Lompat ke isi utama
TANGKAPAN LAYAR PEDULI LINDUNGI

Tips Mencari Tempat Vaksinasi bagi Difabel

Solider.id – Pandemi belum pergi. Meski sudah melandai, namun Covid – 19 masih mengintai kehidupan setiap warga negara Indonesia. Organisasi Kesehatan dunia (WHO) menyatakan bahwa sejak bulan Maret tahun 2020, pandemi Covid – 19 telah menyebar ke berbagai negara di dunia. Sudah sepantasnya jika masing-masing negara di dunia melakukan sejumlah upaya untuk memutus mata rantai Covid – 19. Pemerintah Indonesia misalnya, mereka berupaya melindungi segenap warganya dengan malakukan berbagai hal. Salah satunya vaksinasi Covid – 19. Hingga kini, pemerintah terus berupaya agar seluruh rakyat Indonesia mendapatkan vaksinasi Covid – 19 dengan dosis yang lengkap.

 

Pemerintah terus mendorong masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi dengan dosis lengkap. Bagi sobat inklusi  yang belum memperoleh vaksinasi lengkap, silakan kunjungi  sentra vaksinasi terdekat dari tempat tinggal kamu. Bagi sobat inklusi yang belum tahu lokasi vaksinasi terdekat,  simak beberapa tips berikut.

 

  1. Bertanya kepada ketua RT dan pelayan masyarakat terdekat. Sobat inklusi bisa bertanya kepada  pemangku kepentingan seperti ketua RT, kepala desa, atau pekerja sosial di lingkungan terdekat dari tempat tinggal sobat inklusi agar dapat mengetahui tempat-tempat penyelenggaraan vaksinasi yang terdekat dari rumah sobat inklusi.
  2. Pergi ke fasilitas Kesehatan terdekat dari tempat tinggal sobat inklusi. Vaksinasi Covid – 19 biasanya tersedia di lokasi fasilitas Kesehatan masyarakat. Oleh karenanya, tidak ada salahnya untuk menghubungi fasilitas Kesehatan setempat
  3. Membuka aplikasi PeduliLindungi atau portal www.pedulilindungi.id. Masuk ke menu “Vansinasi dan Imunisasi,  kemudian ketuk pada menu “Tiket Vaksinasi”. Setelah itu,  pastikan anda sudah memiliki tiket vaksiasi untuk mendapatkan vaksinasi dengan dosis yang seharusnya anda dapatkan. Pada tahap ini, layar hp atau komputer akan menunjukkan tanggal kapan kita dapat menerima vaksinasi. Tanggal yang tertera merupakan tanggal minimal kita dapat memperolah vaksinasi. Misalnya, tanggal yang tertera adalah 5 Januari 2022, maka kita bisa lakukan vaksinasi pada tanggal 5 Januari atau sesudah tanggal tersebut. Dalam konteks ini, mohon perhatikan jarak waktu antar dosis saat akan melakukan vaksinasi
  4. Lihat lokasi vaksinasi terdekat pada aplikasi peduli lindungi. Sobat inklusi bisa juga mengakses dan mengetahui lokasi vaksinasi terdekat via aplikasi PeduliLindungi. Pada aplikasi, tertera beberapa tempat terdekat yang dapat sobat piliih untuk melakukan vaksinasi Covid – 19.
  5. Upayakan Cari tempat yang mudah diaksesDalam hal ini, bagi sobat inklusi yang sudah punya tempat fasilitas Kesehatan yang biasa dikunjungi dan kebetulan lokasi tersebut relatif mudah diakses, tidak ada salahnya mengunjungi tempat tersebut untuk mendapatkan vaksinasi Covid – 19 dengan dosis yang lengkap. Tanyakan terlebih dahulu via telepon jika perlu terkait dengan ketersediaan vaksinasi di tempat tersebut.
  6. Kunjungi Dinas Kesehatan setempatJika sobat inklusi masih merasa bingung dan mungkin banyak pertimbangan soal memilih tempat vaksinasi, tidak ada salahnya mengunjungi Dinas Kesehatan setempat. Coba bangun komunikasi dengan petugas setempat terkait kebutuhan dan aksesibilitas yang sobat inklusi butuhkan. Biasanya petugas Kesehatan setempat sedikit banyak sudah tahu dengan kondisi sobat inklusi. Mereka sudah paham bahwa setiap warga negara, termasuk kawan-kawan difabel wajib memperoleh vaksinasi Covid – 19 dengan dosis yang lengkap.

 

Nah sobat inklusi, demikian beberapa tips bagaimana mencari tempat Vaksinasi bagi kawan-kawan difabel. semoga kita semua tetap diberi keselamatan dan Kesehatan ya.. salam Inklusi, dan mari berusaha untuk sehat.[]

 

Redaksi Solider

 

Tulisan ini merupakan Kerjasama Solider.id, Sigab Indonesia, dan Kemitraan Indonesia  Australia untuk Ketahanan Kesehatan (AIHSP)

 

The subscriber's email address.