Lompat ke isi utama
Difabelitik

Memetakan Penanganan Difabel Pasca Pandemi Covid-19

Solider.id, Boyolali- Asesmen dampak Covid-19, sudah dipaparkan ke publik. Dari asesmen, dihasilkan 8 rekomendasi yang memerlukan tindak lanjut agar bisa diimplementasikan sebagai bahan referensial bagi pemerintah dalam merespon kebutuhan masyarakat difabel yang terdampak pandemi Covid-19.

Berita

Layanan Telemedicine bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Solider.id- Kebiasaan baru dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang masih diberlakukan saat ini karena pandemi, sangat riskan membawa anak-anak berkebutuhan khusus untuk berobat atau menjalani terapi di rumah sakit.

Layanan Telemedicine menawarkan alternatif sebagai penghubung bagi para orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dengan dokter yang memberikan terapinya. Ada tiga macam fitur yang ditawarkan yakni melalui pesan WhatsApp, video call dan telepon.

Berita

Alat Bantu Menjadi Prasyarat Difabel Berpartisipasi

Solider.id– Alat bantu bagi Difabel bukan hanya berguna dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, namun juga berpotensi mengubah pandangan difabel itu sendiri. Hal ini diungkapkan Eka Prastama Widiyanta saat menjadi narasumber dalam webinar bertajuk Pelatihan Pengembangan Teknologi Asistif Untuk Media Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Webinar tersebut dihelat oleh Kelompok Program Pengabdian Pada Masyarakat dan Laboratorium PLB UNY, pada Rabu (1/7).

Difabelitik

Sumber Utama Diskriminasi Kepada Calon PNS Difabel

Solider- Koalisi Kelompok Kerja (Pokja) implementasi UU No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas mengelar diskusi Disability Gathering (Dignity) bertajuk Diskriminasi Kepada Calon PNS Difabel, pada 16 Juni 2020.

Heppy Sebayang, seorang advokat difabel yang menjadi narasumber pada diskusi tersebut, menyatakan, sumber utama diskriminasi terhadap CPNS difabel. Salah satunya adanya ketentuan sehat jasmani dan rohani.

Berita

Menghadapi Pandemi dengan Pendekatan Mindfulness

Solider.id, Surakarta- Youthizenid, sebuah wadah yang digawangi anak-anak muda menggelar diskusi daring terkait pengaruh pandemi Covid-19 terhadap kesehatan jiwa pada Rabu (10/6). Selain itu diskusi juga mengenalkan satu pendekatan bagaimana masyarakat bisa menerima kenyataan terhadap perubahan kondisi hari ini, atau dikenal dengan istilah Mindfulness.

Difabelitik

Beratnya Menempuh Pendidikan di Sekolah yang Belum Ramah Difabel

solider.id- Sudah tengah malam, saat guru salah satu mata pelajaran ilmu sosial mengirim tugas ke grup WhatsApp khusus mata pelajarannya. Saya baru saja ingin berteriak, mengingatkan guru muda itu perihal jam berapa sekarang ini melalui voice note saat dia mengirim pesan berikutnya.

"Dikirim besok, setelah jam pelajaran bapak selesai," pesannya.

Difabelitik

Ragam Hambatan, Risiko Difabel dan Rekomendasi untuk Menangani Covid-19

solider.id, Bandung– Kondisi selama pandemi covid-19 berlangsung telah menimbulkan banyak permasalahan dalam berbagai sektor kehidupan masyarakat. Ragam hambatan dan risiko sangat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, termasuk masyarakat difabel.

Bukan hanya sebatas pada risiko dalam bidang kesehatan yang berujung kematian disebabkan wabah virus covid-19 ini. Sektor ekonomi, sosial, bahkan layanan informasi menjadi hambatan tersendiri bagi masyarakat difabel.

Berita

Risiko Asap Rokok Saat Covid-19 bagi Ibu Hamil

solider.id, Surakarta- Pandemi Covid-19 mengharuskan semua orang, terutama ibu hamil untuk menjaga imunitas tubuhnya agar tidak mudah terpapar. Sehingga, diharuskan pula semua orang menghindari hal-hal yang dapat mengganggu imunitas tubuh dan memiliki kemungkinan terpapar Covid-19, salah satunya rokok.

Artikel

Asrama dan Pendidikan Khusus bagi Difabel, Penyumbang Eksklusi Terbesar

Solider.id,  Yogyakarta- Dua pekan terakhir, dunia pergerakan difabel dihebohkan dengan peristiwa yang terjadi di sebuah asrama difabel netra di Bandung karena berbagai kepentingan dan alasan tertentu. Pengelola asrama melakukan pembatasan masa tinggal di asrama hingga waktu tertentu. Bahkan menurut beberapa pemberitaan yang dilansir dari berbagai media, direncanakan ada pemindahan tempat tinggal kawan-kawan netra yang bernaung di asrama. Hal ini tentu menuai reaksi yang beragam dari berbagai pihak.

Berlangganan Disabilitas
The subscriber's email address.