Lompat ke isi utama
Berita

Menyiapkan Inklusifitas di Kota Makassar

Solider.id, Yogyakarta- PerDIK Makassar bekerjasama dengan Indonesia Corruption Watch (ICW) menggelar diskusi bertemakan Makassar Kota Inklusi: Partisipasi Koalisi Organisasi Peduli Disabilitas Dalam Perencanaan Penganggaran Pembangunan Kota Makassar, Selasa (14/7) pagi.

Diskusi publik ini mengundang sejumlah perwakilan dari entitas pemerintah, diantaranya  Andi Hadijah Iriani, Kepala Bappeda Kota Makassar, Rudianto Lallo, Ketua DPRD Kota Makassar dan perwakilan dari difabel Nur Syarif Ramadhan, Peneliti PerDIK.

Difabelitik

Sebuah Upaya Mengikis Stigma “Lulusan Sekolah Luar Biasa”

Oleh Nabila May Sweetha

“Bagiku, Sekolah Luar Biasa bukanlah pilihan terbaik dari yang terburuk.”

Solider.id, Makassar- Ada getar di bibir dan tanganku usai menjawab dua pertanyaan yang menyentil tentang pengalamanku menembus stigma di sekolah. Meski kemudian satu kalimat Kak Ishak menenangkanku.

"Semua orang adalah guru dan semua tempat adalah sekolah," tutur Kak Ishak.

Difabelitik

Tak Dikenali Sistem; Dua Siswi Difabel Netra Tak Dapat Mendaftar di SMA Negeri

Solider.id, Makassar – Pendidikan menjadi salah satu hak difabel yang dilindungi undang-undang. Tertera jelas dalam konstitusi negara ini, tak lantas membuat difabel mudah mengakses pendidikan khususnya pendidikan inklusif. Masa penerimaan siswa baru untuk jenjang Sekolah menengah Atas (SMA) tahun ajaran 2018/2019, dua siswi difabel netra asal Makassar risau dengan harapannya menimba ilmu di sekolah negeri.

Dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 4 Ayat 1 ditegaskan bahwa:

Berlangganan difabel makassar
The subscriber's email address.