Lompat ke isi utama
Difabelitik

Aku Bangga Menjadi Tuli, Sebuah Pameran Perupa Tuli Yogyakarta

Solider.or.id.Yogyakarta. Lima remaja tuli yang bergabung dalam Komunitas Deaf Art Community (DAC) Yogyakarta, menyelenggarakan pameran karya seni rupa (lukis) dengan tema “Aku Bangga Menjadi Tuli”. Pameran yang disupport oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta itu, diselenggarakan di Sekolah Semangat Tuli (SST), Langenarjan Lor No. 16 A, Yogyakarta. Pameran dibuka pada Sabtu (23/9/2017), akan berlangsung selama satu minggu, 23 – 29 September 2017.

Braille dan Identitas Difabel Netra Sen, 11/01/2016 - 10:23

 

Braille merupakan sebuah sistem tulisan bagi difabel netra untuk mengenal budaya baca tulis. 4 Januari 1809 merupakan hari kelahiran Louis Braille, penemu Braille, yang kemudian diperingati sebagai hari braille sedunia. Berkat penemuan Louis Braille, difabel netra di seluruh dunia dapat membaca dan menulis melalui sebuah sistem yang unik. Seperti halnya orang nondifabel, pembelajaran membaca dan menulis braille diajarkan pada seorang anak difabel netra sejak ia masuk usia sekolah.

Difabelitik
Difabelitik

Disabilitas Bukan Penyakit

Solider.id, Solo- Akhir-akhir ini, para anak-anak Tuli diantar oleh orangtua pergi ke sebuah tenda berwarna biru untuk mengobati gangguan pendengaran. Hal tak lain lebih disebut terapi pendengaran. Pemilik tenda biru itu mengakui sebagai tempat terapis pendengaran dan diklaim berhasil menyembuhkan beberapa penderita gangguan pendengaran menjadi bisa mendengar lagi.

Difabelitik

Mengorek Sejarah Awal Al-Quran Braille di Indonesia

Solider.id, Makassar- Al-quran Braille muncul di Indonesia diperkirakan sejak tahun 1954 ketika Lembaga Penerbitan dan Perpustakaan Braille Indonesia (LPPBI). LPPBI menerima kiriman Al-quran Braille dari Unesco.

LPPBI merupakan satu-satunya lembaga penerbitan dan perpustakaan Braille terbesar saat itu. LPPBI bernaung di bawah Departemen Sosial dan berkedudukan di Bandung.  Keberadaan Unesco di sini sesungguhnya hanya sebagai penyalur, sedangkan Al-quran Braille yang dikirim merupakan terbitan Yordania pada 1952.

Difabelitik

Pilih Sekolah Regular atau Panti Rehabilitasi Sosial?

Solider.id, Semarang- Kebimbangan kerap kali menghantui benak difabel ketika mereka harus menentukan pilihan, apakah mereka akan masuk sekolah regular atau panti rehabilitasi sosial.

Setiap hal tentunya mempunyai dua sisi baik dan buruknya. Menentukan pilihan ini, keluarga atau orang-orang terdekat dapat memberikan pertimbangan tentang sisi positif dan negatif dari kedua pilihan tersebut. Berikut ini sekilas gambaran singkat tentang kelebihan dan kekurangan dari sekolah reguler dan panti rehabilitasi sosial.

Sekolah regular

Difabelitik

Empat Langkah Penting Menuju Indonesia Bebas Kusta

Solider.id, Malang- Stigma dan diskriminasi hingga kini masih melekat kepada orang dengan kusta dan orang yang pernah mengalaminya. Utamanya di bidang kesehatan, mereka masih mengeluhkan adanya diskriminasi pelayanan serta birokrasi yang tidak berpihak pada pemenuhan hak mereka dan orang yang pernah mengalami kusta (OYPMK).

Difabelitik

Memaksimalkan Kuota Lapangan Pekerjaan bagi Difabel

Solider.id, Cimahi– Sudah bukan pemandangan yang asing lagi setiap awal Mei tepatnya tanggal 1, pawai buruh dengan orasi menuntut hak mereka. Aksi demo di depan gedung pemerintahan pun tidak dapat dielakan. Bukan hanya ratusan jumlahnya, melainkan hingga ribuan para buruh turun ke jalan. Termasuk buruh difabel, namun Bagaimana dengan nasib usia produktif masyarakat difabel?

Undang-Undang Ketenagakerjaan Pasal 6 Nomor 13 Tahun 2003 menyebutkan:

Difabelitik

Paradigma Model Medis dalam Diskusi Aksesibilitas Narapidana dan Tahanan Difabel

Solider.id, Yogyakarta - Dalam sebuah tulisan saya yang berjudul “Panduan Komunikasi Inklusif: Belajar dari Pemerintah Inggrisyang dapat diakses di https://www.solider.id/baca/4422-panduan-komunikasi-inklusif-belajar-pe…, saya menekankan betapa seriusnya Pemerintah Kerajaan Inggris dalam mendorong pemakaian bahasa yang inklusif tanpa diskriminasi terhadap warga masyarakat difabel di Inggris.

Berlangganan Difabelitik
The subscriber's email address.