik bagi difabel telah dijamin oleh Undang-undang Dasar 1945, UU Republik Indonesia No. 4 tahun 1997. Dan di Daerah Istimewa Yogyakarta telah memiliki Perda No.4 tahun 2012 tentang pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas, yang mulai diberlakukan pada 15 Mei 2014, akan tetapi aplikasi di lapangan tidak kunjung dapat terlihat wujudnya.

Berita

Difabel Harus Menanggalkan Budaya Karitatif

Solider.or.id, Bantul. Penyandang Disabilitas merupakan salah satu dari 23 kelompok penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), yang perlu mendapat perhatian dari semua pihak. Sehingga pemerintah merasa memiliki kewajiban untuk memberikan bantuan kepada kelompok disabilitas ini. Suparjo, Staf Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kalurahan Panjangrejo, Pundong, Bantul menyampaikan dalam acara temu warga yang diselenggarakan di kantor Balai Desa Panjangrejo, Kamis (23/01/2014).

Berita

Pengarusutamaan Difabilitas Sentuh Gerakan Akar Rumput

Solider.or.id, Yogyakarta-Kamis (16/1), Organisasi Difabel Mlati (ODM) mengadakan Workshop Penguatan Partisipasi Difabel Dalam Proses Pembangunan Desa Inklusi di Aula Kelurahan Sendangadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Workshop ini merupakan kelanjutan dari Acara temu warga untuk mensosialisasikan isu difabilitas tanggal 13 Januari lalu.

Berita

Jajaran Kepolisian DIY, Mengikuti ToT Layanan Kepolisian Ramah Difabel

Solider.or.id.Yogyakarta. Dria Manunggal bekerja sama dengan Komite Penyandang Disabilitas Daerah Istimewa Yogyakarta dan POLDA DIY menyelenggarakan pelatihan atau “Training of Trainer (ToT) Layanan Kepolisian yang Ramah Difabel Berhadapan dengan Hukum”. Sebanyak dua puluhan personil Polda, Polres Kabupaten/Kota, serta Sekolah Polisi Negara (SPN), ditugaskan Kapolda DIY mengikuti pelatihan yang dilaksanakan di Grand Sarila Hotel, Jalan Afandi, Gejayan, Condong Catur, Rabu (4/10/2017).

Berita

UKM Peduli Difabel UGM Adakan First Gathering Anggota Baru

Solider.or.id, Yogyakarta - Unit Kegiatan Mahasiswa Peduli Difabel Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengadakan kegiatan first gathering bagi anggota baru. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan seluk beluk  UKM Peduli Difabel. Kegiatan yang juga dihadiri oleh  pembina UKM Peduli Difabel UGM  Susilo Andi Darma, dosen fakultas hukum kampus setempat  tersebut di laksanakan pada (9/9) di Gedung Balairung UGM.   

Berlangganan diy
The subscriber's email address.