Lompat ke isi utama
Sekar Puja, perwakilan Bappeda Bandung

Bappeda Bandung Mulai Susun Anggaran Responsif Difabel

Solider.or.id,Bandung- Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Bandung di 2016 mulai menyusun anggaran yang berpihak pada difabel.

“Hal tersebut dirasa sangat perlu dilakukan,” ungkap Sekar Puja dari BAPPEDA Kota Bandung diungkapkan dalam Rapat pembahasan Penyusunan Hak Perencanaan Penganggaran yang Berpihak Kepada Penyandang Disabilitas Kota Bandung di Kantor BAPPEDA, Jalan Taman Sari 76, Bandung (02/02).

Rapat tersebut dihadiri SKPD kota Bandung dan Organisasi Difabel Bandung Independent Living Center (BILiC) . Nantinya, pedoman perencanaan dan penganggaran ini akan menjadi acuan pemerintah dalam pembangunan.

Acara ini semula berawal dari diskusi terfokus dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Oktober lalu.

“Awal FGD BAPPENAS, sudah ngobrol dengan salah seorang difabel dari BILiC Anto (orang dengan difabel dari organisasi BILiC Bandung). Kota Bandung ada perencanaan untuk menelusuri ini, minta bantuan Anto dan organisasi difabel yang ada di Bandung untuk ikut aktif bantu Kami”, ucap Sekar Puja.

Puja sapaan akrabnya mengakui, kondisi Kota Bandung belum sepenuhnya berpihak pada penyandang difabel, “Kita sangat memerlukan kira-kira apa saja, infrastruktur langkah awal untuk evaluasi terlebih dahulu sejauh mana responsif terhadap hak difabel. Kalau belum, kita menelusuri nanti kedepan tidak lagi terjadi seperti itu”, jelasnya.

Sekar Puja mengatakan ia membutuhkan peran aktif difabel dalam individu atau organisasi difabel pasti sudah ada koleksi dokumentasi seperti infrastruktur yang belum akses maupun yang sudah akses. “foto-foto dishare ke kami, agar menambah karya kajian kami”, ungkapnya. (Zulhamka Julianto Kadir)

The subscriber's email address.