Lompat ke isi utama
Aku Bangga Menjadi Tuli, Sebuah Pameran Perupa Tuli Yogyakarta Sen, 25/09/2017 - 11:00

Solider.or.id.Yogyakarta. Lima remaja tuli yang bergabung dalam Komunitas Deaf Art Community (DAC) Yogyakarta, menyelenggarakan pameran karya seni rupa (lukis) dengan tema “Aku Bangga Menjadi Tuli”. Pameran yang disupport oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta itu, diselenggarakan di Sekolah Semangat Tuli (SST), Langenarjan Lor No. 16 A, Yogyakarta. Pameran dibuka pada Sabtu (23/9/2017), akan berlangsung selama satu minggu, 23 – 29 September 2017.

Difabelitik
Braille dan Identitas Difabel Netra Sen, 11/01/2016 - 10:23

 

Braille merupakan sebuah sistem tulisan bagi difabel netra untuk mengenal budaya baca tulis. 4 Januari 1809 merupakan hari kelahiran Louis Braille, penemu Braille, yang kemudian diperingati sebagai hari braille sedunia. Berkat penemuan Louis Braille, difabel netra di seluruh dunia dapat membaca dan menulis melalui sebuah sistem yang unik. Seperti halnya orang nondifabel, pembelajaran membaca dan menulis braille diajarkan pada seorang anak difabel netra sejak ia masuk usia sekolah.

Difabelitik
Difabelitik

Social Justice Youth Camp; Sebuah Usaha Membangun Jaringan Remaja yang Berkeadilan Sosial

Solider.id, Makassar--masyarakat yang berkeadilan sosial menjadi upaya dan kerja yang tak pernah habis di negara Indonesia. Indonesia Social Justice Network (ISJN) yang merupakan komunitas penerima beasiswa International Fellowship Program terpanggil untuk mendorong kaum muda sebagai agen perubahan untuk memahami arti penting keadilan sosial dan menciptakan serta menghadirkan kehidupan bangsa yang berkeadilan sosial melalui kerjasama.

Difabelitik

Peluang Beasiswa Perguruan Tinggi bagi Difabel Netra

Solider.id, Semarang -  Tahun ajaran baru periode 2018 – 2019 akan segera dimulai. Masyarakat Indonesia tengah disibukkan dengan aktivitas pemilihan institusi Pendidikan yang tepat untuk menuntut ilmu. Begitu pula dengan masyarakat difabel.  Bagi difabel, di samping menentukan tempat bersekolah yang sesuai minat, mereka juga perlu mempertimbangkan aksesibilitas sekolah atau perguruan tinggi yang mereka pilih. Ketidakaksesan institusi Pendidikan dapat berpengaruh pada perkembangan akademik peserta didik.

Mencari Sekolah yang Cocok untuk Tuli Sen, 09/07/2018 - 06:13

Oleh Raka Nurmujahid

 

Solider,id- Dari berbagai informasi yang saya himpun, baik dari kerabat atau informasi yang saya dapat dari media sosial, tibalah saya pada kesimpulan bahwa betapa sulitnya mencari sekolah yang cocok bagi kebutuhan Tuli.

Saya menerima kabar dari Decky seorang anggota Gerkatin Solo melalui grup WhatApps Gerkatin Solo. Kabarnya berisi tentang informasi yang dialaminya tentang pengalaman berkuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang minim akses dan kurang ramah difabel, khususnya bagi Tuli.

Difabelitik
Berlangganan Difabelitik
The subscriber's email address.