Lompat ke isi utama
Artikel

Asrama dan Pendidikan Khusus bagi Difabel, Penyumbang Eksklusi Terbesar

Solider.id,  Yogyakarta- Dua pekan terakhir, dunia pergerakan difabel dihebohkan dengan peristiwa yang terjadi di sebuah asrama difabel netra di Bandung karena berbagai kepentingan dan alasan tertentu. Pengelola asrama melakukan pembatasan masa tinggal di asrama hingga waktu tertentu. Bahkan menurut beberapa pemberitaan yang dilansir dari berbagai media, direncanakan ada pemindahan tempat tinggal kawan-kawan netra yang bernaung di asrama. Hal ini tentu menuai reaksi yang beragam dari berbagai pihak.

Artikel

Mengapa Difabel Lebih Rentan Jatuh Miskin?

Solider.id- Sekira dua bulan lalu, pemerintah Indonesia resmi mensahkan Peraturan Pemerintah (PP) No.52 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial bagi Penyandang Disabilitas. PP ini merupakan turunan dari Undang-undang no. 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas sekaligus menjadi PP pertama dari 8 PP yang harus disahkan Pemerintah.

Difabelitik

Merayakan HDI dan Hal-hal yang Belum Selesai

Solider.id, Bandung– Hari Disabilitas Internasional atau HDI merupakan sebuah momentum atas pengakuan adanya masyarakat difabel di seluruh dunia. Peringatan HDI bukan hanya sebatas pesta pora, kebebasan aksi, maupun ajang unjuk gigi yang dilakoni para difabel dari mulai tingkat kota kabupaten hingga nasional bahkan internasional.

Artikel

Hari Disabilitas Internasional dan Ideologi Perusaknya

Oleh M. Syafi’ie*

 

Solider.id, Sejak 1992, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan 3 Desember sebagai Hari Disabilitas Internasional (HDI). Setiap tanggal ini, komunitas dan pegiat isu difabel ikut merayakan dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan. Salah satu pesannya, memberi ingatan kepada elemen masyarakat dan para pemangku kebijakan tentang hak-hak difabel, potensi difabel, serta diskriminasi yang terus menerus terjadi.

Berita

Mendorong Implementasi Layanan Kesehatan Reproduksi Inklusif

Solider.id, Yogyakarta- Berdasar Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS) 2015, terdapat 21 juta penduduk Indonesia membutuhkan layanan khusus, salah satunya layanan kesehatan. Jumlah tersebut menjadi tanggungjawab negara yang memiliki kewajiban dalam memberikan pemenuhan atas layanan kesehatan khusus tersebut, tidak peduli besar atau kecil jumlahnya.

Berita

Pentingnya Memahami Deteksi Dini ODGJ bagi Masyarakat

Solider.id, Situbondo- Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) seringkali diabaikan lingkungan sosial, utamanya di lingkungan keluarga. Hal tersebut karena minimnya pemahaman deteksi dini untuk bagaimana memperlakukan ODGJ dengan layak.

Hal tersebut disampaikan Franciscus Adi Prasetyo, dosen Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial Universitas Jember dalam sosialisasi bertajuk Deteksi Dini Kesehatan Jiwa dan Desa Siaga Sehat Jiwa yang dilaksanakan Puskesmas Kecamatan Situbondo (16/7) .

Difabelitik

Disabilitas Bukan Penyakit

Solider.id, Solo- Akhir-akhir ini, para anak-anak Tuli diantar oleh orangtua pergi ke sebuah tenda berwarna biru untuk mengobati gangguan pendengaran. Hal tak lain lebih disebut terapi pendengaran. Pemilik tenda biru itu mengakui sebagai tempat terapis pendengaran dan diklaim berhasil menyembuhkan beberapa penderita gangguan pendengaran menjadi bisa mendengar lagi.

Artikel

Windi dan Tontonan Kaum Ableist!

Oleh Ishak Salim*

 

FAUZAN MUKRIM, kawan dari Makassar mengunggah kabar seorang anak perempuan asal Pekalongan. Windi, namanya. Ia lihai menarik atau menekuk garis di lembar putih membentuk beragam motif untuk desain bermacam gaun perempuan. Windi hanya punya pulpen atau pensil sehingga desainnya hanya bermotif putih dan hitam.

Banyak orang menyukai hasil torehan pena Windi. Sudah beratus lembar kertas ia menarikan pensil dengan jemari kecilnya.

Difabelitik

Mempertanyakan KPU dan Pemahamannya Tentang Difabilitas

Solider.id, Malang- Dari pemilu ke pemilu difabel secara umum masih dalam perkembangan yang stagnan. Berada dalam konteks obyek penderita, sehingga perannya dianggap lemah dan kurang penting.

Namun peraturan perundangan yang menjamin hak politik difabel memaksa siapapun wajib melaksanakan hal tersebut. Pahitnya, paradigma sesat pikir para pemangku kebijakan masih mewarnai setiap keputusan, bahkan melahirkan kebijakan yang bertentangan dengan UU Disabilitas.

Berlangganan Disabilitas
The subscriber's email address.