Lompat ke isi utama
Artikel

Tantangan Perencanaan-Penganggaran Pembangunan Inklusi di Daerah

Solider.or.id. Yogyakarta. Perencanaan-Penganggaran Pembangunan Inklusi bukan menjadi hal baru di Indonesia. Legalitas  hukum untuk memayunginya sudah ada. Tonggak penting dari beberapa payung hukum tersebut diantaranya adalah UU No. 11 Tahun 2005 tentang Ratifikasi Kovenan Hak-hak EKOSOB), UU No. 12 Tahun 2005 tentang Ratifikasi Kovenan Hak-hak SIPOL, UU No. 19 Tahun 2011 tentang Ratifikasi CRPD, UU No.

Berita

Lokakarya Perencanaan-Penganggaran Pembangunan Inklusi Selesai Dilaksanakan

Solider.or.id. Yogyakarta. Lokakarya Perencanaan-Penganggaran Pembangunan Inklusi yang digelar oleh SIGAB (Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel) sejak Selasa (24/10) di Hotel Cavinton Yogyakarta resmi berakhir Kamis (26/10). Lokakarya yang merupakan kerjasama antara SIGAB, Pemerintah Kabupaten Sleman, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Program Peduli, YAKKUM dengan dukungan dari The Asia Foundation ini melibatkan dua puluh empat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dari Kabupaten Sleman dan Kulon Progo.

Artikel

Perencanaan-Penganggaran Pembangunan Inklusi yang Berdasarkan Hak Asasi Manusia

Solider.or.id. Yogyakarta. Dalam tata kelola pemerintahan yang baik, proses perencanaan penganggaran sudah seharusnya beralaskan pada pedoman hak asasi manusia. Pemenuhan hak asasi manusia menjadi kewajiban negara sesuai dengan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (DUHAM) yang berisi norma-norma internasional yang disepakati dan diterima oleh negara-negara di dunia melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Desa Inklusi

Temu Inklusi, Akulturasi Difabilitas dan Konsolidasi Gerakan Masyarakat Sipil

Solider.id- “Toboyo…! Toboyo…! Plembutan Timur…! Plembutan Timur…! Ngasem…! Ngasem…!” seru Pak Sukarpan seraya mengarahkan ratusan orang untuk naik ke kereta-kereta kelinci yang terparkir di halaman dan jalan depan balai desa Plembutan. Orang-orang pun segera naik ke kereta kelinci sesuai dengan jurusannya masing-masing. Pak Sukarpan yang merupakan purnawirawan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat itu sigap mengatur mobilitas ratusan orang dari balai desa dan lapangan ke berbagai homestay yang tersebar di seluruh pedukuhan di Desa Plembutan.

Artikel

Menilik Praktik Baik Organisasi Difabel di Desa dalam Pencegahan Depresi dan Bunuh Diri

SIGAB Indonesia mencatat, difabel di Desa, besar kemungkinan mengalami depresi, bahkan sampai taraf percobaan bunuh diri. Organisasi ataupun komunitas difabel di Desa menjadi solusi dengan memberi pendampingan bagi difabel dalam melewati fase penerimaan diri dan keluarga.

Solider.id- “Satu hal yang saya percaya untuk tidak lagi melakukan bunuh diri adalah saya bisa mengubah kondisi terburuk menjadi lebih baik bersama organisasi.”

Desa Inklusi

Praktik Inklusi Melalui Kirab Budaya di Desa Wedomartani

Solider.id, Sleman- Pemerintah Desa Wedomartani, Negmplak, Sleman, mengadakan kirab budaya yang diikuti kelompok difabel pada Minggu, (10/11). Gelaran tersebut bertujuan untuk membangun budaya inklusi kepada masyarakat desa.

Sekira 20 sepeda motor roda tiga dengan 40 peserta yang diwajibkan menggunakan pakaian adat setempat dan kebaya bagi perempuan, berboncengan, berkeliling desa. Beberapa dari pengendara sembari melakukan beberapa atraksi.

Desa Inklusi

Mencari Gagasan Desa Inklusi di Desa Sendangtirto

solider.id, Sleman- Dinas Provinsi Kalimantan Barat menggandengn 14 Kabupaten/Kota mengunjungi desa Sendangtirto untuk belajar memahami gagasan Rintisan Desa Inklusi (RINDI). Mulai dari sejarah bagaimana desa inklusi dirintis, mekanisme pendataan bagi difabel, membentuk aktor dan organisasi difabel di desa sampai pengaplikasian anggaran desa.

“Perjalanan kami kesini ingin mencari desa inklusi itu di mana dan seperti apa,” kata Marsalena perwakilan Dinas Sosial Provinsi Kal-Bar dalam sambutan di ruang rapat desa Sendangtirto, Berbah, Sleman (30/10).

Berlangganan Desa Inklusi
The subscriber's email address.