Lompat ke isi utama
Difabelitik

Aku Bangga Menjadi Tuli, Sebuah Pameran Perupa Tuli Yogyakarta

Solider.or.id.Yogyakarta. Lima remaja tuli yang bergabung dalam Komunitas Deaf Art Community (DAC) Yogyakarta, menyelenggarakan pameran karya seni rupa (lukis) dengan tema “Aku Bangga Menjadi Tuli”. Pameran yang disupport oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta itu, diselenggarakan di Sekolah Semangat Tuli (SST), Langenarjan Lor No. 16 A, Yogyakarta. Pameran dibuka pada Sabtu (23/9/2017), akan berlangsung selama satu minggu, 23 – 29 September 2017.

Braille dan Identitas Difabel Netra Sen, 11/01/2016 - 10:23

 

Braille merupakan sebuah sistem tulisan bagi difabel netra untuk mengenal budaya baca tulis. 4 Januari 1809 merupakan hari kelahiran Louis Braille, penemu Braille, yang kemudian diperingati sebagai hari braille sedunia. Berkat penemuan Louis Braille, difabel netra di seluruh dunia dapat membaca dan menulis melalui sebuah sistem yang unik. Seperti halnya orang nondifabel, pembelajaran membaca dan menulis braille diajarkan pada seorang anak difabel netra sejak ia masuk usia sekolah.

Difabelitik
Difabelitik

Melebarkan Peluang Industri Musik bagi Difabel Netra

Solider.id, Malang- Profesi difabel netra hingga hari ini masih diidentikkan dengan pemijat. Padahal, selain dunia perpijatan, beberapa orang dengan hambatan penglihatan ini mampu melakukan profesi lainnya seperti dalam bidang industri musik. Dimana profesi terbanyak kedua yang dilakoni difabel netra selain pemijat, meski pelaku musik dari kalangan ini terbilang minim.

Difabelitik

Jalan-jalan ke Dua Gedung Pengadilan di Surakarta

Solider.id, Surakarta- Dari sekian tantangan yang perlu dihadapi oleh sistem pengadilan, salah satunya dalah tentang penyediaan layanna yang akses bagi difabel berhadapan dengan hukum.

Sebagaimana pada jurnal Difabel Vol. 1 Kompleksitas Persoalan Difabel Berhadapan dengan Hukum terbitan Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel (SIGAB) Yogyakarta. Di dalamnya mencatat ada beberapa tanggungjawabh terkait pemenuhan aksesibilitas, khususnya dalam mendesain gedung peradilan.

Bagaiamana Islam Memandang Difabel? Jum, 25/05/2018 - 08:03

Solider.id, Bontonompo – Setiap orang layak mendapat kesempatan untuk membangun hubungan dengan Tuhan. Tidak ada alasan untuk mengesampingkan siapa pun yang mencari kebenaran Agama tanpa terkecuali difabel. Dalam beberapa literatur Islam, kita mungkin pernah menemukan sebuah cerita tentang sahabat nabi yang difabel, ya, dialah Abdullah Ibn Umm Maktum.

Difabelitik
Difabelitik

Kiat Bersaing Kelompok Kerja Difabel dalam Dunia Kerja

Solider.id, Malang- Kelompok Kerja Difabel Lingkar Sosial dibentuk sejak Maret 2016 sampai sekarang masih terus eksis berkegiatan dengan motto “difabel itu bisa!” Namun tentu saja berbagai hambatan tak lepas dari kelompok yang beranggotakan inklusif ini.

Hambatan yang ada seperti permodalan dan kecepatan produksi. Sementara itu, juga dihadapkan pada tantangan persaingan global. Khususnya industri berbasis tenaga kerja nondifabel yang berpotensi lebih cepat dalam proses produksi dan akses permodalan.

Difabelitik

Disabilitas Bukan Penyakit

Solider.id, Solo- Akhir-akhir ini, para anak-anak Tuli diantar oleh orangtua pergi ke sebuah tenda berwarna biru untuk mengobati gangguan pendengaran. Hal tak lain lebih disebut terapi pendengaran. Pemilik tenda biru itu mengakui sebagai tempat terapis pendengaran dan diklaim berhasil menyembuhkan beberapa penderita gangguan pendengaran menjadi bisa mendengar lagi.

Difabelitik

Mengorek Sejarah Awal Al-Quran Braille di Indonesia

Solider.id, Makassar- Al-quran Braille muncul di Indonesia diperkirakan sejak tahun 1954 ketika Lembaga Penerbitan dan Perpustakaan Braille Indonesia (LPPBI). LPPBI menerima kiriman Al-quran Braille dari Unesco.

LPPBI merupakan satu-satunya lembaga penerbitan dan perpustakaan Braille terbesar saat itu. LPPBI bernaung di bawah Departemen Sosial dan berkedudukan di Bandung.  Keberadaan Unesco di sini sesungguhnya hanya sebagai penyalur, sedangkan Al-quran Braille yang dikirim merupakan terbitan Yordania pada 1952.

Berlangganan Difabelitik
The subscriber's email address.