Lompat ke isi utama
Berita

Pemkot dan Tuli Kota Batu Peringati Sumpah Pemuda dengan Bahasa Isyarat

Solider.or.id, Malang - Pemerintah Kota Batu bersama warga masyarakat tuli menggelar upacara peringatan Sumpah Pemuda sekaligus peringatan Hari Tuli Internasional, Senin (30/10) di Balkot Among Tani Kota Batu. Kolaborasi apik ini merupakan pertama kalinya. Dalam upacara tersebut, pembacaan ikrar Sumpah Pemuda dan menyanyikan mars Kota Batu pun disertai bahasa isyarat.

Berita

Momentum Hari Tuli Internasional, Harapkan Indonesia Lebih Inklusif

Solider.or.id, Bandung – Sambut Hari Tuli Internasional 2017,   Tuli di Bandung masih kesulitan mengakses informasi secara utuh. Kurang terfasilitasinya layanan pemberitaan serta minimnya juru bahasa isyarat yang dibutuhkan menjadi kendala tersediri.

Kebutuhan tuli akan bahasa isyarat telah memiliki payung hukum. Pada undang-undang penyiaran nomor 32 tahun 2002 pasal 39 (3) menyebutkan, ‘Bahasa isyarat dapat digunakan dalam mata acara tertentu untuk khalayak tunarungu (difabel Tuli).’

Berita

Peringati Hari Tuli Internasional, Suarakan Inklusi Penuh dengan Bahasa Isyarat

Solider.or.id, Malang - Aksi Arek Tuli (Akar Tuli) dan Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Malang menyuarakan inklusi penuh dengan bahasa isyarat pada peringatan Hari Tuli Internasional di lokasi Car Free Day (CFD) Jalan Ijen, Malang (24/9). Mereka berharap masyarakat sadar bahwa tuli sebagai identitas adalah bagian dari keragaman Indonesia dengan bahasa isyarat sebagai pintu aksesibilitas menuju kesetaraan.

Gerkatin Solo Gelar Seminar Pekan Tuli Internasional

Solider.or.id, Surakarta- Gerakan Kesejahteraan untuk Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Solo baru saja menggelar Seminar PekanTuli Internasional pada Sabtu (24/9). Seminar tersebut menjadi bagian dari perayaan hari tuli internasional. Bertempat di Gedung F Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surakarta, kegiatan ini membahas bahasa isyarat yang dapat membantu perkembangan otak.

LifeStyle

Di Filipina, Tuli Dapat Bekerja Sebagai Pemandu Wisata

Solider.id, Jakarta- Di Filipina, Tuli bisa menjadi seorang pemandu wisata melalui kemampuan bahasa isyarat. Sekaligus sebagai solusi untuk menjembatani wisatawan Tuli, sebab sekarang makin banyak wisatawan Tuli menjelajahi berbagai macam tempat wisata. Selain itu, menambah akses kenyamanan para wisatwan Tuli ketika berkomunikasi. 

Berlangganan bahasa isyarat
The subscriber's email address.