Lompat ke isi utama
Braille dan Identitas Difabel Netra Sen, 11/01/2016 - 10:23

 

Braille merupakan sebuah sistem tulisan bagi difabel netra untuk mengenal budaya baca tulis. 4 Januari 1809 merupakan hari kelahiran Louis Braille, penemu Braille, yang kemudian diperingati sebagai hari braille sedunia. Berkat penemuan Louis Braille, difabel netra di seluruh dunia dapat membaca dan menulis melalui sebuah sistem yang unik. Seperti halnya orang nondifabel, pembelajaran membaca dan menulis braille diajarkan pada seorang anak difabel netra sejak ia masuk usia sekolah.

Difabelitik
Difabelitik

Buku dan Kegelapan yang Nyata

Ini adalah cerita para pemuda membangun literasi pengetahuan difabilitas di Makassar.

Solider.id, Makassar- “Kalau kata orang, buku adalah jendela dunia. Bagi saya, Kak, buku itu kegelapan yang nyata.”

30 menit sebelum mengucapkan kalimat itu, Yusuf buru-buru memesan jasa ojek daring melalui aplikasi yang ada di telepon genggamnya, setelah mendapati pesan singkat dari Luthfi, tentang tiga orang tamu rahasia dari Yogyakarta.

PP No. 27 tahun 2019 : Instrumen Penting dalam Pemajuan Akses Literasi bagi Difabel Sen, 09/09/2019 - 14:48

Pemerintah Republik Indonesia baru saja mengundangkan Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Akses Terhadap Ciptaan bagi Penyandang Disabilitas dalam Mmebaca dan Menggunakan Huruf Braille, Buku Audio, dan Sarana Lainnya

Difabelitik
Berita

Peluncuran Ikon Balai Penerbitan Braille Indonesia (BPBI) Abiyoso

Solider.id, Cimahi – Balai Penerbitan Braille Indonesia (BPBI) Abiyoso berlokasi di jalan Kherkof 21 Leuwi Gajah Cimahi Selatan, meluncurkan ikon barunya bertepatan dengan peringatan Hari Buku Nasional, Kamis (24/5) sore.

Book Fair yang digelar BPBI Abiyoso berlangsung dari Senin 21 Mei kemarin hingga Minggu 27 Mei mendatang. Dalam gelaran tersebut diluncurkan pula ikon baru dengan mengangkat tema ‘Mewujudkan kesetaraan dan aksesibilitas disabilitas Nerta melalui buku braille dan buku bicara.’

LifeStyle

Peran Braille di Era Digital

Solider.or.id, Malang. Huruf  braille merupakan salah satu  kebututuhan dasar bagi difabel netra dalam menyerap informasi. Ketika seseorang mengalami hambatan pengelihatan sejak lahir maka braille menjadi rujukan pertama yang wajib dipelajari, agar difabel netra mampu mengakses segala macam pengetahuan.

Berita

Traktat Marrakesh: Kesempatan Difabel Netra Produksi Banyak Karya Publikasi

Solider.or.id, Surakarta. Marrakesh Treaty atau Traktat Marrakesh dibuat untuk memfasilitasi akses atas ciptaan yang dipublikasikan bagi difabel netra, hambatan penglihatan atau difabel yang membaca dengan cetakan braille. Dimana Indonesia telah menandatangani Perjanjian Marrakesh ini pada 24 Septembner 2013 di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Jenewa dan menjadi negara ke-54 yang menandatangani perjanjian tersebut.

Edukasi

Pentingnya Keterampilan Baca Tulis Braille bagi Siswa Difabel Netra

Pembelajaran melalui Braille tetap memberikan keuntungan untuk difabel netra, dibanding dengan media digital yang terus berkembang.

Membaca dan menulis merupakan salah satu cara seseorang untuk dapat mempelajari pengetahuan baru. Bagi siswa difabel netra, aktivitas membaca dan menulis lazim dilakukan dengan menggunakan huruf braille. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini semakin banyak pilihan bagi siswa difabel netra untuk memperoleh berbagai informasi.

Berlangganan Braille
The subscriber's email address.