Lompat ke isi utama
Difabelitik

Aku Bangga Menjadi Tuli, Sebuah Pameran Perupa Tuli Yogyakarta

Solider.or.id.Yogyakarta. Lima remaja tuli yang bergabung dalam Komunitas Deaf Art Community (DAC) Yogyakarta, menyelenggarakan pameran karya seni rupa (lukis) dengan tema “Aku Bangga Menjadi Tuli”. Pameran yang disupport oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta itu, diselenggarakan di Sekolah Semangat Tuli (SST), Langenarjan Lor No. 16 A, Yogyakarta. Pameran dibuka pada Sabtu (23/9/2017), akan berlangsung selama satu minggu, 23 – 29 September 2017.

Difabelitik

Braille dan Identitas Difabel Netra

 

Braille merupakan sebuah sistem tulisan bagi difabel netra untuk mengenal budaya baca tulis. 4 Januari 1809 merupakan hari kelahiran Louis Braille, penemu Braille, yang kemudian diperingati sebagai hari braille sedunia. Berkat penemuan Louis Braille, difabel netra di seluruh dunia dapat membaca dan menulis melalui sebuah sistem yang unik. Seperti halnya orang nondifabel, pembelajaran membaca dan menulis braille diajarkan pada seorang anak difabel netra sejak ia masuk usia sekolah.

Difabelitik

Tantangan Inklusi Masyarakat Difabel dalam Pasar Kerja

Solider.id, - Kondisi ketenagakerjaan masyarakat difabel cenderung lebih minim dibanding mereka yang nondifabel di pasar kerja. Tantangan inklusi dalam dunia kerja masih menjadi catatan khusus yang perlu mendapatkan perhatian dari berbagai pihak terkait.

 

Perlu adanya penyelarasan antara kebijakan yang dibuat oleh pemerintah, kebutuhan sumberdaya manusia yang dibutuhkan oleh penyedia atau pemilik lapangan kerja, dan kesiapan serta kemampuan dari tenaga kerja difabel itu sendiri.

 

Difabelitik

Alternatif Pekerjaan Pasca Pandemi bagi Difabel Masih Minim

Solider.id, Bandung- Bagaimana cara para terapis difabel netra pasca pandemi berlangsung dalam mencoba mempertahankan kehidupannya secara ekonomi?

 

Dampak pandemi covid-19 masih sangat terasa olah masyarakat luas termasuk para difabel. Ragam aktivitas yang mengharuskan berinteraksi secara langsung, atau yang memerlukan kontak fisik masih terus diminimalisir. Termasuk jenis prosesi para terapis yang masih menutup layanan klinik pijat difabel netra di berbagai lokasi.

 

Berlangganan Difabelitik
The subscriber's email address.