Lompat ke isi utama
Arga Bisma Ginanjar duta pemuda inspiratif indonesia

Arga Bisma Ginanjar, Duta Pemuda Inspiratif Indonesia yang Usung Kampanye Inklusi Difabel

Solider.id – Menjadi difabel bukan jadi halangan bagi siapapun untuk terus berprestasi dan bahkan bermanfaat dan berdampak bagi orang lain dan bagi lingkungan sekitar. Berbagai hal bisa dilakukan untuk terus berkarya dan bermanfaat. Lebih-lebih jika banyak dukungan dari lingkungan sekitar baik itu sarana yang memudahkan untuk mengakses sesuatu, atau sekedar dukungan moral dari orang-orang sekitar. Menjadi bermanfaat dan bahkan berdampak bagi banyak orang tentu menjadi dambaan bagi tiap orang. Apalagi, dengan apa yang mereka lakukan, juga dapat memberikan kebanggaan bagi dirinya dan orang-orang terdekat mereka.

 

Arga Bisma Ginanjar, pria kelahiran Cianjur ini tumbuh dengan kondisi Cerelbral Palsy. Meski sarana pendidikan di kota kelahirannya tidak memadai bagi difabel fisik seperti dirinya, Arga kemudian menempuh pendidikan  SD hingga SMA  di SLB D YPAC Bandung. Arga merupakan tipikal pemuda yang ulet dan terus bergerak. Segudang aktivitas selama ini ia lakoni untuk mengisi hari-harinya. Arga berkuliah di berkuliah di fakultas Sains dan Teknologi Universitas Terbuka, kreator video di Youtube, menulis beberapa karya dan terlibat di kepengurusan Duta Potensi Pemuda Indonesia Youth Rangers Indonesia.

 

Pada tahun 2022 silam, Arga memperoleh anugerah yang cukup membanggakan. Ia terpilih sebagai Duta Pemuda Inspiratif Indonesia, sebuah penghargaan yang dikeluarkan oleh organisasi kepemudaan  Youth Ranger Indonesia, sebuah platform pengambangan  pemuda Indonesia yang didukung oleh Kementerian Pemuda dan olahraga.. Penganugerahan Duta  Inspiratif Pemuda Indonesia tersebut merupakan salah satu program dari Duta Potensi Indonesia.

 

Dalam program  tersebut, setiap duta diharuskan untuk membuat program kerja yang membantu masyakat sekitarnya dalam berbagai sektor. Mulai dari pendidikan, relawan kebencanaan serta kegiatan sosial lainnya. Dalam hal ini, Arga ingin mengampanuekan isu inklusi difabel ke masyarakat luas. Khususnya bagi pemuda Indonesia yang merupakan agen perubahan. untuk melancarkan misi dan kampanuenya, salah satu yang ia lakukan ialah aktif menjadi admin di akun Instagram @dutapotensipemuda.id.

 

Sebelum dinobatkan sebagai Duta Pemuda Inspiratif Indonesia, Arga menjalani serangkaian seleksi. Ia yang membantu masyakat sekitarnya dalam berbagai sektor. Mulai dari pendidikan, relawan kebencanaan serta kegiatan sosial lainnya.

 

Saat ditanya soal program spesifik yang  akan dilakukan soal kampanye inklusi difabel dikalangan pemuda, Arga menjelanskan bahwa dirinya akan mengedepankan seni kesusastraan untuk menyandarkan masyarakat bahwa betapa pentingnya  memberikan ruang yang sama bagi kaum difabel, membuat diskusi dengan aktivis difabel guna mengedukasi masyarakat luas tentang lingkungan inklusif, membuka diri untuk ikut terlibat mempromosikan kegiatan Ibu Angkie Yudistia maupun Komisi Nasional Disabilitas dan mengadakan kompetisi cover lagu bahasa isyarat.

 

Setelah terpilih menjadi Duta Inspiraif Pemuda Indonesia, Arga Bisma berharap ia dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat luas juga menggiring khususnya pemuda menjadi kelompok besar yang mengkampanyekan isu difabeldan lingkungan inklusif.

 

Terakhir, Arga juga menjelaskan, Selain lingkungan inklusif, perdamaian sangat penting menyabut pesta demokrasi tahun 2024. Maka, Arga akan membuat workshop online tentang pentingnya menjaga kerukunan dibalik perbedaan pilihan.[]

 

Reporter: Deden

Editor     : Ajiwan Arief

The subscriber's email address.