Lompat ke isi utama
Figur

Pemuda Difabel yang Khusyuk Bermusik

Solider.id, Yogyakarta- Tepat pada waktu tengah hari, saya duduk bersebelahan dengan laki-laki berbadan tambun yang sedang asyik bermain gawai. Saya mengajaknya bersalaman, tapi ia tidak tahu kemana tangannya harus mengarah. Saya pun meraih tangannya. Ia mungkin tahu saya duduk di sebelahnya setelah saya menyapa. Ia seorang difabel netra.

Namanya Arif Prasetyo. Kamis (6/12) itu kami bertemu di Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga. Sebuah unit layanan yang juga berperan sebagai pusat studi dan kajian tentang difabel.

Teknologi

Sakidi dan Radio Streaming bagi Difabel Netra

Solider.id, Bandung– Kemampuan difabel kini sudah dapat mengimbangi masyarakat pada umumnya. Geliat ragam prestasi unjuk kompetensi hingga pemberdayaan diri sudah banyak terbukti. Bidang profesi pun kian merambah, dari seni hingga infomasi teknologi. Sebagian banyak individu difabel yang pada akhirnya mampu eksis dan berkembang secara pribadi.

Salah satunya Sakidi, sosoknya tepat disebut sebagai visioner di bidang Informasi Teknologi (IT).

Artikel

Difabel Netra dan Profesi Pemijat: Identik atau Pengidentikkan?

Solider.or.id -  Dalam kehidupan difabel di Indonesia, eksklusifitas lingkungan menggiring difabel dalam keadaan-keadaan yang membatasi. Tak terkecuali pada bidang mata pencaharian. Mungkin, sudah sering terdengar bahwa ada keidentikkan antara difabel dengan profesi tertentu. Misal, difabel daksa sering identik dengan profesi tukang servis barang elektronik, tuli identik dengan profesi penjahit, difabel netra identik dengan profesi pemijat dan keidentikkan lainnya.

Artikel

Lingkungan Pendidikan Inklusi: Pembentukan Karakter Difabel

Solider.or.id. Yogyakarta. Setahun menjadi Pengajar Muda program Indonesia Mengajar di Kabupaten Maluku Barat Daya banyak memberikan pengetahuan baru tentang korelasi antara masa tumbuh kembang anak dengan karakter anak tersebut di masa depan. Maluku adalah salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan karakter penduduknya yang keras dan temperamental. Meskipun tidak semua orang Maluku seperti itu, stereotip keras dan tempermental memang sangat dekat dengan mereka.

Berita

Menyuarakan Yang Tak Terlihat Difabel Netra Siap Menembus Dunia Penyiaran Radio

Solider.or.id, Bandung – Asah kemampuan difabel netra melalui potensi suara. Pelatihan penyiaran radio untuk para difabel netra berlangsung di Museum Konferensi Asia Afrika Bandung, Minggu (8/10).

Di ruang galeri 1 Museum Asia Afrika telah digelar sebuah ajang bergengsi untuk para difabel netra kota Bandung. Bertajuk ‘Menyuarakan Yang Tak Terlihat’ sengaja diambil sebagai tema universal. Pelatihan penyiaran radio tersebut di usung juga oleh penyiar senior salah satu radio swasta nasional, Vivie Novidia sebagai trainer.

LifeStyle

Digital Bank, Harapan Baru Akses Perbankan bagi Difabel Netra

 

Solider.or.id.Yogyakarta. Sebagaimana diberitakan berbagai media baik cetak maupun online, serta televisi di Jakarta, saat ini telah hadir layanan perbankan berbasis aplikasi di telepon seluler (ponsel). Digibank oleh PT DBS Bank Indonesia, menjadi bank digital yang hadir dalam aplikasi smartphone pertama di Indonesia yang resmi diluncurkan pada Selasa (29/8/2017).

 

Peta Taktual Jembatani Akses Informasi Geografis Difabel Netra

Solider.or.id, Yogyakarta- Setia Adi Purwanta (63), direktur Dria Manunggal mempersembahkan peta timbul yang memuat simbol dan kode braille berbahan logam berujuran 210 x 130 cm.

Peta taktual di atas logam tersebut, akan dibarengi dengan panduan bagi orang awas dalam mempelajari braille dan kode-kode braille. Orang-orang dapat sekaligus belajar Braille melalui peta taktual tersebut.

Edukasi

Difabel Netra Masih Awam dengan Pendidikan Kesehatan Reproduksi pada Anak

Solider.or.id, Yogyakarta – Remaja dan orangtua difabel masih awam pengetahuan tentang kesehatan reproduksi yang benar dan tepat. Menurut riset dari Sentra Advokasi Difabel, Perempuan, dan Anak (SAPDA), dari 200 difabel sebagai subjek riset, 80 persen di antaranya belum paham tentang pubertas dan menstruasi pada perempuan. Fika, salah satu pengurus DPD Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) mengaku masih bingung untuk memberi pengetahuan kesehatan reproduksi kepada putrinya yang tahun ini masih SD.

Difabelitik

Braille dan Identitas Difabel Netra

 

Braille merupakan sebuah sistem tulisan bagi difabel netra untuk mengenal budaya baca tulis. 4 Januari 1809 merupakan hari kelahiran Louis Braille, penemu Braille, yang kemudian diperingati sebagai hari braille sedunia. Berkat penemuan Louis Braille, difabel netra di seluruh dunia dapat membaca dan menulis melalui sebuah sistem yang unik. Seperti halnya orang nondifabel, pembelajaran membaca dan menulis braille diajarkan pada seorang anak difabel netra sejak ia masuk usia sekolah.

Figur

Fiersha “MamaMia”: Menikmati Hidup di Jalur Musik

Solider.or.id-Bandung, Melewati keterbatasan dengan segudang prestasi tidaklah mudah dilaluinya, butuh perjuangan, kerja keras dan kesabaran. Itulah Fiersha “MamaMia” Hanifah, jebolan ajang pencarian bakat “MamaMia” Indosiar (TV Nasional) season pertama tahun 2007 meraih juara 3 kala itu. Dibalik keberhasilan Fiersha ada sosok sang Mama yang menjadi kekuatannya, dialah Ace Amalia.

Berlangganan difabel netra
The subscriber's email address.