Lompat ke isi utama
kegiatan kesbangkel di Bantul

Musrenbangdes Kalurahan Sumberagung, Kucurkan Anggaran Khusus Difabel

Solider.id, Bantul – Rabu (23/11) Pemerintah Kalurahan Sumberagung Kabupaten Bantul mengadakan acara Musrenbangkal (musyawarah rencana pembangunan kalurahan) di Aula Pendopo Sumberagung. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas DPTP Bantul, Panewu Jetis, Ketua Bamuskal, Babinkamtibmas, Babinsa, Pendamping Desa Sumberagung, Dukuh seKalurahan Sumberagung dan Pengurus Kemasyarakatan. Musrenbangkal ini berfokus untuk membahas penyusunan Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Pemerintah Kalurahan Sumberagung untuk tahun anggaran 2023 mendatang.

 

Yudi Fahrudin, S.E. selaku Lurah Sumberagung membenarkan bahwa musrenbangkel menjadi forum yang menjembatani masyarakat terkait rencana pembangunan di Kalurahan Sumberagung yang akan dilaksanakan di tahun 2023 nanti. Selain itu, menurut Yudi forum ini turut untuk mensosialisasikan anggaran pembangunan 2023 sesuai Permendesa No 21 Tahun 2020 tentang Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Serta senada dengan pasal 46 Peraturan Menteri Dalam Negeri No 114 tentang Pedoman Pembangunan Desa.

 

Yudi turut menginstruksikan kepada pihaknya untuk melakukan perencanaan kegiatan berbasis masyarakat. Ia menuturkan dalam musrenbangkel kali ini ada beberapa hal yang disepakati. Mulai dari draft RKP kalurahan anggaran 2023, daftar usulan RKP untuk 2024 sebagai dasar musren ditingkat kapanewon dan tingkat kabupaten, menetapkan utusan musrenbang ke tingkat kapanewon tahun 2023. Serta menetapkan tim pelaksana kegiatan dan tim pengadaan. Dengan penanggungjawab dan akomodasi adalah bagian Kasi di Pemerintah Kalurahan Sumberagung. Poin selanjutnya yaitu prioritas penggunaan dana desa tahun 2023 dan daftar usulan dana keistimewaan tahun anggaran 2025.

 

Yudi menyebutkan bahwa dalam rencana anggaran pembangunan Kalurahan Sumberagung kali ini, pihaknya telah menganggarkan dan memberikan dana khusus difabel. Dana itu nantinya dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan difabel yang menyokong hak mereka.

“Seperti manajemen pengolahan produk lokal yang lebih setara, efektif, dan efisien untuk 1 semester dengan anggaran sebesar Rp 2.410.000 dan juga untuk mendorong pemerataan ekonomi desa dengan memberikan dana sebesar Rp 2.500.000,00 dalam 1 semester,” tuturnya.

 

Anwar Nur Fahruddin sebagai Panewu Kapanewon Jetis memberikan apresiasinya atas komitmen Kalurahan Sumberagung yang luar biasa dalam memberikan atensi lebih bagi masyarakat difabel. Lewat alokasi anggaran khusus difabel melalui hasil musrenbangkal yang nantinya dikerucutkan menjadi RAB.

“Saya berharap hasil musrenbangkal yang telah melibatkan seluruh pihak ini dapat lebih memastikan kemajuan Kalurahan Sumberagung sesuai dengan isu prioritas yaitu penanganan kemiskinan dan lebih menyempurnakan RAB tahun 2023 nanti,” terangnya.

 

Hal itu diperkuat oleh paparan Ari dari Dinas DPTP Kabupaten Bantul yang menyatakan bahwa hasil dari musrenbangkal akan menjadi basis perencanaan yang inklusif untuk pembangunan yang berkelanjutan. Serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pengentasan kemiskinan.[]

 

Reporter: Sumaryanti

Editor     : Bima 

The subscriber's email address.