Lompat ke isi utama
sri saat bepergian ke luar kota

Tetap Sehat saat Treveliing, begini Pengalaman Difabel Jaga Diri di Luar Rumah

Solider.id – bepergian dan beraktivitas di luar rumah merupakan sesuatu yang menyenangkan. Selain untuk keperluan bekerja atau belajar (sekolah), bepergian merupakan salah satu cara kita untuk terhindar dari rasa bosan. Efek baik bepergian lain adalah dapat mengurangi stress. Namun, ditangah pandemi yang masih saja terjadi, bepergian keluar rumah, lebih-lebih keluar kota membutuhkan trik dan cara tersendiri. Tanpa mengabaikan protokol Kesehatan, sebaiknya lakukan hal-hal berikut sebelum bepergian, terutama saat hendak bepertian ke luar kota agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai virus yang berbahaya, seperti virus Covid – 19. Selain itu, ada baiknya sobat inklusi melakukan hal-hal berikut untuk mempermudah diri sendiri saat bepergian luar kota. Sri, salah satu difabel fisik yang beberapa waktu lalu melakukan perjalanan ke luar kota, membagikan tipsnya agar tetap sehat dan terjaga saat ada di luar kota.

  1. Pastikan sobat inklusi telah mengunduh aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi yang dibuat oleh pemerintah ini sekarang sering digunakan saat kita berada ditempat umum. Biasanya, petugas yang terkait akan memeinta kita untuk melakukan scan barcode, atau pemindaian pada aplikasi peduli lindungi. “Oleh karenanya, pastikan sobat inklusi telah mengunduh dan telah masuk ke aplikasi peduli lindungi” terangnya menjelaskan”
  2. Bawa persediaan masker dan perhitungkan jumlah hari Ketika sobat inklusi pergi ke luar kota. Upayakan persediaan masker yang sobat inklusi bawa keluar kota mencukupi.
  3. Ganti masker secara berkala. Lebih baik dan aman jika sobat inklusi mengganti masker secara berkala. Gantilah masker jika sudah digunakan maksimal empat jam setiap harinya.
  4. Bawa selalu cairan pembersih tangan (handsanitizer). Mencuci tangan merupakan hal yang harus terus menerus dilakukan  agar menjaga kita tetap bersih dan terhindar dari kuman dan virus yang berbahaya. Namun, tempat cuci tangan yang tersedia di berbagai sarana umum belum tentu mudah diakses oleh kawan-kawan difabel dengan berbagai jenis. Ada baiknya jika sobat inklusi senantiasa membawa cairan pembersih tangan atau handsanitizer tiap kali berada di tempat asing atau bepergian keluar kota.
  5. Bersihkan alat bantu usai tiba di tempat penginapan. Bepergian ke tempat wisata dan bertemu banyak orang, tentu sangat berbahaya bagi Kesehatan, terutama saat pandemi seperti saat ini. “pastikan alat bantu yang sering kita pakai tetap bersih saat tiba di tempat penginapan agar tetap higienis” jelas Sri.

 

Demikian sobat inklusi sejumlah tips dan pengalaman dari kawan kita agar tetap sehat saat melakukan perjalanan luar kota.

 

Redaksi Solider

 

Tulisan ini merupakan Kerjasama antara redaksi Solider, Sigab Indonesia, dan kemintraan Australia Indonesia untuk Ketahanan Kesehatan (AIHSP)

 

 

 

The subscriber's email address.