Lompat ke isi utama
Difabelitik

Memahami Kusta dari Aspek Sosial dan Medis

Solider.id, Cimahi– Secara sosial, stigma kusta di lingkungan masyarakat sangat mengakar. Kusta dianggap sebagai penyakit yang menakutkan. Sebagian banyak orang memahami bahwa kusta bisa menular cepat, sehingga tidak jarang orang dengan hambatan kusta dikucilkan dan dijauhi.

Timbulnya driskiminasi terhadap kusta tersebut masih dirasakan. Minimnya informasi mendalam tentang kusta, menjadi salah satu faktor penyebab perubahan tingkah laku di lingkungan sosial terhadap orang dengan hambatan kusta.

Hari Kusta Sedunia: FARHAN Kritisi Pemenuhan Hak bagi Kusta Sen, 29/01/2018 - 18:27

Solider.id, Malang- Federasi Reintegrasi Hansen (Farhan) Indonesia dalam pernyataan sikapnya di Hari Kusta Sedunia 2018, meminta kepada Pemerintah pusat dan daerah untuk memperhatikan orang dengan hambatan kusta. Menurut organisasi payung komunitas kusta di Indonesia ini, difabel kusta belum mendapatkan layanan maksimal.

"UU RI Nomor 8 Tahun 2016 sudah disahkan namun kami masyarakat kusta di Indonesia belum menerima layanan kesehatan yang layak," ungkap Pendiri Farhan, Nuah Perdamenta Tarigan saat di Jakarta (28/1).

Berita
Berlangganan Difabel Kusta
The subscriber's email address.