Lompat ke isi utama
Difabelitik

Sumber Utama Diskriminasi Kepada Calon PNS Difabel

Solider- Koalisi Kelompok Kerja (Pokja) implementasi UU No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas mengelar diskusi Disability Gathering (Dignity) bertajuk Diskriminasi Kepada Calon PNS Difabel, pada 16 Juni 2020.

Heppy Sebayang, seorang advokat difabel yang menjadi narasumber pada diskusi tersebut, menyatakan, sumber utama diskriminasi terhadap CPNS difabel. Salah satunya adanya ketentuan sehat jasmani dan rohani.

Difabelitik

Mitos-mitos Tentang Netra yang Ternyata Keliru

solider.id- Sebagian orang malu atau bahkan jijik berkawan dengan difabel netra. Kenapa?

Premis di atas berdasar pada tiga tahun pengelaman saya menjadi difabel netra. Dari pengalaman, saya tahu jawabannya. Tahu bagaimana mitos di masyarakat kemudian menjadi dasar pola pikir masyarakat yang mengarahkan tindakan seseorang dalam bersosial.

Pengalaman di atas juga membuat saya mengerti bagaimana kemudian kekeliruan-kekeliruan di atas menciptakan segregasi, meminggirkan, memojokkan dan mendiskriminasi melalui sistem sosial yang juga keliru.

Artikel

Diskriminasi dan Ketakutan Pada Mereka yang Berbeda

Oleh Ahmad Jamaludin

Solider.id- Pada tahun 2017 Amerika Serikat melarang jutaan orang masuk ke AS sebab agamanya Islam. Dua Tahun kemudian, Bupati di Sumatera mencoret status kepegawaian seorang dokter gigi karena difabel. Sedang sudah bertahun-tahun sebagian warga pengelola kos di Desa Caturtunggal, Sleman-Yogyakarta, menutup pintu kosnya untuk orang Papua.

Difabelitik

Membedah Stigma dan Diskriminasi Media Terhadap Difabel

Oleh Rifai Asyhari

Solider.id- Salah satu hasil terpenting demokratisasi di Indonesia pada 1998 adalah kebebasan pers. Paska reformasi, pers memiliki kebebasan untuk menyampaikan beragam isu dan kritiktan tanpa perlu khawatir dibredel seperti halnya di masa Orde Baru.

Keterlibatan publik dalam media juga dijamin secara legal melalui Undang-Undang nomor 32 tahun 2002 tentang penyiaran. Dengan ini, masyarakat sipil bisa ikut mengawasi jalannya pemberitaan dan kerja-kerja media.

Berlangganan Diskriminasi
The subscriber's email address.