Lompat ke isi utama
Artikel

Mengikis Stigma Celebral Palsy dengan Pendidikan

Solider.or.id, Malang - Celebral Palsy atau CP (baca: sipi) secara garis besar adalah gangguan fungsi motorik pada otak yang ditandai susahnya pengendalian otot, kekakuan, dan kelumpuhan. Anak dengan CP masih mengalami berbagai hambatan sosial di masyarakat. utamanya hak pendidikan.    Hal ini karena anak-anak dengan CP masih dianggap sebagai beban dan tidak mampu untuk menempuh pendidikan, bahkan dianggap penyakit hingga kutukan.

LifeStyle

Cerita Tentang Dina, Anak Difabel dari Desa Keningar

Solider.or.id, Magelang-Awal mulaa saya bertemu dengan Dina adalah saat anak-anak Dusun Banaran Desa Keningar Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang yang tergabung dalam Sanggar Lare Joyo Mukti dan berafiliasi dengan komunitas Guyub Bocah menyelenggarakan acara pengajian jelang bulan Ramadan 2017 lalu. Di rumah Pak Sumadi yang terletak di dusun yang sama, pada sebidang ruang yang terletak di bagian depan difungsikan sebagai perpustakaan bagi anak-anak sanggar yang terdiri dari SD dan SMP.  

Mengenal Cerebral Palsy di Hari CP Sedunia

Setiap hari Rabu minggu pertama di bulan Oktober, diperingati sebagai Hari Cerebral Palsy Sedunia (World Cerebral Palsy Day). Sehingga tahun ini hari Cerebral Palsy (CP) dunia jatuh pada hari Rabu tanggal 5 Oktober 2015.

Untuk memperingati hari Cerebral Palsy dunia, pada artikel kali ini saya tertarik untuk mengulas teks pada gambar di samping, yang merupakan pesan moral bagi siapa saja.

LifeStyle

Anak Cerebral Palsy Tunjang Mobilitas melalui Alat Bantu

“Cerebral Palsy (CP) atau kelumpuhan otak besar, adalah suatu kondisi terganggunganya fungsi otak dan jaringan syaraf yang mengendalikan gerakan, laju belajar, pendengaran, penglihatan dan kemampuan berpikir, sering kali disertai kejang.” dr.Gurtino Adisetyawan, Sp.,KFR. menyampaikan dalam diskusi di Lantai 1 RSA UGM, Sabtu (23/8)

Figur

Hisyam Ali: Remaja Cerebral Palsy, Lima Kali Khatam Al-Qur’an dan Hafal Dua Juz

Hisyam Ali, anak dengan cerebral palsy ini membuktikan bahwa ia mampu. Gangguan pada syaraf motorik yang  menyebabkan terhambatnya kontrol dan koordinasi gerak, tidak membuatnya lengah berusaha.

Solider.or.id, Yogyakarta- Hisyam Ali, 17 tahun, sudah lima kali mengkhatamkan kitab Al-Qur’an sekaligus menghafalkan dua juz.

 “Juz 29, Surat (67) Al-Mulk ayat 1-77 dan Juz 30, Surat (78) An-Nabaa ayat 1 – 114, yang sudah saya hafalkan,” ungkap siswa kelas 9 SMP Yapenas Yogyakarta ini dengan terbata-bata.

Berita

PPD Mitra Sejahtera Membentuk Organisasi Cerebral Palsy

Solider.id, Gunungkidul- Pusat Pemberdayaan Disabilitas (PPD) Mitra Sejahtera Gunungkidul mengundang para orangtua perwakilan dari anak dengan cerebral palsy untuk hadir dalam pembentukan organisasi (18/1). Utamanya untuk menghidupkan kembali organisais difabel yang Vakum di kabupaten Gunungkidul.

LifeStyle

Cerebral Palsy, Perjuangan Orang Tua serta Upaya Terapi

Solider.or.id,  Tuban - Kebutuhan seorang difabel dengan nondifabel tentulah berbeda, kalau difabel Cerebral Palsy tentu butuh Fisioterapy dan Okupasiterapy. Untuk melakukan fisioterapy secara berkesinambungan, perlu biaya yang tidak sedikit. ’’Hal  itulah yang mendasari  saya untuk tetap bekerja, tentu dengan izin suami ‘’ujar Widiarti, ibu dari Ufaira Nur Afifah gadis kecil Berusia 4,5 tahun difabel CP Spastic,ketika di konfirmasi via telepon.

Berlangganan cerebral palsy
The subscriber's email address.