Lompat ke isi utama
Training Jurnalisme Kontributor Solider.or.id

Training Jurnalisme Kontributor Solider.or.id

YOGYAKARTA, SOLIDER.OR.ID – SIGAB (Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel) berkerjasama dengan AIPJ (Australia – Indonesia Partnership for Justice) menggelar training Jurnalisme selama 5 hari penuh sejak Kamis (21/3/13) bertempat di Hotel Galuh, Prambanan.

            Training tersebut dihadiri oleh 16 orang kontributor yang diseleksi oleh SIGAB dari berbagai komunitas Difabel, Pers dan Pemenang lomba menulis mengenai Difabel, Hukum dan HAM yang dilakukan oleh SIGAB beberapa waktu lalu. Keenambelas kontributor website Solider.or.id tersebut berasal dari 9 provinsi di Indonesia, yaitu Aceh, Makassar, NTT, NTB, Malang, Yogyakarta, Bali, Bandung, dan Jakarta.

            Hari pertama training diisi dengan materi tentang berbagai pandangan terhadap difabilitas dan terminologi serta istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan difabilitas seseorang. Selain itu juga dibahas masalah sosial bagi difabel dan bagaimana media dapat berperan aktif dalam membangun perspektif masyarakat terhadap difabel. Pada malam harinya peserta training dikenalkan dengan media online solider.or.id dan bagaimana berperan aktif di dalamnya.

            Pada hari kedua, kontributor Solider diarahkan untuk memahami HAM (Hak Asasi Manusia) seorang difabel dan bagaimana mekanisme perlindungan HAM itu sendiri. Selain itu dibahas juga mengenai hukum pidana dan bagaimana kondisi di lapangan saat seorang difabel berhadapan dengan hukum yang dibawakan oleh M. Syafi’ie. Pada sesi malam, ada diskusi materi hukum dan HAM antara peserta training dengan Eko Riyadi, Dosen Fakultas Hukum UII (Universitas Islam Indonesia).

            Hari ketiga dibawakan oleh Agoes Widhartono, wartawan senior dan trainer wartawan yang saat ini aktif di LP3Y (Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerbitan Yogya). Kontributor Solider digembleng oleh Agoes untuk memahami pekerjaan sebagai seorang jurnalis, dasar-dasar jurnalisme, bahasa dan penalaran dalam tulisan, ragam peristiwa dan berita, serta pembahasan mengenai bagaimana cara meliput dan mewawancarai narasumber.

            Untuk hari keempat, kontributor Solider bertemu dengan Mulyanto Utomo, Redaktur Senior pada Koran Solopos. Mulyanto membagikan materi-materi menarik yang mengundang gelak tawa semua peserta training. Pada hari keempat ini, peserta training mendapatkan pemahaman mengenai ragam berita straight news dan feature news. Selain itu, peserta juga diajarkan bagaimana cara-cara peliputan berita, menulis berita, dan teknik mendapatkan fakta. Untuk sesi malam diisi dengan materi berita investigasi dan portal berita online.

            Hari kelima menjadi hari yang cukup berat bagi semua peserta training, karena pada hari ini seluruh peserta diwajibkan untuk meliput berita di lapangan dan menyusunnya menjadi sebuah media yang utuh, terdiri dari laporan utama dan berita-berita tambahan. Lapangan praktek liputan berita peserta training adalah di Taman Wisata Candi Prambanan yang berjarak 1 kilometer dari Hotel Galuh Prambahan. Sore harinya kedua kelompok yang dibentuk sebelumnya mempresentasikan berita yang berhasil mereka hasilkan dari liputan di lapangan. Sesi malam diisi oleh Cassandra Graham dari AIPJ yang menjelaskan Jurnalisme di media online dalam bahasa Inggris dan diterjemahkan oleh Joni Yulianto, direktur SIGAB. Setelah presentasi singkat dari Cassandra, dilakukan penutupan acara dan pembagian piagam serta trophi pemenang kepada juara menulis lomba Disabilitas yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Berita oleh Ahmad Arib Alfarisy

The subscriber's email address.