Lompat ke isi utama
seorang lowvision bermaskere

Begini Tips Pakai Masker bagi Lowvision

Solider.id – Untuk menguragi penyebaran mata rantai virus Covid – 19, menerapkan protokol Kesehatan sudah jadi kewajiban kita semenjak dua tahun silam. Mencuci tangan, membiasakan hidup bersih dan memakai masker dalam kehidupan keseharian mungkin sudah jadi kebiasaan dan rutinitas yang biasa bagi kita.  Namun, memakai masker bagi sebagain orang mungkin membutuhkan adaptasi tertentu. Bahkan, memakai masker bagi Sebagian orang misalnya dibutuhkan cara-cara tertentu agar nyaman digunakan dan agar yang bersangkutan dapat beraktivitas dengan baik.

 

Bagi kawan-kawan lowvision misalnya, memakai masker terkadang akan mengganggu penglihatan mereka. Dalam hal ini, memakai masker akan mengurangi bentang penglihatan (luas area jangkauang penglihatan) mereka. Sehingga mereka akan merasa bahwa memakai masker akan mengganggu pandangan meraka saat melihat objek. Selain itu, menggunakan masker dengan medis dengan warna yang terang, akan membuat kawan-kawan lowvision merasa silau Ketika berjalan diluar ruangan, terutama pada saat siang hari. Tentu hal ini juga akan menghambat mobilitas mereka dan mengurangi kepercayaan diri mereka saat berjalan di luar ruangan. Mereka menjadi cemas, takut terjatuh akibat tergelincir atau menabrak sesuatu.

 

Untuk tetap menjaga protocol Kesehatan, ada baiknya sobat inklusi, terutama bagi yang mengalami lowvision atau mengalami hambatan penglihatan dapat melakukan berbagai hal seperti berikut:

  1. Kenakan masker medis dengan benar, pastikan menutupi mulut dan hidung dengan sempurna
  2. Kenakan masker warna gelap. Mengenakan masker warna gelap akan meminimalkan terjadinya silau akibat pantulan cahaya sinar matahari pada saat siang hari. Masker warna gelap sangat signifikan mengurangi pantulan cahaya sinar matahari atau sinar lampu yang memungkinkan kita untuk silau yang mengganggu aktivitas kita sehari-hari
  3. Mengenakan kaca mata agar masker dapat tertempel dengan sempurna di hidung. Seiring dengan berjalannya waktu dan pandemi Covid – 19, bentuk dan bahan masker bermacam-macam. Meski sudah ada kawat di bagian atas untuk memastikan masker agar tertempel di bagian atas hidung, namun terkadang kurang optimal menempel sehingga terkadang mengganggu dan mengurangi bentang  atau luas penglihatan bagi lowvision. Oleh karenanya, menggunakan kacamata bisa jadi pilihan untuk mengurangi hal tersebut.

Mari, senantiasa pakai masker untuk melindungi diri kita dari virus dan penyakit yang mudah menular di sekitar kita.[]

 

Redaksi Solider 

 

Tulisan ini merupakan Kerjasama antara redaksi Solider, Sigab Indonesia, dan kemintraan Australia Indonesia untuk Ketahanan Kesehatan (AIHSP)

The subscriber's email address.