Lompat ke isi utama
Artikel

Tantangan Perencanaan-Penganggaran Pembangunan Inklusi di Daerah

Solider.or.id. Yogyakarta. Perencanaan-Penganggaran Pembangunan Inklusi bukan menjadi hal baru di Indonesia. Legalitas  hukum untuk memayunginya sudah ada. Tonggak penting dari beberapa payung hukum tersebut diantaranya adalah UU No. 11 Tahun 2005 tentang Ratifikasi Kovenan Hak-hak EKOSOB), UU No. 12 Tahun 2005 tentang Ratifikasi Kovenan Hak-hak SIPOL, UU No. 19 Tahun 2011 tentang Ratifikasi CRPD, UU No.

Berita

Lokakarya Perencanaan-Penganggaran Pembangunan Inklusi Selesai Dilaksanakan

Solider.or.id. Yogyakarta. Lokakarya Perencanaan-Penganggaran Pembangunan Inklusi yang digelar oleh SIGAB (Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel) sejak Selasa (24/10) di Hotel Cavinton Yogyakarta resmi berakhir Kamis (26/10). Lokakarya yang merupakan kerjasama antara SIGAB, Pemerintah Kabupaten Sleman, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Program Peduli, YAKKUM dengan dukungan dari The Asia Foundation ini melibatkan dua puluh empat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dari Kabupaten Sleman dan Kulon Progo.

Artikel

Perencanaan-Penganggaran Pembangunan Inklusi yang Berdasarkan Hak Asasi Manusia

Solider.or.id. Yogyakarta. Dalam tata kelola pemerintahan yang baik, proses perencanaan penganggaran sudah seharusnya beralaskan pada pedoman hak asasi manusia. Pemenuhan hak asasi manusia menjadi kewajiban negara sesuai dengan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (DUHAM) yang berisi norma-norma internasional yang disepakati dan diterima oleh negara-negara di dunia melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Desa Inklusi

Potensi Awal Menuju Rintisan Desa Inklusi 2

Solider.id, Kulon Progo- Beberapa desa di bawah dampingan Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel (SIGAB) Indonesia sudah memilik potensi berupa terbentuknya Kader Difabel Desa (KDD) dan Anggaran. Kedua potensi tersebut sudah berjalan sebelum proses pendampingan Rintisan Desa Inklusi (Rindi) dimulai.

“Dua potensi itu patut diapresiasi dan menjadi modal bagi berjalannya Rindi,” terang Suharto, direktur SIGAB di lokakarya Memperkenalkan Konsep Desa Inklusi di aula balai desa Ngestiharjo pada Kamis pagi, (7/2).

Desa Inklusi

Mencetak Agen Perubahan untuk Wujudkan Desa Inklusi

Solider.id, Yogyakarta- Setiap praktik baik, sudah seharusnya dipertahankan dan disebarkan. Baik kepada setiap orang di wilayah manapun. Dengan demikian praktik-praktik baik atau keberhasilan satu wilayah dapat direplikasi dan diimplementasikan secara lebih luas. Hal itu dilakukan oleh Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel  (SIGAB) Indonesia.

Difabelitik

Menganalisa dan Mereplikasi Praktik Baik RINDI

Solider.id, Yogyakarta- Pada Kamis siang (10/1) di ruang Seruni, Wisma Sargede yang terletak di Jalan Pramuka, Yogyakarta, 30 orang duduk berkumpul membentuk huruf U. Satu persatu secara bergantian beranjak dari tempat duduknya dan berpindah ke depan. Mereka bercerita tentang makanan kesukaan dengan ekspresi, gestur tubuh dan pilihan kata masing-masing.

Berita

Pendaftaran Temu Inklusi Diperpanjang Sampai 15 Oktober 2018

solider.id- Jadwal pendaftaran bagi partisipan Temu Inklusi 2018 diperpanjang sampai 15 Oktober 2018. Hal itu mengingat antusias dari masyarakat di akhir pendaftaran. Perpanjangan jadwal pendaftaran bertujuan untuk mengakomodir para partisipan yang belum mendaftar.

“Jika sebelumnya pendaftaran kami tutup 30 September,” jelas Nur Widya Hening Handayani, Sekretaris Temu Inklusi 2018 (4/10). Temu Inklusi 2018 akan dilaksanakan pada 22-25 Oktober di desa Plembutan, kecamatan Playen, Gunungkidul.

Memahamkan Peran Organisasi Difabel di Desa Jum, 21/09/2018 - 07:58

Solider.id, Surakarta- Eni Latifah pendamping desa bidang pemberdayaan di Kecamatan Polokarto pada Kemendes untuk Kabupaten Sukoharjo mulai terjun lebih intensif pada isu-isu difabilitas mulai awal 2018.

Sebagaimana tugas pendamping desa yang tupoksinya fokus kepada kegiatan-kegiatan yang didanai oleh dana desa, Eni mengaku bahwa segmen pemberdayaan bukanlah sebuah prioritas karena pemerintah desa lebih menitikberatkan kepada pembangunan infrastruktur.

Berita
Sendangtirto Resmi Punya Perdes Difabel Min, 16/09/2018 - 20:38

Solider.id, Sleman- Pemerintah Desa Sendangtirto, Berbah, Sleman mengesahkan Peraturan Desa No. 5 Tahun 2018 tentang Partisipasi Penyandang Disabilitas dalam Pembangunan Desa, Jumat (16/8) di Balai Desa Sendangtirto. Pengesahan ini didampingi oleh SIGAB dan dihadiri oleh segenap BPD (Badan Permusyawaratan Desa) serta Kader Difabel Desa (KDD).

Berita
Berita

Isu Difabel di Kecamatan Polokarto sampai di Pemerintah Desa

Solider.id, Sukoharjo- “Isu difabel tidak begitu populer di Kecamatan Polokarto jika dibanding dengan isu lainnya seperti perempuan dan kemiskinan. Namun seiring berjalannya waktu, isu difabel semakin disadari penting untuk dipahami terutama bagi pemangku kebijakan,lalu pada tahun 2018 mulai diperhatikan.”

Hal demikian dikatakan Suharto, sekretaris Kecamatan Polokarto pada pertemuan pertama dan pembentukan kelompok difabel yang dihadiri 40 difabel dan perangkat desa di Balai Desa Polokarto Kecamatan Polokarto, Kamis (6/9).

Berlangganan Desa Inklusi
The subscriber's email address.